Hands-On Review Router Asus RT-AC3200

Reading time:
October 8, 2015

Standar 802.11ac alias Wireless AC (WiFi AC) benar-benar mendorong para produsen perangkat jaringan untuk menghadirkan perangkat dengan data rate tinggi dengan memanfaatkan berbagai keunggulan dari standar baru itu. Beberapa produsen perangkat jaringan sudah mulai memperkenalkan router baru mereka yang mendukung data rate total sangat tinggi. Salah satunya adalah Asus yang melalui produk yang satu ini, RT-AC3200.

Asus RT-AC3200 - 01

Router RT-AC3200 sendiri, sesuai namanya, mendukung data rate maksimal hingga 3200 Mbps. Hal itu didapatkan dari kombinasi dua band 5 GHz dan satu band 2.4 GHz. Penasaran dengan router yang satu ini? Kebetulan kami mendapatkan pinjaman perangkat tersebut sehingga memungkinkan kami menulis artikel ini!

Paket Penjualan

Asus RT-AC3200 - 02

Masih serupa dengan berbagai perangkat wireless router Asus di kelas menengah ke atas, RT-AC3200 ini dikemas dalam kemasan paket penjualan berukuran cukup besar. Desain dari kemasan ini sendiri masih serupa dengan RT-AC87U yang sempat kami tampilkan preview-nya beberapa saat lalu. Asus sendiri menyertakan beberapa perlengkapan untuk mendukung penggunaan router ini, yaitu:

  • Adapter Daya
    Asus RT-AC3200 - 03
  • Kabel untuk Adapter Daya
    Asus RT-AC3200 - 04
  • Kabel Gigabit Ethernet
    Asus RT-AC3200 - 05
  • Quick Start Guide
  • Voucher Asus WebStorage 100 GB
    Asus RT-AC3200 - 06
  • 6x Antena
    Asus RT-AC3200 - 07
  • Support CD

Di paket penjualan ini, Asus menyertakan beberapa kabel power untuk mengakomodasi beberapa jenis stop kontak yang digunakan di berbagai negara. Kemasan paket penjualan dari RT-AC3200 ini sendiri terlihat cukup gagah. Sayangnya, perlengkapan yang disertakan justru bisa dikatakan minimal untuk perangkat router di kelas atas. Namun, perlengkapan itulah yang memang dibutuhkan untuk menggunakan router ini.

Asus RT-AC3200

Asus RT-AC3200 - 08

Mempertahankan ciri khas yang sudah mereka sematkan di beberapa perangkat router kelas atas, Asus mendesain router ini dengan bodi kokoh bermotif diamond dengan warna dasar hitam. Router ini sendiri terlihat makin garang dengan hadirnya enam buah antena yang dipasang di bagian belakang dan samping kanan-kirinya. Asus sendiri menyematkan label “tri-band” untuk router ini, yang merujuk pada dukungan untuk dua band 5 GHz dan 1 band 2.4 GHz untuk wireless network.

Ukuran dari router RT-AC3200 ini tergolong besar untuk sebuah wireless router. Dimensi keseluruhan dari router ini mencapai 11.4 x 7.4 x 2.28 inch (289 x 188 x  58 mm). Hal ini tampaknya memang dibutuhkan untuk mengakomodasi penggunaan spesifikasi tinggi yang memang ditawarkan Asus dalam router ini.

Asus RT-AC3200 - 10

Router ini sendiri hanya didesain untuk digunakan dalam posisi tidur. Penggunaan dalam posisi berdiri tidak dimungkinkan karena adanya beberapa tombol dan konektor di sisi-sisi samping router ini. Walaupun begitu, hal ini seharusnya tidak terlalu menjadi masalah.

Deretan konektor utama dari router ini diletakkan di bagian belakang perangkat. Asus melengkapi RT-AC3200 ini dengan konektor yang umum dijumpai untuk perangkat wireless router di kelas ini. Konektor yang tersedia adalah:

Asus RT-AC3200 - 09
  • 1 port daya
  • 1 port Gigabit Ethernet untuk WAN
  • 4 port Gigabit Ethernet untuk LAN
  • 1 port USB 2.0
  • 4 konektor antena

Selain deretan konektor, di bagian belakang dari router ini juga terdapat switch power, tombol WPS, dan tombol reset. Posisi tombol WPS di bagian belakang router mungkin akan menimbulkan kesulitan tersendiri untuk pengguna yang banyak memakai tombol tersebut. Terlebih lagi, Asus tidak memberikan penanda apapun yang membuat pengguna mudah menemukan tombol di belakang perangkat. Tombol ini juga terletak cukup dekat dengan tombol reset, sehingga membuka kemungkinan pengguna salah menekan tombol.

Asus RT-AC3200 - 11

Tidak cukup dengan satu port USB 2.0 di bagian belakang, Asus juga menyertakan satu port USB 3.0 di bagian depan. Port ini ditutup oleh pelindung khusus yang terpasang ke bodi router. Namun, penutup ini sendiri sedikit sulit dilepas-pasang, sehingga membuat pengguna harus sedikit beradaptasi terlebih dahulu dengan penutup ini sebelum bisa mengakses port USB 3.0 tersebut dengan mudah.

Asus RT-AC3200 - 12

Masih di sisi depan, terdapat sederet lampu indikator untuk status fungsi dari perangkat. Asus meletakkan lampu-lampu tersebut tepat di sudut antara sisi depan dan sisi atas dari bodi router, sehingga terlihat menyatu dengan baik dengan bodi. Ada 9 lampu yang menunjukkan status dari Power, Wireless 2.4 Ghz, Wireless 5 GHz, LAN 1 ~ 4, WAN/Internet, dan WPS.

Asus RT-AC3200 - 13

Terdapat pula dua tombol di sisi depan ini, yaitu untuk WiFi On/Off dan LED On/Off. Tombol WiFi On/Off sendiri berfungsi untuk mengaktif-nonaktifkan WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz dari router ini. Sementara LED On/Off akan mengaktif-nonaktifkan deretan lampu indikator di sampingnya. Sayangnya, kedua tombol ini memiliki struktur yang kurang kokoh dan petunjuk fungsi yang hanya diukir di permukaannya membuatnya sulit dilihat. Asus juga tidak memberikan tombol On/Off terpisah untuk WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz.

Dari enam antena eksternal yang digunakan, empat diletakkan di sisi belakang, satu di sisi kiri, dan satu lagi di sisi kanan. Untuk konektor antena di sisi kiri dan kanan perangkat, desain konektor itu sendiri membuatnya mudah longgar, terutama bila pengguna banyak memutar antena yang telah terpasang. Berbeda dengan konektor di sisi belakang yang semua penguncinya berada di dalam, konektor di sisi kiri dan kanan ini memiliki pengunci di bagian luar, sehingga mudah bergeser yang menyebabkan konektor menjadi longgar.

Walaupun menggunakan spesifikasi yang tinggi, router ini tampaknya dilengkapi dengan sistem pendingin pasif yang baik. Selama pengujian di lab. kami, router ini tidak menghasilkan panas berlebih sekalipun diberi beban kerja yang cukup banyak di seluruh band wireless network dan beberapa port LAN. Untuk masalah yang satu ini, Asus patut diacungi jempol!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…