in: Movies | October 8, 2015 | by: Irham

Review The Walk: Tarik Nafas yang Dalam!

 

poster

Philippe Petit kecil senang menyaksikan akrobat sirkus yang ada di kota kecil tempat ia berdomisili. Ia sangat terinspirasi setelah melihat aksi akrobat dari pemain sirkus yang berjalan diatas tali dengan hanya berjalan menggunakan kaki.

Philippe pun terus berlatih melakukan aksi tersebut, hingga ia beranjak remaja dan mulai berani untuk menunjukan kebolehannya tersebut di muka umum. Sayangnya sang ayah tidak menyukai hobi yang ditekuninya tersebut. Setelah pertengkaran dengan orang tuanya, Philippe akhirnya angkat kaki dari rumah.

1

Ia hidup sebagai seniman jalanan, hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke New York untuk mengejar cita-citanya. Cita-cita yang sama sekali tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang normal pada umumnya. Yaitu, melakukan akrobat berjalan diatas tali diantara dua gedung tertinggi di dunia saat itu, ‘World Trade Center.’

Philippe kemudian menyusun rencana untuk dapat melakukan aksi tersebut. Tapi aksi ini tentu saja tidak akan dapat ia lakukan secara legal, karena pihak keamanan tentu akan terlebih dahulu menghalangi aksi nekat Philippe tersebut.

Ia akhirnya mengumpulkan beberapa rekam untuk melakukan aksi tersebut. Beberapa teman yang ia temui, mulai dari photographer, musisi jalanan, dan juga orang dalam yang bekerja di gedung World Trade Center akhirnya mau membantu Philippe untuk melakukan aksinya tersebut.

Hingga di tanggal 6 Agustus 1974, Philipe Petit akhirnya mencetak sejarah sebagai satu-satunya orang yang berani menyebrangi menara kembar WTC dengan berjalan diatas tali yang membentang.

 

Benar-benar Memicu Adrenaline

4

Kisah Philippe Petit  sebagai seniman akrobat pertama yang pernah menyebrangi dua puncak dari World Trade Center memang sangat menginspirasi banyak orang. Tak heran jika kisahnya ini banyak diceritakan dalam tulisan hingga diangkat ke layar lebar. Film dokumenter ‘Man on a Wire,’ sebelumnya pernah mengangkat kisah Philippe Petit dengan format dokumenter, dan kali ini diperankan oleh Joseph Gordon Levit, Philippe dihadirkan kembali lewat film The Walk.

3

Berbeda dengan film based on true story kebanyakan, The Walk dikemas dengan nuansa yang lebih artistik. Dibuka dengan narasi monolog yang diucapkan oleh JGL sebagai Philippe, kemudian scene kisah Philippe satu persatu mengisi layar. Kisah Philippe diceritakan mulai dari masa kecil, dimana ia terinspirasi menjadi seniman akrobat hingga saat ia mencapai puncak karirnya secara ilegal dengan menyebrangi WTC menggunakan tali tanpa peralatan pengaman.

Joseph Gordon Levit tentunya begitu mendominasi seluruh adegan dalam film ini. Sang aktor sangat total memainkan karakter seniman asal Perancis tersebut, mulai dari aksen bahasa hingga gerak akrobatik yang dimainkan. Jadi, penampilan JGL patut diacungi jempol karena sang aktor ini berhasil melekatkan kesan sebagai seorang akrobatis profesional.

2

Pendalaman karakter yang dilakukan Levit tak sampai disitu saja. Levit tentunya memiliki tuntutan agar karakter personal dari Philippe juga dimainkan secara sempurna. Cukup sulit Levit harus menunjukan ekspresi  arogan, tempramen, keras kepala, tapi juga berjiwa seni yang tinggi dan sedikit ‘gila’.

Dengan format 3D, visualisasi dari atap langit ini tentunya semakin membuat penonton terkesima, bahkan membuat kita terus menghela nafas panjang. Apalagi saat Philippe mulai berjalan diatas tali diantara dua gedung kembar. Perasaan yang dirasakan oleh tokohvfenomenal tersebut seolah digambar ulang ke dalam pikiran penonton melalui visualisasi yang menakjubkan.

5

Disisi lain, film ini juga lebih banyak membuka pandangan penonton tentang mimpi besar seorang Philippe Petit. Bukannya hanya pandangan yang benar-benar secara visual, bahwa menaklukan ketinggian menjadi hal yang sangat menyenangkan, tapi tentang cara berpikir bagi orang-orang seperti Philippe Petit. Orang-orang yang bahkan tak lagi mempedulikan resiko bahaya dari aksi yang dilakukannya, hanya demi mendapat kepuasan untuk menorehkan sejarah dunia. Semua tergambarkan dalam film The Walk.

Rasanya tak ada kritik untuk film yang satu ini, kecuali saat bagian akhir film. Saya menunggu bagian post-credit  saat tokoh asli Philippe Petit ditampilkan dan itu ternyata sama sekali ditampikan. Secara keseluruhan jika membandingkan dengan tiket bioskop yang perlu anda bayar. Film ini dijamin memuaskan. It’s really a breathtaking movie.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 7 Oktober 2015

Durasi : 123 menit

Sutradara: Robert Zemeckis

Genre: Biographical Drama

Pemain: Joseph Gordon Levit, Ben Kingsley, Charlotte Le Bon, & James Badge Dale

Studio:TriStar Pictures

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES