in: News | October 25, 2015 | by: Irham

LG dan Samsung Pamerkan Inovasi Baterai Terbaru

Samsung-Flexible-Battery

Setelah inovasi fleksibilitas menyentuh produk display layar, inovasi berikutnya adalah baterai. Dua Perusahaan besar asal Korea Selatan, yaitu LG dan Samsung, mengumumkan produk baterai tipis dan fleksibel di event InnerBattery 2015 yang berlangsung di Seoul baru-baru ini.

Dua perusahaan ini memiliki inovasi baterai yang terbilang sangat canggih dan futuristik. Konsep baterai fleksibel yang mereka pamerkan diklaim akan menjadi kebutuhan pada produk gadget di masa mendatang, terutama untuk perangkat wearable.

Samsung SDI, mengeluarkan dua buah produk baterai, yaitu Band Battery  dan ultra-slim Stripe Battery.  Band Battery di desain untuk kebutuhan pada smartwatch, dimana bentuknya adalah seperti gelang yang nantinya bisa digunakan sebagai strap pada jam tangan pintar. Sejauh ini baterai elastis ini telah diuji, dan telah lebih 50ribu kali di gulung tanpa mengalami kerusakan apapun.

Berikutnya adalah Stripe Battery. Tak hanya elastis, produk baterai ini juga memiliki ketebalan yang sangat minim yaitu 0,3mm. Nantinya ini bisa dikenakan pada berbagai produk wearable lain seperti gelang, kalung atau bahkan t-shirt.

lg1

Sementara LG juga menawarkan inovasi baterai lain yang juga tipis dan fleskibel yang dikenal dengan sebutan Wire Battery. Dari namanya, bisa kita ketahui bahwa baterai ini berbentuk seperti kabel/kawat. Dengan bentuknya yang sangat minimalis, baterai ini tak hanya bisa ditekuk tapi juga bisa disematkan pada lokasi dengan radius terkecil sekalipun.

Penelitian baterai elastis ini sebenarnya telah dilakukan oleh para developer sejak tahun 2012. Tim ilmuan dari Korea Advanced Institute of Science and Technology bekerja bagaimana membuat produk baterai yang dibutuhkan untuk masa depan. Prioritas penelitian tentu saja mengacu pada bagaiman menghasilkan baterai lithium ion yang benar-benar memiliki durabilitas tinggi, fleksibel, tahan dengan berbagai benturan. Karena pada dasarnya, kebocoran pada baterai akan sangat beresiko mengakibatkan kerusakan yang memicu perangkat elektronik terbakar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES