in: News | October 30, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Intel Tampilkan RAM dan SSD 3D XPoint

Teknologi memori terbaru dari Intel, 3D XPoint, akhirnya hadir dalam wujud produk nyata! Di acara Oracle OpenWorld, Intel menampilkan SSD Optane dan RAM DDR4 yang menggunakan chip memori baru tersebut. Satu hal yang menarik, SSD dan RAM tersebut ternyata kompatibel dengan interface yang ada dan telah digunakan saat ini!

3D XPoint 04

SSD Optane yang menggunakan 3D XPoint telah ditampilkan di salah satu server milik Oracle, X5-2 Series. SSD tersebut menawarkan throughput yang mencapai 7.13 kali lebih baik dari SSD NAND yang ada saat ini ketika menangani aplikasi dari Oracle. Nantinya, SSD tersebut akan ditawarkan dalam bentuk standar PCIe M.2 atau PCIe Card dengan standar NVMe.

Sementara untuk RAM, Intel hanya menampilkan prototipe DIMM DDR4 yang telah menggunakan 3D XPoint. Nantinya, dengan skema kerja baru yang telah disusun Intel, DDR4 bisa bekerja sama dengan SSD untuk menyediakan implementasi media penyimpanan dengan latency rendah. Ini nantinya akan bermanfaat untuk berbagai aplikasi, termasuk untuk kebutuhan in-memory database.

3D XPoint sendiri merupakan chip memori baru yang didesain oleh Intel dan Micron. Chip memori ini menggunakan konsep “3D”, di mana setiap chip memori memiliki beberapa layer yang memungkinkan kapasitas tinggi untuk setiap chip. Nantinya, perangkat dengan 3D XPoint disebut bisa menawarkan kinerja hingga 1000x lipat perangkat serupa dengan chip NAND, serta daya tahan yang juga hinga 1000x lipat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES