in: Power Supply | October 26, 2015 | by: Hendra Wijaya

Hands-On PSU Enermax Digifanless 550 Watt

Sebuah power supply (PSU) dari Enermax hadir lagi di lab. pengujian kami. Setelah beberapa waktu lalu membahas power supply Max PRO, kali kami akan membahas PSU yang baru saja datang tersebut, yaitu DIGIFANLESS. Kedua PSU ini tentu saja memiliki perbedaan mendasar. Seperti apa? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini!

PSU Enermax ini didesain khusus untuk kalangan enthusiast yang ingin membangun PC berkonsep silent. Enermax Digifanless 550 Watt, sesuai namanya, tidak dilengkapi dengan fan, sehingga benar-benar sunyi saat digunakan. Sebagai informasi tambahan, Digifanless 550 W yang datang ke lab. kami ini merupakan satu-satunya PSU dari keluarga Digifanless yang ada saat ini.

Enermax Digifanless 1
Enermax Digifanless

Walaupun harus bekerja tanpa menggunakan fan pendingin, PSU Digifanless 550 Watt ini masih mengantongi sertifikasi 80+ Platinum yang menandakan PSU ini memiliki tingkat efisiensi daya listrik yang mencapai 90% ke atas. Berikut hands-on dari PSU Digifanless 550 Watt ini.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari Enermax Digifanless 550 Watt:

spek digifanlessEnermax DigiFanless spek2Enermax DigiFanless

Galeri

Enermax Digifanless 1
Kemasan Enermax Digifanless 550 Watt

Tampilan luar kemasan Enermax Digifanless ini hadir dengan desain yang mirip dengan kemasan varian produk PSU Platimax, yang merupakan sesama PSU 80+ Platinum dari Enermax.

Enermax Digifanless 4
Isi dari paket penjualan Enermax Digifanless 550 watt
Enermax Digifanless 7
Kelengkapan dan aksesoris Enermax Digifanless 550 Watt

Paket penjulan Enermax Digifanless ini hadir dengan aksesoris dan perlengkapan yang tergolong lengkap. Dalam paket penjualan PSU ini terdapat unit PSU, kabel modular, kantong kabel modular, cable strap, kabel AC, baut pengunci PSU, kabel konektor ZDPMS digital control, sticker Enermax, cord-guard dan buku manual.

Enermax Digifanless 15
Enermax Digifanless 550 Watt

 

Enermax Digifanless 16
Ventilasi udara Digifanless 550 Watt

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Digifanless 550 Watt ini tidak dilengkapi dengan fan pendingin. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai kondisi operasi yang benar-benar sunyi.

Enermax Digifanless 17
Bagiang belakang Digifanless 550 Watt
Enermax Digifanless 18
Bagian samping Digifanless

Enermax melengkapi PSU ini dengan ventilasi udara tambahan pada bagian samping. Ventilasi ini digunakan untuk membantu membuang udara panas dari dalam PSU ini.

Enermax Digifanless 19

Menurut spesifikasi yang terterapa pada kemasan, Digifanless ini menggunakan konfigurasi desain multi-rail 12V+. Akan tetapi, PSU ini dapat berkerja dengan konfigurasi single rail 12V+. Konfigurasi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tool ZDPMS (Zero Delay Power Monitor System) yang tersedia.

Enermax Digifanless 20
Produk PSU Enermax Digifanless 550 Watt hadir dengan fitur kabel full-modular agar pengguna PSU ini dapat dengan mudah mengatur manajemen kabel di dalam PC yang mereka gunakan.

Enermax Digifanless 21

Enermax Digifanless 43PSU Enermax Digifanless ini dilengkapi dengan port ZDPMS yang berfungsi untuk menghubungkan PSU ini dengan sistem PC melalui konektor front panel USB. Konektor ini dibutuhkan agar fitur dari tool ZDPMS (Zero Delay Power Monitor System), seperti monitoring, pengaturan rail 12V+, dan sistem peringatan dini dapat diakses.

Berikut tampilan dari software ZDPMS (Zero Delay Power Monitor System):

Software

Keterangan:

1. Quick link to Enermax

2. Window Control Tab

3. General PSU Status Information

4. 12V rail(s) controller

5. DC output Current status & control

6. DC output Voltage status & control

7. AC input status

8. Additional Information Tab

Enermax Digifanless 23

Seluruh kabel modular PSU ini telah di-custom sleeving oleh Enermax sendiri. Pengguna Digifanless 550 Watt tidak perlu lagi melakukan sleeving manual pada kabel PSU ini.

Walaupun memiliki spesifikasi daya yang hanya mencapai 550 Watt, seluruh kabel  yang ada pada PSU ini menggunakan kabel modular. Hal ini merupakan hal yang wajar untuk sebuah produk PSU kelas enthusiast .Berikut kabel-kabel modular dan konektor yang tersedia pada PSU Enermax Digifanless ini:

Enermax Digifanless 22
Kabel modular power ATX 20+4 pin dan CPU Power 4+4 pin

 

Enermax Digifanless 550 watt ini dilengkapi dengan sebuah set kabel modular utama yang dilengkapi dengan konektor power ATX 20+4 pin dan CPU Power 4+4 pin sekaligus.

Enermax Digifanless 24
PCIe power 6+2 pin.

Walaupun Enermax Digifanless ini memiliki spesifikasi daya yang hanya 550 Watt, ternyata Enermax dengan berani melengkapi PSU ini dengan 2 kabel modular PCIe power yang masing-masing memiliki 2 konektor 6+2 pin.
Enermax Digifanless 25
Digifanless 550 Watt ini dilengkapi dengan 2 kabel modular power SATA yang masing-masing memiliki 4 konektor power SATA.

Enermax Digifanless 26

Terakhir, terdapat sebuah kabel modular power 4-pin molex yang memiliki 4 konektor power 4-pin molex dan 1 konektor power 4-pin floppy.

Enermax Digifanless 11
Unit Kabel AC

 

Enermax Digifanless 9
Cord-Guard

Pengait khusus yang disertakan ini berfungsi untuk melindungi kabel AC PSU Enermax Digifanless 550 Watt ini dari insiden terlepasnya kabel secara tidak sengaja.

Kelengkapan baut pengunci power-supply
Baut pengunci power-supply

 

Cable strap
Cable strap
Enermax Digifanless 8
Stiker Enermax

 

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES