in: Audio | October 14, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

Review UB+ Eupho: Speaker Mini Unik, Bersuara Apik

Perangkat multimedia portable saat ini bisa dibilang sudah menjadi perangkat yang sangat penting dikarenakan untuk menunjang kebutuhan perangkat utama seperti smartphone, tablet dan laptop sudah menjadi barang wajib yang kebanyakan dibawa pengguna saat ini, baik sebagai alat komunikasi, atau sekedar hiburan. Misalnya ketika bepergian, tak ayal sebuah perangkat pendukung seperti speaker wireless dengan suara berkualitas yang hemat daya tentunya dapat menjadi perangkat yang tak kalah penting dalam membunuh waktu senggang . Tapi seberapa banyak perangkat pendukung seperti speaker portable berkualitas dan mudah dioperasikan serta dapat diandalkan ada dipasaran?

Kebanyakan kita dihadapkan pada dilema dimana suara bagus berkualitas  pastinya berhubungan dengan speaker yang tidak kecil apalagi yang berukuran portable , dimana ukuran dan berat sebuah speaker biasanya adalah faktor utama kualitas suara. Belum lama ini Tim Jagat Review kedatangan sebuah speaker yang sangat unik dan bisa dibilang lain dari biasa, yaitu UB + Eupho. Pabrikannya mengklaim bahwa speaker ini akan menjawab tantangan tersebut, kecil , portable tapi sekaligus mempunyai performa baik disuaranya.

Mungkin pembaca baru mendengar nama ini , UB+ adalah sebuah merk baru asal negara tetangga kita Singapura, Dengan semboyan selalu berinovasi mengutamakan desain berbeda dan mengedepankan  kualitas produk produknya, pabrikan ini siap bersaing di dunia speaker audio berkelas.

Komitmen UB+ akhirnya dibuktikan, biarpun namanya masih baru dalam kancah dunia speaker portable,  UB+ Eupho sudah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dunia akan performanya. Seperti penghargaan Design And Innovation pada ajang bergengsi Computex 2015 dan A’Desain Award serta Singapore Good Design Mark.

Untuk lebih lanjut membahas mengenai speaker tersebut, mari kita mulai dari melihat paket penjualan yang ditawarkan speaker unik ini.

 

IMG_0179
UB+ Eupho hadir dalam dua warna menarik Warm Grey dan Eupho Black

Sepertinya dalam box sederhana tersebut pihak UB+ berusaha memberikan tanda bahwa di dalam box ini pengguna telah membeli sebuah speaker berkualitas, Yang kami sayangkan bahan box dari speaker ini bisa dibilang terlalu sederhana untuk speaker premium seperti ini, tapi kami cukup terkesan melihatnya ketika kami membuka box speaker mungil  ini, pihak UB+ menatanya dengan cukup menarik.

IMG_0184
Ketika speaker diangkat terdapat paket kelengkapan diantaranya Kabel Audio 3.5mm, kabel charger/Digital connector microUSB 3,5mm, Serta sebuah pouch untuk membawa Eupho bepergian.

IMG_0189

Ub1
Kami cermati Jack audio dan bahan kabel dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi, ini merupakan faktor penting perantara audio berkulitas

ub2

Tampil dengan ukuran compact  dengan berat hanya 120gram dan diameter 53mm serta tinggi 76mm membuat speaker jelas mudah dibawa bepergian. Speaker Eupho sendiri dibalut dengan bahan material khusus serupa karet lembut dan yang tentunya nyaman ketika digenggam. Tapi sepertinya tidak banyak speaker yang beredar tampil dengan bahan seperti ini , kami akan membahas lebih dalam lagi tentang hal ini dihalaman selanjutnya

IMG_0195

Sementara bagian atas terdapat gril unik dengan warna dasar Orange, yang nampaknya menjadi ciri khas Eupho. Dan terdapat pula tiga tombol  dengan fungsi berbeda, Tombol tengah berfungsi sebagai  penghubung konektifitas wireless Bluetooth, juga berfungsi sebagai ‘hang call’ ketika perangkat dihubungkan ke smartphone. Sementara tombol “+” dan “-“ sebagai pengatur tingkat volume, suara juga sebagai fungsi mengganti track dari lagu yang diputar. Bedanya pengguna hanya cukup menekan dua kali untuk mengaktifkan fungsi ini. Sepaker wireless ini juga dapat dihubungkan dengan dua perangkat yang mempunyai konektitas Bluetooth sekaligus  tentunya ini  sangat berguna dimana dua user dapat  memainkan lagu bergantian dengan speaker yang sama.

IMG_0205

Dibagian belakang speaker terdapat tiga lubang port konektifitas yaitu port USB charging, Buddy Stereo  dan Analog port, USB port ini juga berfungsi sebagai bagian konektifitas secara digital melalui kabel yang tersedia dalam paket penjualan

IMG_0208

Buddy Stereo berfungsi ketika kita hendak menggunakan dua speaker Eupho secara pair yang tentunya akan menghasilkan suara yang jauh lebih baik dalam hal stereo. sementara Analog port berfungsi jika kita menginginkan konektifitas suara kualitas Analog lewat kabel tanpa Bluetooth, kami nilai UB+ cukup jeli dalam hal ini dimana fungsi ini memberikan opsi ragam pilihan konektifitas baik Bluetooth maupun  konektifitas audio analog/ Digital malalui kabel bagi para penggunanya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES