in: Storage Devices | October 7, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Review Kingston DataTraveler microDuo 3C 32GB USB 3.1 + Type-C

Hasil pengujian oleh Bhisma Sidarto

Pengujian

Mengingat bahwa ini merupakan perangkat USB 3.1 pertama yang kami uji, kami menggunakan platform pengujian yang berbeda dari yang kami gunakan sebelumnya, dimana motherboard yang kami gunakan telah mendukung interface USB 3.1 dan Type-C. Berikut hasil pengujiannya.

CrystalDisk Mark

CDM-Read CDM-write

Hasil performa yang dimiliki Kingston DataTraveler microDuo 3C berkapasitas 32GB ini ternyata cukup baik. Bahkan kami pun sempat melakukan pengujian melalui interface Type-C yang ternyata menghasilkan performa yang tidak jauh berbeda. Kami pun cukup penasaran seperti performa yang dihasilkan Kingston DataTraveler microDuo 3C ini saat kami uji melalui USB 3.0. Berikut hasilnya.

CDM-USB-3.0 CDM-Write-3.0

Kami mencoba membandingkannya dengan USB flash disk yang sama-sama kami uji melalui interface USB 3.0. Hasil performa yang disajikan bisa dikatakan cukup berimbang.

Tes Transfer File 3GB

tes-trasnfer-file

Dalam pengujian real life saat kami melakukan transfer file besar dan file kecil berukuran 3GB, waktu yang dibutuhkan Kingston DataTraveler microDuo 3C ini tergolong cukup cepat.

Kesimpulan

Sebagai sebuah flashdisk yang tampaknya akan disiapkan untuk generasi interface terbaru, Kingston DataTraveler microDuo 3C mampu memberikan performa yang cukup apik. Performa yang ditawarkan oleh USB flash disk 3.1 ini tergolong memuaskan terutama pada proses read dan write file kecil. Sehingga flash disk ini sangat cocok bagi para pengguna yang biasa melakukan proses transfer file berukuran kecil dalam jumlah banyak.

Keberadaan interface Type-C pun diyakini untuk mendukung peralihan ke generasi interface terbaru. Seperti kita ketahui, saat ini beberapa produsen hardware PC ternama sudah mulai menyertakan port Type-C pada motherboard terbaru dengan chipset Z10. Sayangnya, beberapa perangkat mobile seperti laptop, tablet dan smartphone masih sangat sedikit yang menyediakan dukungan port Type-C.

Di banderol dengan harga yang cukup menarik sekitar Rp. 188.000 untuk yang berkapasitas 32GB, Kingston DataTraveler microDuo 3C ini memiliki form factor yang cukup imut dengan dimensi 29.94 x 16.6 x 8.44 mm. Terlebih lagi, USB flash disk ini dilengkapi dengan penutup transparan yang terpasang secara permanen pada slot USB Type-C yang tentunya menjadi sebuah kelebihan dan Anda tidak akan dipusingkan lagi dengan kejadian hilangnya tutup USB flash disk.

Kelebihan

  • Desain mini dan kompak
  • Kinerja transfer file kecil cukup baik

Kekurangan

  • Perangkat dengan dukungan USB Type-C masih sedikit
  • Kinerja tidak jauh berbeda dengan USB 3.0 lainnya

Data Teknis

Produsen Kingston
Info http://www.kingston.com
Harga Rp 188.000
Distributor PT. Nusantara Jaya Teknologi
Telepon
Dimensi 29.94 x 16.6 x 8.44 mm
Kompatibilitas Windows Vista, 7, 8.1, 10, OS X 10.8, Chrome OS
Interface USB 3.1 & Type-C
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES