in: News | October 18, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Langgar Paten Terkait Prosesor, Apple Terkena Denda US$ 234 Juta

Sebuah paten dari tahun 1998 yang dimiliki oleh University of Wisconsin ternyata membawa Apple ke kasus yang akhirnya membuat mereka menerima denda US$ 234 juta. Apple dituduh bersalah memanfaatkan paten tersebut tanpa ijin untuk pengembangan chip Apple A7, A8, dan A8X yang digunakan di beberapa produk mereka. Raksasa teknologi dari Amerika Serikat ini tampaknya masih ingin mengajukan banding atas denda ini.

Apple-A8

Paten milik University of Wisconsin yang dianggap dilanggar oleh Apple tersebut merupakan paten terkait teknik pemrosesan oleh prosesor. Berdasarkan informasi yang ada, paten tersebut mengatur bagaimana proses out-of-order dilakukan di dalam prosesor. Apple sendiri dianggap telah memanfaatkan paten tersebut untuk eksekusi perintah di prosesor dalam ketiga chip besutan mereka di atas.

WARF, (Wisconsin Alumdi Research Foundation) yang mewakili University of Wisconsin dalam kasus ini, telah mengajukan tuntutan terkait pelanggaran paten ini sejak tahun 2014 lalu. Pengadilan sendiri, setelah memeriksa berbagai bukti, baru bisa menggeluarkan keputusan beberapa waktu lalu. Apple tentunya dinyatakan bersalah sehingga diwajibkan membayar ganti rugi sebesar US$ 234 juga tersebut.

Sebelumnya, WARF telah mengajukan tuntutan serupa terhadap raksasa chip dunia, Intel. Namun, di kasus yang melibatkan Intel tersebut, pihak Intel memilih untuk menyelesaikan kasus tersebut di luar pengadilan, dengan perjanjian khusus yang dibayar dengan kompensasi US$ 110 juta. Selain banding, entah apa yang nantinya akan dilakukan oleh Apple terkait kasus ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES