Review The Walk: Tarik Nafas yang Dalam!

Author
Irham
Reading time:
October 8, 2015

 

poster

Philippe Petit kecil senang menyaksikan akrobat sirkus yang ada di kota kecil tempat ia berdomisili. Ia sangat terinspirasi setelah melihat aksi akrobat dari pemain sirkus yang berjalan diatas tali dengan hanya berjalan menggunakan kaki.

Philippe pun terus berlatih melakukan aksi tersebut, hingga ia beranjak remaja dan mulai berani untuk menunjukan kebolehannya tersebut di muka umum. Sayangnya sang ayah tidak menyukai hobi yang ditekuninya tersebut. Setelah pertengkaran dengan orang tuanya, Philippe akhirnya angkat kaki dari rumah.

1

Ia hidup sebagai seniman jalanan, hingga akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke New York untuk mengejar cita-citanya. Cita-cita yang sama sekali tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang normal pada umumnya. Yaitu, melakukan akrobat berjalan diatas tali diantara dua gedung tertinggi di dunia saat itu, ‘World Trade Center.’

Philippe kemudian menyusun rencana untuk dapat melakukan aksi tersebut. Tapi aksi ini tentu saja tidak akan dapat ia lakukan secara legal, karena pihak keamanan tentu akan terlebih dahulu menghalangi aksi nekat Philippe tersebut.

Ia akhirnya mengumpulkan beberapa rekam untuk melakukan aksi tersebut. Beberapa teman yang ia temui, mulai dari photographer, musisi jalanan, dan juga orang dalam yang bekerja di gedung World Trade Center akhirnya mau membantu Philippe untuk melakukan aksinya tersebut.

Hingga di tanggal 6 Agustus 1974, Philipe Petit akhirnya mencetak sejarah sebagai satu-satunya orang yang berani menyebrangi menara kembar WTC dengan berjalan diatas tali yang membentang.

 

Benar-benar Memicu Adrenaline

4

Kisah Philippe Petit  sebagai seniman akrobat pertama yang pernah menyebrangi dua puncak dari World Trade Center memang sangat menginspirasi banyak orang. Tak heran jika kisahnya ini banyak diceritakan dalam tulisan hingga diangkat ke layar lebar. Film dokumenter ‘Man on a Wire,’ sebelumnya pernah mengangkat kisah Philippe Petit dengan format dokumenter, dan kali ini diperankan oleh Joseph Gordon Levit, Philippe dihadirkan kembali lewat film The Walk.

3

Berbeda dengan film based on true story kebanyakan, The Walk dikemas dengan nuansa yang lebih artistik. Dibuka dengan narasi monolog yang diucapkan oleh JGL sebagai Philippe, kemudian scene kisah Philippe satu persatu mengisi layar. Kisah Philippe diceritakan mulai dari masa kecil, dimana ia terinspirasi menjadi seniman akrobat hingga saat ia mencapai puncak karirnya secara ilegal dengan menyebrangi WTC menggunakan tali tanpa peralatan pengaman.

Joseph Gordon Levit tentunya begitu mendominasi seluruh adegan dalam film ini. Sang aktor sangat total memainkan karakter seniman asal Perancis tersebut, mulai dari aksen bahasa hingga gerak akrobatik yang dimainkan. Jadi, penampilan JGL patut diacungi jempol karena sang aktor ini berhasil melekatkan kesan sebagai seorang akrobatis profesional.

2

Pendalaman karakter yang dilakukan Levit tak sampai disitu saja. Levit tentunya memiliki tuntutan agar karakter personal dari Philippe juga dimainkan secara sempurna. Cukup sulit Levit harus menunjukan ekspresi  arogan, tempramen, keras kepala, tapi juga berjiwa seni yang tinggi dan sedikit ‘gila’.

Dengan format 3D, visualisasi dari atap langit ini tentunya semakin membuat penonton terkesima, bahkan membuat kita terus menghela nafas panjang. Apalagi saat Philippe mulai berjalan diatas tali diantara dua gedung kembar. Perasaan yang dirasakan oleh tokohvfenomenal tersebut seolah digambar ulang ke dalam pikiran penonton melalui visualisasi yang menakjubkan.

5

Disisi lain, film ini juga lebih banyak membuka pandangan penonton tentang mimpi besar seorang Philippe Petit. Bukannya hanya pandangan yang benar-benar secara visual, bahwa menaklukan ketinggian menjadi hal yang sangat menyenangkan, tapi tentang cara berpikir bagi orang-orang seperti Philippe Petit. Orang-orang yang bahkan tak lagi mempedulikan resiko bahaya dari aksi yang dilakukannya, hanya demi mendapat kepuasan untuk menorehkan sejarah dunia. Semua tergambarkan dalam film The Walk.

Rasanya tak ada kritik untuk film yang satu ini, kecuali saat bagian akhir film. Saya menunggu bagian post-credit  saat tokoh asli Philippe Petit ditampilkan dan itu ternyata sama sekali ditampikan. Secara keseluruhan jika membandingkan dengan tiket bioskop yang perlu anda bayar. Film ini dijamin memuaskan. It’s really a breathtaking movie.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 7 Oktober 2015

Durasi : 123 menit

Sutradara: Robert Zemeckis

Genre: Biographical Drama

Pemain: Joseph Gordon Levit, Ben Kingsley, Charlotte Le Bon, & James Badge Dale

Studio:TriStar Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 18, 2024 - 0

Usia Studio 10 Tahun, Dev. It Takes Two Akan Bagi Info Baru Tahun Ini

Ada banyak kasus dimana bukan visualisasi luar biasa realistis, musik…
April 18, 2024 - 0

2K Punya Pengumuman Terkait Franchise Mafia?

Di tengah barisan game open-world yang tersedia di pasaran saat…
April 18, 2024 - 0

Pocketpair Bangga “Tiruan” Palworld di Pasar Mobile Bermunculan!

Sebuah sensasi, sebuah fenomena, tidak ada lagi kalimat yang sepertinya…
April 17, 2024 - 0

Game Blizzard Akan Kembali ke Pasar China Tahun Ini

Dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia yang berpotensi jadi pasar,…