in: Networking | October 8, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router Asus RT-AC3200

Penggunaan

Asus RT-AC3200 - SS 01

Asus benar-benar mengedepankan fitur bantuan untuk pengguna, termasuk dalam konfigurasi cepat, di router-router mereka. Tentu saja, di router RT-AC3200 ini, pengguna juga bisa menemukan fitur tersebut. Salah satu bentuk fitur konfigurasi cepat tersebut akan langsung terlihat begitu pengguna pertama kali menggunakan router dan menghubungkan perangkat ke router ini. Sistem di dalam router akan otomatis melakukan pengaturan awal, bahkan mengubah IP jaringan lokal, bila penyesuaian IP dirasa dibutuhkan.

Router RT-AC3200 ini menawarkan tiga mode operasi, yaitu Router Mode, Access Point Mode, dan Media Bridge Mode. Media Bridge adalah mode unik yang disertakan Asus di beberapa tipe wireless router mereka. Mode ini memungkinkan pengguna memanfaatkan dua router sejenis mendapatkan koneksi berkecepatan tinggi dan stabil antar dua router untuk menjadi jembatan ke beberapa perangkat yang membutuhkannya, di mana perangkat-perangkat tersebut tidak di dekat router utama. Tampaknya, Asus menggunakan salah satu band 5 GHz untuk membangun jalur komunikasi eksklusif antara dua router, sementara menggunakan band 5 GHz lain untuk kebutuhan WiFi standar.

Asus RT-AC3200 - SS 03

Dashboard router RT-AC3200 ini menggunakan desain yang serupa dengan beberapa produk kelas atas Asus yang lain. Tampilan dari dashboard ini sendiri memudahkan pengguna untuk mendapatkan berbagai informasi dasar terkait status router ini. Beberapa icon shortcut juga ditemukan di tampilan utama dashboard, sehingga memudahkan pengguna mengakses menu konfigurasi dari beberapa fungsi secara cepat.

Asus RT-AC3200 - SS 02

WiFi tri-band yang didukung oleh router ini membuatnya secara standar bisa mengakomodasi 3 SSID wireless network berbeda untuk masing-masing band. Asus bahkan menyediakan konfigurasi yang terpisah untuk ketiga wireless network tersebut. Pengguna bisa mengatur nama dan security berbeda untuk setiap wireless network.

Guest Network hingga tiga buah untuk masing-masing band juga disediakan oleh Asus. Pengguna yang butuh membuka Guest Network bisa mendapatkan total hingga 9 buah dari tiga band yang ada. Masing-masing Guest Network bisa dikonfigurasi terpisah parameternya, termasuk batas durasi penggunaan, dan lain sebagainya.

Asus RT-AC3200 - 14

Masih terkait tri-band yang didukung RT-AC3200, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tri-band tersebut memungkinkan router ini menawarkan data rate total mencapai 3200 Mbps. Data rate total tersebut terbagi lagi menjadi 600 Mbps di 2.4 GHz dengan TurboQAM, serta masing-masing 1300 Mbps untuk kedua band 5 Ghz. Ini membuat router Asus ini menjadi salah satu router WiFi AC terkencang yang ada saat ini. Router ini memang belum mendukung MU-MIMO, tetapi kapabilitas yang ditawarkan oleh dua band 5 GHz seharusnya bisa menutupi tidak adanya fitur ini.

Posisi penggunaan router yang harus diletakkan di posisi tidur membuat semua port USB di perangkat ini mudah diakses untuk memasang storage. Secara umum, pengguna tidak akan kesulitan menempatkan HDD eksternal untuk menjangkau port USB di router ini. Hanya saja, di tempat yang agak terbatas, pengguna mungkin akan sulit memasang kabel USB ke port USB 2.0 di bagian belakang perangkat karena tidak adanya penanda posisi port.

Dengan storage yang terpasang ke port USB yang tersedia, router ini akan menawarkan beberapa kemampuan ekstra. Pertama tentu saja AiCloud 2.0 dan AiDisk, fitur andalan Asus yang memungkinkan pengguna menggunakan storage yang terpasang sebagai personal cloud storage. Fitur ini juga memungkinkan sinkronisasi file antar storage yang terpasang di perangkat yang mendukung AiCloud 2.0.

Asus RT-AC3200 - SS 04

Fitur lain yang bisa didapatkan dari pemasangan USB storage ke router ini adalah Download Master. Pengguna yang ingin mendownload file tidak perlu lagi menghidupkan PC terus menerus karena router ini bisa menggantikan fungsi PC sebagai perangkat untuk download. Satu hal yang menarik dari fitur ini, Download Master sendiri mendukung download via HTTP dan BitTorrent, serta memiliki fitur penjadwalan waktu download.

Asus RT-AC3200 - SS 05

Tidak cukup hanya fitur pemanfaatan storage saja, Asus juga melengkapi RT-AC3200 ini dengan kemampuan berbasis USB lain, yaitu Network Print Server dan USB Modem. Kemampuan untuk memanfaatkan USB Modem tentu saja membuat pengguna bisa mendapatkan opsi tambahan untuk koneksi Internet berbasis 3G/4G. Pengguna juga bisa mengatur apakah line dari USB Modem dimanfaatkan untuk failover atau load balancer.

Fitur yang umum dijumpai di router masa kini, termasuk Media Server dan Quality of Service. Fitur perlindungan ekstra, disebut sebagai AiProtection, juga tersedia, dalam bentuk perlindungan terhadap malware dan Parental Control. Untuk fitur perlindungan ini, Asus bekerja sama dengan Trend Micro.

Asus RT-AC3200 - 15

Selama beberapa waktu menggunakan router ini, kami tidak merasakan adanya gangguan performa dari penggunaan intensif dalam jangka waktu lama. Kestabilan dari router ini sendiri bisa dikatakan baik. Jangkauan sinyal dari router ini juga cukup baik.

Kesimpulan

Asus RT-AC3200 - 16

(+) Desain bodi membuatnya terlihat gagah nan elegan

(+) Tri-band wireless network menawarkan data rate maksimal hingga 3200 Mbps

(+) 2 band untuk WiFi AC

(+) Antena eksternal

(+) Port USB 3.0 untuk storage eksternal kencang

(+) Lampu indikator lengkap

(+) Konfigurasi otomatis yang sangat membantu

(+) AiCloud 2.0, AiProtection

(+) Dashboard informatif dan mudah digunakan

(+) Download Master, kapabilitas download dari HTTP, torrent, dll

(+) Dukungan untuk USB Modem (3G/4G)

(+) Tidak ada masalah kestabilan

 

(-) Konektor antena di sisi kiri dan kanan mudah longgar

(-) Penutup port USB 3.0 di depan sulit dibuka-tutup

(-) Tidak ada tombol ‘eject’ fisik untuk port USB

(-) Tidak ada penanda posisi konektor di bagian belakang perangkat

(-) Tombol WPS sulit diakses

(-) Tidak tersedianya tombol On/Off untuk masing-masing band wireless network

(-) Penanda tombol di bagian depan sulit terlihat

Asus RT-AC3200 - 17

Tampaknya sudah menjadi keharusan bagi Asus untuk menawarkan perangkat berkemampuan mumpuni yang juga disertai dengan fitur melimpah di jajaran router kelas atas mereka. Acungan jempol patut kami berikan untuk router yang satu ini bila melihat kapabilitas tri-band yang ditawarkan dan juga fitur yang tersedia. Kemampuan tinggi tersebut dibarengi juga dengan kestabilan yang baik.

Fitur pemanfaatan USB, termasuk di antaranya AiDisk dan juga Download Master bisa menawarkan opsi menarik bagi pengguna untuk mendapatkan “lebih” dari sekedar sebuah router. Download Master sendiri memiliki kapabilitas untuk download dari HTTP, torrent, dan beberapa protokol lain, serta memiliki fitur penjadwalan. Secara umum, tool ini bisa membuat router ini menggantikan sebuah PC dalam hal download file.

Asus sendiri tidak salah dalam meracik router andalan mereka yang satu ini. Untuk kelasnya, router ini benar-benar menggambarkan apa yang bisa ditawarkan oleh router di kelas tersebut. Memang, terdapat beberapa kekurangan minor di beberapa bagian dari bodi perangkat ini. Namun, hal itu tidak terlalu mengurangi berbagai keunggulan yang ditawarkan RT-AC3200 ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES