in: News | November 24, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Bangladesh Blokir Facebook, WhatsApp dan Viber

facebook

Facebook kembali menghadapi pemblokiran setelah sempat terjadi di beberapa negara. Kali ini, Bangladesh yang merupakan negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India, memutuskan untuk memblokir Facebook. Bahkan tidak hanya Facebook, beberapa layanan lain seperti WhatsApp dan Viber juga terkena dampak turut diblokir oleh pemerintah Bangladesh.

Upaya yang dilakukan pemerintah Bangladesh dengan memblokir Facebook, WhatsApp dan Viber adalah untuk mengantisipasi serta mempersempit komunikasi dari para pendukung dari salah satu pemimpin oposisi yang diklaim dapat membuat kericuhan. Pasalnya pemimpin oposisi tersebut telah dijatuhi hukuman mati.

Eksekusi hukuman mati pemimpin oposisi tersebut akan berlangsung pada akhir pekan ini. Namun pemerintah Bangladesh berinisiatif untuk mempercepat dan memerintahkan ISP (Internet Service Provider) untuk segera memblokir Facebook, WhatsApp dan Viber.

Belum diketahui berapa lama proses pemblokiran dilakukan oleh pemerintah setempat. Namun beberapa pengguna melaporkan ada yang masih bisa mengakses Facebook, namun mereka tidak bisa menggunakan layanan Messenger yang dimiliki Facebook.

Namun sayangnya, pemerintah Bangladesh tampaknya tidak memperhatikan secara teliti karena beberapa pengguna masih ada yang bisa mengakses menggunakan VPN. Lain halnya seperti Turki yang sempat memblokir Twitter dan YouTube, yang sekaligus melumpuhkan DNS Google secara total.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES