in: Desktop | October 22, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Mini PC Desktop: ASUS VivoMini UN62

Dibuat oleh Gatot Tri Yuwono Luthfi Fuardi

Jika performa kencang tidak menjadi prioritas utama, PC desktop konvensional dengan ukuran bodi “bongsor” tampaknya dapat ditempatkan sebagai pilihan alternatif. Produk mini PC desktop dengan ukuran bodi berkali-kali lipat jauh lebih “mungil” tampaknya dapat menjadi pilihan lebih menarik. Sebuah mini PC desktop memang dapat dirancang untuk memiliki performa setara dengan PC desktop konvensional dengan performa “super” kencang. Tentu saja sebuah mini PC desktop dapat pula dirancang untuk mengangani kegiatan komputasi harian pengguna pada umumnya dengan beban kerja tidak terlampau berat. Menariknya, untuk mewujudkan produk mini PC desktop dengan skenario nomor dua tersebut, produsen dapat memadukan komponen-komponen irit daya dengan performa mumpuni sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan penggunaan daya listrik dan temperatur serendah mungkin. Bahkan dengan kombinasi komponen secara tepat, ukuran bodi dan bobot dapat dipangkas seminimum mungkin.

ASUS VivoMini UN62 With Box

Saat ini, produk mini PC desktop telah menjadi komoditi menggiurkan untuk sejumlah produsen di bidang komponen PC. Oleh karena itu tidak aneh jika populasi mini PC desktop semakin meningkat diiringi implementasi teknologi dan inovasi terbaik dari produsennya. Bahkan implementasi teknologi dan inovasi tersebut telah sampai pada tingkat tidak terduga dimana mini PC desktop memiliki ukuran hanya sebesar USB flash drive atau USB modem.

Ulasan produk mini PC desktop dari kami kali ini berlanjut dengan menghadirkan produk dari ASUS yaitu VivoMini UN62. Ditenagai prosesor Intel Core i 4th Generation ULV (Ultra Low Voltage), tampaknya ASUS VivoMini UN62 siap menghadirkan performa tidak kalah dari PC desktop pada umumnya dimana pengguna tidak perlu dihantui lagi tingginya penggunaan daya listrik. Ingin tahu lebih jauh mengenai kemampuan dan fitur yang dibenamkan di dalam ASUS VivoMini UN62? Berikut ulasan lengkapnya.

Spesifikasi ASUS VivoMini UN62

Processor Intel Core i3 4030U (Base 1,9 GHz)
Motherboard Intel 8-Series Chipset Based
Memory 1x 4 GB DDR3L 1600 MHz 
Upgradeable to 16 GB (2x 8 GB) 1600 MHz SO-DIMM DDR3-L (1,35 V)
Graphics IGP: Intel HD Graphics 4400
Storage 32 GB mSATA SSD
Upgradeable to 256 GB mSATA SSD
Wireless NA
USB 2.0/1.1 0
USB 3.0/2.0 2 (Left) + 2 (Rear)
eSATA/USB Combo 0
Display Port 1
HDMI 1
DVI 0
D-Sub 1 (Via Display Port to D-Sub Converter)
Ethernet/RJ-45 1 (by Realtek RTL8111C-GR)
Audio In/Out Headphone/Microphone Jack (Rear)
Optical Drive 0
Operating System Support Windows 7/8/8.1/10
Dimensions (mm) 131 x 131 x 42 (Width x Depth x Height)
ASUS VivoMini UN62 CPUZ-CPU
ASUS VivoMini UN62 ditenagai prosesor Intel Core i3 4th Generation berbasiskan arsitektur CPU Haswell. Mini PC desktop tersebut menggunakan model Core i3 4030U dimana huruf U menandakan penggunaan prosesor hemat daya Intel Ultra Low Voltage Series dengan nilai TDP (Thermal Design Power) sebesar 15 Watt. Prosesor tersebut merupakan tipe dual core dan dilengkapi teknologi Hyper-Threading sehingga mampu mengerjakan empat proses komputasi sekaligus dalam sekali jalan. Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 1,9 GHz tanpa dilengkapi teknologi Turbo Boost 2.0.
ASUS VivoMini UN62 CPUZ-Mainboard
ASUS VivoMini UN82 menggunakan komponen motherboard berbasiskan chipset Intel 8-Series.
ASUS VivoMini UN62 CPUZ-Memory
ASUS VivoMini UN82 datang dilengkapi satu keping memori DDR3L (1,35 Volt) tipe SO-DIMM dengan kapasitas 4 GB dan kecepatan 1600 MHz. Tentu saja untuk performa sistem lebih optimal kami sarankan untuk menggunakan dua keping memori sehingga konfigurasi dual channel dapat diaktifkan.

Core i3 4030U telah dilengkapi graphics card terintegrasi HD Graphics 4400 dengan 20 EU (Execution Units). iGPU tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 200 MHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 1 GHz/1000 MHz berkat teknologi Turbo Boost 2.0. Intel HD Graphics 4400 juga telah mendukung teknologi Microsoft DirectX 12 dan siap menangani perangkat display dengan resolusi gambar maksimal sebesar 3200×2000 piksel pada tingkat refresh rate 60 Hz.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES