in: Storage Devices | October 7, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Review Kingston DataTraveler microDuo 3C 32GB USB 3.1 + Type-C

Generasi USB (Universal Serial Bus) kini sudah memasuki era baru. Beberapa bulan lalu, para produsen hardware ternama mulai memperkenalkan port USB 3.1 (Type-A) dan Type-C. Kingston sebagai salah satu produsen ternama dalam memproduksi memory memang cukup dikenal memiliki beragam varian koleksi USB flash disk, dan kali ini Kingston turut meramaikan ranah USB 3.1 dengan memperkenalkan koleksi flash disk terbarunya dari seri DataTraveler.

IMG_9998

Kingston DataTraveler microDuo 3C yang sempat diperkenalkan pada ajang Computex 2015 lalu, dilengkapi dengan dua buah interface, yaitu Type-A dan Type-C pada kedua sisinya. Kingston menawarkan beberapa pilihan kapasitas untuk flash disk tipe barunya ini mulai dari 16GB, 32GB dan 64GB. Kini, media penyimpanan portabel besutan produsen ternama asal Taiwan tersebut akhirnya mampir ke meja pengujian JagatReview yang memiliki kapasitas sebesar 32GB.

Pihak Kingston mengklaim, DataTraveler microDuo 3C ini mampu menyajikan kecepatan transfer data read dan write mencapai 100 MB/s dan 15 MB/s. Anda sudah penasaran seperti apa performa yang disajikan oleh flash disk dari Kingston ini? Berikut kami sajikan hasil pengujiannya. Namun sebelumnya simak terlebih dahulu paket penjualan serta platform pengujian yang kami gunakan.

Paket Penjualan

IMG_9983 IMG_9986

Tampilan kemasan bagian depan dan belakang dikemas dengan apik oleh sang produsen. Berbagai informasi terkait DataTraveler microDuo 3C ini terpampang jelas untuk produk yang memiliki garansi selam 5 tahun ini.IMG_9989 IMG_9995

Desain yang dimiliki oleh Kingston DataTraveler microDuo 3C ini bisa dibilang hampir mirip dengan produk Kingston DataTraveler microDuo USB 3.0 yang dirancang sebagai USB OTG (On-the-Go). Hanya saja perbedaan yang sangat terlihat jelas pada USB flash disk ini adalah penggunaan interface Type-C. Meskipun penggunaan interface micro USB masih sangat jarang ditemukan di perangkat mobile, interface Type-C ternyata mampu menyajikan proses transfer data dengan sangat baik. Penasaran akan performa yang ditawarkan oleh Kingston DataTraveler microDuo 3C ini? Sebelum kita memasuki segmen pengujian, simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Core i5 6600K
  • Motherboard ASUS Maximus VIII Gene
  • RAM Kingston HyperX Fury DDR4 2666 8 GB

Kingston HyperX Fury DDR4

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

kingston-hyperx-3k

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

corsair cx500 400px

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

Daftar Isi
Pages: 1 2

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES