in: Casing | October 9, 2015 | by: Hendra Wijaya

Hands-On Casing CoolerMaster MasterCase 5

Pada akhir Agustus 2015 lalu, Cooler Master sudah secara resmi merilis jajaran casing MasterCase mereka di Indonesia. Casing ini sendiri sudah ditampilkan di acara Computex 2015 lalu di Taipei, Taiwan. Seri casing yang baru saja dirilis ini merupakan hasil kerja sama pihak CoolerMaster dengan para modder professional di dunia, di mana mereka ingin menciptakan sebuah casing yang fleksibel untuk dimodifikasi oleh pada penggunanya.

CoolerMaster MasterCase 100
CoolerMaster MasterCase 5

Pada kesempatan kali ini, salah satu casing MasterCase dari Cooler Master telah hadir di lab. kami. Kami langsung saja melakukan hands-on pada casing Cooler Master MasterCase 5 ini yang merupakan seri “basic” dari jajaran produk casing MasterCase 5. Berikut artikel hands-on untuk casing CoolerMaster MasterCase 5.

Spesifikasi

Sebelum melihat seperti apa bentuk fisik dan fitur casing CoolerMaster MasterCase 5 ini, mari kita lihat terlebih dahulu spesifikasi casing ini:

spesifikasi mastercase 5Galeri

Kemasan CoolerMaster MasterCase 5
Kemasan CoolerMaster MasterCase 5

 

Walaupun CoolerMaster MasterCase 5 ini merupakan sebuah casing yang memiliki format ukuran mid-tower, Cooler Master memperlakukannya layaknya sebuah casing full-tower. Hal ini terlihat dari kemasan penjualan yang besar dan perlindungan sterofoam tebal yang digunakan. Hal ini menyebabkan ukuran kemasan casing MasterCase 5 ini hadir seperti layaknya casing full-tower. Selain itu, kemasan Cooler Master MasterCase 5 ini hadir dengan tema “Make It Yours” yang memang baru saja diumumkan oleh perusahaan tersebut.

CoolerMaster MasterCase 101

Casing CoolerMaster MasterCase 5 ini masih tampil dengan mengunakan warna abu-abu tua cenderung ke hitam yang mendominasi seluruh bagian casing ini. Terdapat logo Cooler Master yang terpasang pada bagian depan casing ini.

CoolerMaster MasterCase 102
Bagian depan CoolerMaster MasterCase 5

Bagian depan casing MasterCase 5 ini menggunakan aluminium-mesh yang tentunya membuat hampir seluruh permukaan bagian depan casing ini berfungsi sebagai ventilasi udara. Ini diharapkan dapat mendukung banyaknya volume udara yang dapat masuk dari bagian depan casing ini.

CoolerMaster MasterCase 125
Penutup Drive-bay 5,25″

Aluminium-mesh juga digunakan di bagian penutup drive-bay 5,25 “.

CoolerMaster MasterCase 126
Filter Penyaring debu

Di balik aluminium-mesh bagian depan casing MasterCase 5 ini, terdapat filter penyaring debu yang berfungsi untuk mengurangi jumlah partikel debu yang dapat masuk ke dalam casing ini.

CoolerMaster MasterCase 103

Front-panel CoolerMaster MasterCase 5 ini terletak di daerah sisi depan atas casing. Bagian tersebut dilengkapi dengan 2 port USB 3.0 berwarna hitam, tombol Power, HDD LED, tombol Reset dan I/O Audio.

CoolerMaster MasterCase 104
Bagian atas casing CoolerMaster MasterCase 5

Bagian atas MasterCase 5 ini dilengkapi dengan ventilasi udara yang siap menampung fan berukuran 120 mm hingga 140 mm. Selain itu, bagian atas casing ini juga memungkinkan pemasangan radiator watercooling berukuran 120mm hingga 280mm. Terdapat juga 2 handle yang akan mempermudah pengguna casing ini untuk mengangkat dan memindahkan casing ini.

CoolerMaster MasterCase 105

Ventilasi udara bagian atas casing ini juga dilengkapi dengan filter penyaring debu. Selain itu, ventilasi udara ini juga dapat dilepas untuk diganti dengan aksesoris casing MasterCase lainnya yang dijual secara terpisah.

CoolerMaster MasterCase 106
Side-panel kiri CoolerMaster MasterCase 5

CoolerMaster MasterCase 5 ini hanya dilengkapi dengan side-panel polos tanpa adanya acrylic window. Tetapi tidak perlu khawatir, Cooler Master masih tetap menyediakan side-panel yang dilengkapi dengan acrylic window bagi para pengguna casing ini yang tentunya dijual secara terpisah dari paket penjualan casing CoolerMaster MasterCase 5 ini.

CoolerMaster MasterCase 107
Bagian belakang casing CoolerMaster MasterCase 5

CoolerMaster MasterCase 108

Ventilasi udara bagian belakang casing ini telah dilengkapi dengan fan pendingin berukuran 140 mm. Penguna juga dapat mengganti fan pendingin bawaan casing ini dengan fan pendingin berukuran 120 mm ataupun memasang radiator berukuran 120~140 mm. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur posisi fan pendingin casing ini ke posisi lebih tinggi atau lebih rendah.

CoolerMaster MasterCase 109
Slot ekspansi

MasterCase 5 ini hanya dilengkapi dengan tujuh slot ekspansi.

CoolerMaster MasterCase 128
thumb-screw sebagai pengunci slot ekspansi

Semua slot ekspansi casing ini dilengkapi dengan unit penutup slot ekspansi yang dapat dilepas dan dipasang kembali. CoolerMaster menggunakan thumb-screw sebagai pengunci slot ekspansi.

CoolerMaster MasterCase 110
Penutup slot ekspansi khusus

Terdapat juga 1 penutup slot ekspansi khusus yang dapat berfungsi untuk mengatur kabel-kabel yang digunakan oleh keyboard dan mouse agar menjadi lebih rapi. Selain berfungsi sebagai salah satu sistem cable-management, penutup slot ekspansi ini juga dapat berfungsi sebagai fitur keamanan yang tentunya akan mempersulit orang-orang yang berniat buruk untuk mencuri equipment gaming pengguna casing ini terutama pada saat acara LAN Party. Walaupun fitur keamanan ini hadir tanpa adanya pengunci khusus, tetapi setidaknya sang penjahat terlihat lebih mencolok karena harus membongkar casing ini terlebih dahulu serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berhasil mencuri.

 

CoolerMaster MasterCase 111
Bracket power supply ( PSU )

Seperti yang umum ditemukan pada casing PC kelas premium, power supply (PSU) diletakkan di bagian bawah casing. Pada MasterCase 5 ini, unit PSU bisa dimasukan melalui bagian belakang casing ini dengan menggunakan bracket PSU yang telah terpasang pada casing ini.

CoolerMaster MasterCase 112
Side-panel kanan CoolerMaster MasterCase 5

Sama seperti side-panel kiri, side-panel kanan CoolerMaster MasterCase 5 ini juga menggunakan desain polos.

CoolerMaster MasterCase 113
Bagian bawah CoolerMaster MasterCase 5

Pada bagian bawah casing MasterCase 5 ini terdapat ventilasi udara yang dilengkapi dengan filter penyaring debu untuk aliran udara dari atau ke power supply.

CoolerMaster MasterCase 114
Kaki penyangga CoolerMaster MasterCase 5

CoolerMaster mendesain kaki penyangga CoolerMaster MasterCase 5 ini dengan gaya minimalis dan memiliki tinggi yang cukup untuk membuat aliran udara dapat mengalir dengan mudah dari ventilasi bagian bawah casing ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES