in: Desktop | October 7, 2015 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Mini PC Desktop: HP 260 G1 DM

Kesimpulan

Produk PC desktop dalam ukuran mini memang menjadi tren sendiri belakangan ini dan HP 206 G1 DM adalah salah satu pilihan menarik di pasaran saat ini. Walaupun memiliki desain tergolong sederhana, HP 206 G1 DM tetap tampil percaya diri dengan bodi kokoh dari bahan logam dalam ukuran begitu ramping. Jika dibandingkan, ukuran mini PC desktop tersebut tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa dengan jari diregangkan atau lebih kecil dibandingkan video player (DVD/Blu-ray) rumahan. Alhasil HP 206 G1 DM tidak memakan banyak ruang saat ditempatkan dan dapat dengan mudah dibawa kemanapun. HP 206 G1 DM dapat ditempatkan di atas meja begitu saja, di belakang monitor dengan menggunakan perangkat VESA-mount, atau diletakkan pada posisi vertikal dengan menggunakan aksesoris Vertical Stand.

HP 260 G1 DM Front Side - Vertical

Untuk sektor performa, HP 206 G1 DM memang tidak dirancang untuk melakukan aktivitas komputasi kelas berat (seperti render objek 3D, editing video/gambar kelas profesional) meskipun kami tidak melarang untuk menggunakannya pada aplikasi seperti itu. Sistem desktop dengan otak Core i3 4030U tersebut akan lebih cocok untuk menangani aktivitas komputasi harian ringan hingga menengah seperti membuat dokumen/presentasi, menonton video 4K, menjelajah dunia maya, melakukan editing gambar ringan, transcoding video, dan menjalankan game 3D ringan. Menariknya, walaupun menggunakan prosesor Intel kelas hemat daya, dengan memanfaatkan fitur Quick Sync pada iGPU HD Graphics 4400 dan dikombinasikan dengan aplikasi yang tepat, HP 206 G1 DM sanggup menangani proses transcoding video dimana pekerjaan tersebut umumnya menuntut performa tinggi komponen pada sebuah sistem. Tentu saja HP 206 G1 DM tetap mampu mengerahkan kemampuan seperti itu tanpa perlu membuat meteran listrik PLN berputar kencang dan menghasilkan temperatur terlampau tinggi. Akan tetapi perlu diperhatikan, performa HP 206 G1 DM seharusnya masih dapat dioptimalkan dengan penggunaan konfigurasi dual channel memory. Dan penggunaan komponen storage tipe SSD akan membuat performa mini PC desktop tersebut akan semakin optimal dan responsif. Jadi jika memungkinkan lakukanlah upgrade pada komponen tersebut.

HP 260 G1 DM Internal Component 03

Ukuran memang jauh lebih kecil dari PC desktop konvensional tetapi HP 206 G1 DM tetap mampu menawarkan konektivitas tergolong lengkap. Sebut saja empat port  USB 3.0 untuk transfer data “super cepat” antar perangkat storage, dua konektor display sehingga dapat menggunakan beberapa perangkat display sekaligus yang menambah luas ruang kerja pengguna pada sistem operasi Windows, dan tidak ketinggalan dengan dibenamkannya aplikasi HP Client Security sehingga operasional harian HP 206 G1 DM menjadi lebih aman.

Dengan keunggulan seperti itu, HP 206 G1 DM memiliki segudang potensi penggunaan. Tidak hanya cocok digunakan di lingkungan perkantoran, PC desktop mungil tersebut dapat digunakan untuk menyulap perangkat televisi standar di ruang keluarga menjadi televisi pintar yang lebih pintar dari produk smart tv, menghadirkan hiburan lengkap (Home Theater PC), atau dapat juga difungsikan sebagai PC khusus untuk men-download dimana rendahnya konsumsi daya membuat pengguna tidak perlu khawatir jika dioperasikan selama 24/7.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES