in: Storage Devices | October 5, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Apacer TurboII AS710 256GB

Beberapa dari Anda yang sudah menggunakan SSD mungkin cukup mengenal dengan perangkat enclosure. Perangkat yang biasanya tersedia di dalam paket penjualan SSD dari beberapa produsen tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu bonus paket penjualan yang cukup menarik. Hal tersebut bertujuan agar hard disk pada laptop yang telah di upgrade sistem storage-nya dengan SSD, masih dapat digunakan sebagai perangkat penyimpanan eksternal. Atau bahkan sebaliknya, Anda ingin memanfaatkan SSD dengan bundle enclosure untuk dijadikan sebagai storage portabel berkinerja.

Melihat perkembangan pengguna SSD yang secara perlahan terus mengalami peningkatan, beberapa produsen terus melakukan serangkaian inovasi baru dalam menghadirkan produk SSD mereka. Apacer yang cukup dikenal sebagai salah satu produsen memory, kembali meramaikan ranah persaingan SSD dengan merilis sebuah perangkat media penyimpanan terbaru yang mereka beri nama Apacer TurboII AS710.

IMG_1263

SSD terbaru milik produsen ternama asal Taiwan ini ditawarkan dengan beberapa fitur menarik serta dianggap yang paling berbeda dari SSD lainnya. Sang produsen mencoba menawarkan sebuah solusi yang cukup menarik dengan menyediakan dua buah interface di antaranya SATA 6Gb/s dan USB 3.0 pada TurboII AS710 yang memiliki kapasitas 256GB ini. Keberadaan USB 3.0 ini diklaim dapat mendukung fitur Windows To Go dimana para pengguna dapat melakukan booting Windows 8 enterprise atau Windows 10 melalui SSD ini. Sudah penasaran dengan fitur dan performa yang disajikan oleh SSD terbaru milik Apacer ini? Berikut kami sajikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Paket Penjualan

IMG_1233 IMG_1236

Kemasan yang disajikan oleh Apacer pada SSD barunya ini dikemas dengan apik. Tepat di bagian belakangnya Anda akan memperoleh beberapa informasi terkait SSD Apacer TurboII AS710 berkapasitas 256GB ini.

IMG_1241

IMG_1243 IMG_1250

Di dalam kemasannya, tersedia buku panduan, satu unit SSD dan kabel USB 3.0 yang dilengkapi dengan kantung khusus untuk kabel tersebut. Sayangnya paket penjualan yang tersedia terasa kurang lengkap seperti tidak tersedianya brakcet 3,5″ dan spacer 3,5mm.

IMG_1252 IMG_1260

SSD Apacer TurboII AS710 dikemas secara apik oleh sang produsennya. Berbalut warna hitam dengan berkelir warna silver ditepiannya membuat SSD terlihat begitu sederhana. Namun siapa yang menyangka bahwa dibalik penampilannya yang sederhana itu, SSD yang memiliki 4KB random read dan write sampai 50,000 dan 70,000 IOPS ini memiliki beberapa komponen yang mampu menyajikan performa tinggi dalam melakukan proses transfer data.

Dalam menyajikan performa terbaiknya, Apacer TurboII AS710 ini dilengkapi dengan tipe memori MLC NAND flash yang dipadukan dengan kontroler besutan SandForce. Perpaduan keduanya itu diklaim mampu menyajikan performa stabil dengan menawarkan kecepatan sequential read dan write mencapai 550 MB/s dan 530 MB/s. Selain itu, SSD ini juga turut dilengkapi dengan Wear Leveling Technology, ECC (Error Correction Code) dan TRIM Command yang diklaim dapat meningkatkan reliabilitas dari transfer data serta memiliki kinerja jangka panjang. Sudah merasa penasaran seperti apa hasil pengujian dari SSD milik Apacer ini? Sebelum kita membahas segmen tersebut, kami suguhkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

kingston-8go-1600mhz-ddr3-hyperx-blu-cl91

 

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

kingston-hyperx-3k

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

corsair cx500 400px

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES