in: Power Supply | October 21, 2015 | by: Hendra Wijaya

Hands-On PSU Thermaltake EVO Blue 2.0 650W

Kali ini, kami mendapat kesempatan dari Thermaltake untuk kembali berkenalan dengan salah satu PSU andalan mereka. PSU tersebut adalah Thermaltake Evo Blue 2.0 650 Watt yang diperuntukan untuk pengguna kelas enthusiast. Thermaltake mendesain PSU ini khusus untuk kalangan yang umumnya mencari PC berkemampuan tinggi tersebut, yang umumnya membutuhkan pasokan listrik yang besar pula.

Thermaltake Blue Evo 1

 

PSU EVO Blue 2.0 ini hadir dengan desain bertema militer. Evo Blue 2.0 ini juga dilengkapi dengan fitur unik, Turbo Charge, yang akan meningkatkan suplai daya listrik maksimum hingga 100 Watt. Sedangkan untuk sertifikasi, PSU ini juga telah mengantongi sertifikasi 80+ Gold yang menandakan efisiensi daya yang dimilikinya mencapai 92%. OK, langsung saja kita bahas hands-on PSU ini dalam artikel ini!

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari PSU Thermaltake Evo Blue 2.0 650W:

spek TT BlueEVO2

spek TT BlueEVO

Galeri

Thermaltake Blue Evo 1
Kemasan Thermaltake Evo Blue 2.0

 

Thermaltake Blue Evo 5
Konten dari paket penjualan Evo Blue 2.0

Thermaltake Blue Evo 6

Thermaltake Evo Blue 2.0 ini hadir dengan perlengkapan yang cukup lengkap, di mana dalam paket penjualan PSU ini terdapat unit PSU, kabel modular, kantong kabel modular, kabel AC, cable tie, baut, kartu gransi dan manual book.

Thermaltake Blue Evo 10
Thermaltake Evo Blue 2.0
Thermaltake Blue Evo 11
Bagian belakang Evo Blue 2.0
Thermaltake Blue Evo 13
Bagian samping Evo Blue 2.0

PSU Thermaltake Evo Blue 2.0 ini hadir dengan desain fisik yang unik dan menarik. Desain yang diusungnya tampak layaknya sebuah kotak magazin peluru senjata api. Warna hijau dengan aksen militer juga digunakan Thermaltake untuk membalur PSU mereka ini.

Thermaltake Blue Evo 14

Thermaltake melengkapi Evo Blue 2.0 ini dengan LED fan berukuran 140 mm yang memiliki spesifikasi kecepatan maksimum yang mencapai 1900 RPM. Fan pendingin ini dilengkapi dengan 2 lampu, yakni warna biru dan merah.

Thermaltake Blue Evo 15

PSU ini menggunakan desain single-rail 12V+, sehingga pengguna tidak dipusingkan lagi terhadap perhitungan keseimbangan daya pada setiap kabel konektor.

Thermaltake Blue Evo 12

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, PSU ini dilengkapi dengan fitur Turbo Charge. Fitur ini sendiri bisa diaktifkan dengan tombol yang ada di dekat konektor AC In PSU. Fitur Turbo Charge ini akan menambah kapasitas daya maksimum PSU ini sebesar 100 Watt (650 Watt + 100 Watt = 750 Watt) ketika diaktifkan.

Thermaltake Blue Evo 23

Thermaltake Blue Evo 24

Aktif atau tidakknya fitur Turbo Charge bisa dilihat dari warna LED dari kipas yang digunakan. Saat PSU EVO Blue 2.0 ini bekerja di mode normal, kipas akan menyala biru. Sementara ketika Turbo Charge aktif, LED berubah menjadi warna merah. Selain itu, kecepatan fan PSU ini langsung berjalan di konfigurasi maksimum, 1900 RPM, yang tentunya akan menghasilkan suara yang cukup bising.

Thermaltake Blue Evo 17
Power ATX 20+4 pin

Thermaltake Evo Blue 2.0 ini hadir dengan desain semi-modular, di mana tidak semua kabel-kabel yang ada di PSU ini bisa dilepas dari unit PSU. Salah satu kabel non-modular dari PSU ini adalah kabel power ATX 20+4 pin untuk motherboard. Kabel ini sendiri tampil dengan desain tipis sehingga dapat dengan mudah diatur dan dirapikan pada sistem cable management di casing.

Thermaltake Blue Evo 18
Kabel power CPU 12V 4+4 pin

Thermaltake Evo Blue 2.0 ini juga dilengkapi dengan 1 kabel non-modular power CPU 12V 4+4pin.

Thermaltake Blue Evo 16
Konektor-konektor kabel modular dari Thermaltake Evo Blue 2.0

Selain kabel 24-pin dan 4+4 pin di atas, kabel-kabel lain yang dimiliki EVO Blue 2.0 merupakan kabel modular. Terdapat beberapa konektor di PSU ini yang mengakomodasi beberapa kabel power lain yang dibutuhkan PC, antara lain power PCIe, SATA dan molex. Berikut kabel-kabel modular dan konektor yang tersedia pada Thermaltake Evo Blue 2.0 :

Thermaltake Blue Evo 19
Kabel power PCIe 6+2 pin untuk VGA Card

Thermaltake Evo Blue 2.0 dilengkapi 2 kabel modular PCIe untuk VGA card yang masing-masing memiliki 2 konektor power 6+2 pin.

Thermaltake Blue Evo 21
Kabel power SATA

Evo Blue 2.0 ini dilengkapi dengan 2 unit kabel modular power SATA yang masing-masing memiliki 3 konektor power SATA.

Thermaltake Blue Evo 20
Kabel power 4-pin Molex

Thermaltake hanya melengkapi PSU berkapasitas daya 650 Watt ini dengan 1 unit kabel modular power molex yang memiliki 4 konektor power 4-pin molex.

Thermaltake Blue Evo 22
Konverter 4-pin molex to 4-pin floppy

Walaupun sudah cukup jarang digunakan, Thermaltake masih memberikan konverter 4-pin molex to 4-pin floppy di dalam paket penjualan PSU ini.

Unit Kabel AC dari PSU Thermaltake Evo Blue 2.0
Kabel AC dari PSU Thermaltake Evo Blue 2.0
Kelengkapan baut pengunci power-supply
Baut pengunci power-supply
Cable tie
Cable tie

Jika dilihat secara keseluruhan, desain Evo Blue 2.0 ini cukup menarik untuk siapapun yang tengah membangun PC dengan gaya militer sebagai tema utama. PSU ini juga dilengkapi dengan LED yang bisa menambah semarak pencahayaan di dalam casing. Tidak hanya itu, kapasitas daya yang diusungnya juga cukup memadai untuk PC kelas mid-end hingga high-end di kalangan enthusiast dengan single graphics card.

Sedangkan untuk harga, PSU Thermaltake Evo Blue 2.0 650 Watt ini dibanderol +/- Rp 1.200.000 yang tergolong cukup kompetitif untuk harga sebuah produk PSU semi-modular bersertifikat 80+ Gold dari brand ternama.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES