in: News | October 12, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Qualcomm Ingin Masuk ke Pasar Prosesor Server!

Kebutuhan akan server dengan jumlah core banyak membuat beberapa penyedia server mulai menyediakan perangkat yang dilengkapi core ARM. Salah satu produsen chip berbasis core ARM ternama, Qualcomm, disebut mulai tertarik untuk turut terjun ke “dunia baru” tersebut. Bahkan, beberapa waktu lalu Qualcomm telah mendemokan prosesor berbasis ARM untuk server tersebut.

Sumber: James Niccolai - ComputerWorld
Sumber: James Niccolai – ComputerWorld

Prosesor server yang didesain Qualcomm untuk server ini disebut berbeda cukup jauh dari SoC Snapdragon yang menjadi produk andalan mereka selama ini. Berdasarkan data awal, prosesor tersebut memiliki 24 core dan dilengkapi dengan kontroler untuk berbagai fitur yang umum ada di sebuah server, termasuk PCI Express dan SATA. Namun, Qualcomm sendiri menyebutkan bahwa spesifikasi ini masih belum final.

Qualcomm sendiri minggu lalu mendemokan prototipe prosesor server mereka dengan menjalankan LAMP Stack (Linux, Apache, MySQL, & PHP) dan OpenStack. Prosesor itu sendiri disebut telah dikembangkan dalam 2 tahun terakhir ini. Masih belum diketahui kapan Qualcomm akan mengumumkan resmi prosesor server baru tersebut.

Terkait pasar yang diincar Qualcomm dengan prosesor baru ini, mereka tampaknya ingin memberikan pilihan baru untuk server dengan kebutuhan jumlah core banyak yang tidak terlalu mementingkan kemampuan proses tinggi. Beberapa perusahaan yang mendesain server mereka sendiri, seperti Google dan Facebook, bisa jadi akan beralih ke solusi dengan ARM bisa mereka merasa manfaat yang ditawarkan sudah memadai. Terlepas dari hal itu, melalui demo prosesor server mereka, Qualcomm bahwa mereka siap bersaing bila prosesor ARM untuk server benar-benar berkembang nanti.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES