in: News | November 12, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

der8auer Delit Die Mate, Bikin Delidding Prosesor Makin Mudah

Bagi para pecinta overclocking tentu sudah tidak asing dengan proses Delidding. Proses tersebut merupakan trik membuka cover lid atau tutup dari chip prosesor sehingga pendinginan disaat overclocking bisa lebih maksimal. Akan tetapi trik untuk melepas lid bukan lah sebuah hal yang mudah karena bisa menyebabkan risiko tinggi bagi prosesor tersebut. Bahkan beberapa overclocker enggan melakukan proses tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, Tim JagatOC pernah membahas mengenai proses Delidding. Proses tersebut bisa dianggap cukup rumit dilakukan. Namun sekarang ini, melepas IHS atau lid bukan hal yang sulit dan berisiko lagi dengan menggunakan der8auer Delit Die Mate. Dengan menggunakan alat tersebut, proses Delidding bisa dilakukan dengan mudah dan aman.

delid cover

der8auer Delit Die Mate adalah alat yang diciptakan overclocker ternama der8auer. Beliau terinsiprasi karena pengalamannya yang sering sekali melakukan proses Delidding yang penuh risiko. Alat yang diciptakannya itu sebenarnya cukup sederhana yaitu hanya terdiri dari dua buah Clamp atau penjepit, yang mana bagian tengahnya terdapat wadah untuk menempatkan prosesor yang akan di Delidding.

Delid pic

Setelah dua bagian Clamp atau penjepit dikencangkan dengan 6 baut pengencang, pengguna hanya perlu memutar kunci khusus yang berada di belakang menggunakan kunci L. Setelah beberapa kali putaran, Cover lid prosesor selanjutnya akan terlepas otomatis dan proses Delidding sudah selesai. Semua proses ini hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Mungkin bisa Anda bayangkan proses waktu Delidding manual menggunakan pisau/blade, terlihat sangat jauh berbeda.

delid 3

Delid 4

Bukan hanya itu saja, der8auer Delit Die Mate juga menyertakan lem khusus, dimana lem ini akan berguna buat para pengguna yang ingin menempatkan cover lid kembali pada prosesor dengan mudah. Selain untuk prosesor terbaru Skylake, der8auer Delit Die Mate diklaim juga bisa digunakan pada prosesor Haswell, bahkan Ivy Bridge. Sayangnya sampai berita ini dirilis belum ada info tentang harga dan kapan ketersediaan alat unik ini di pasaran.

Hmm Delidding prosesor? Siapa takut 😀

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES