Direct Release: Datacomm Perkenalkan CLOUDCITI Enterprise Email Service

Reading time:
November 20, 2015

Didukung Zimbra, Produk dari Synacor
Enterprise, Security, dan Local Sebagai Pembeda

JAKARTA, Indonesia, 19 November  2015 – PT. Datacomm Diangraha (Datacomm), perusahaan penyedia layanan teknologi network terdepan untuk berbagai industri di Indonesia, hari ini mengumumkan partnership dengan Zimbra, produk dari Synacor, dan memperkenalkan Cloudciti Enterprise Email Service (CEES), layanan hosting email untuk pasar Indonesia.

“Kami sangat gembira dapat bersama dengan Zimbra yang telah memiliki rekam-jejak yang sudah terbukti dan dipercaya oleh banyak brand global,” kata President Director Datacomm, Tan Wie Tjin. “Bersama Zimbra bisnis di Indonesia mendapat akses ke komunitas open source yang penuh semangat dan gairah.”

“Kami sangat senang menjadi partner Datacomm untuk memperluas jejak kami di Indonesia,” kata Marcus Teo, Regional Vice President and General Manager, Zimbra. “Dengan menjadi partner Datacomm, kami akan menyediakan akses yang lebih besar ke Zimbra, produk dari Synacor, terutama untuk organisasi yang menghargai manfaat solusi kolaborasi yang dibangun di platform terbuka yang luas dan memiliki standar.”

Marcus Teo, Regional Vice President and General Manager, Zimbra(kiri) dan Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business (kanan) saat memperkenalkan layanan Cloudciti Enterprise Email di Jakarta (19/11)
Marcus Teo, Regional Vice President and General Manager, Zimbra(kiri) dan Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business (kanan) saat memperkenalkan layanan Cloudciti Enterprise Email di Jakarta (19/11)

Email Bisnis, Pasar yang Menjanjikan

Menurut Email Statistics Report dari Radicati Group , jumlah akun email bisnis diperkirakan akan tumbuh dengan tingkat rata-rata per tahun sekitar 5% dalam 4 tahun ke depan, dan akan mencapai lebih dari 1.1 miliar pada akhir tahun 2015 (23% dari akun email sedunia).

Laporan Radicati Group juga memperlihatkan pada tahun 2017 jumlah email bisnis yang dikirim dan diterima akan meningkat 7% dari angka pada tahun 2013 (100.5 miliar) menjadi 132.1 miliar dan jumlah email consumer yang dikirim dan diterima per hari akan memperlihatkan penurunan -4% (dari angka pada tahun 2013 yaitu 82.4 miliar) dan diperkirakan menjadi 74.5 miliar. Para pengguna email consumer memilih berbagai aplikasi pengiriman pesan yang lain, seperti mobile IM dan pengiriman pesan yang ada di social network.

Email Bisnis di Indonesia Akan Berkembang

Meski Indonesia, terutama Jakarta, telah diakui sebagai salah satu pengguna social media terbesar dan teraktif di dunia, email tetap memainkan peran penting untuk komunikasi bisnis-ke-bisnis. Mayoritas bisnis di Indonesia menggunakan solusi email yang terlalu mahal dan rumit untuk dikelola atau pada akhirnya mereka memilih untuk menggunakan solusi email level consumer yang umumnya memiliki kekurangan dalam hal security dan  service level aggrement (SLA).

Riset ODIN tahun 2015 dengan judul: “SMB Cloud Insight”  mengungkap keanekaragaman diantara UKM di Indonesia: 80% tidak menggunakan email, 12% menggunaan layanan bebas biaya, 7% menggunakan layanan hosting email dari penyedia layanan, dan 1% menggunakan email di in-house server.

Para responden melihat keuntungan dari email bisnis berbayar dibandingkan layanan bebas biaya adalah: security (89%), fungsi kalendar (72%) dan archiving (48%).

Saat ini, UKM di Indonesia belum menjadi pengguna berat email bisnis tapi akan mengembangkan kemampuan mereka di tahun-tahun mendatang. Riset ODIN 2015 mendapati 30% UKM yang menjadi responden penelitian mereka, berencana untuk menambahkan layanan hosting email berbayar dalam tiga tahun ke depan.

Potensi pasar email bisnis di Indonesia sangat mengesankan karena UKM adalah mayoritas pelaku bisnis di Indonesia dalam hal jumlahnya, tenaga kerja, dan penyumbang penting ke GDP nasional.

Terdapat peluang yang sangat nyata untuk para penyedia layanan, seiring UKM di Indonesia terus melihat nilai bisnis dari layanan email bisnis. Pendorongnya adalah, bisnisnya yang berkembang, meningkatnya kebutuhan terhadap security yang lebih baik, ingin terlihat dan merasa profesional, adanya biaya mahal untuk sistem email yang dikelola sendiri, rendahnya CaPex karena diberikan sebagai as-a-service atau cloud, dan biaya yang terjangkau dengan kebijakan pay-as-you-grow.

Cloudciti Enterprise Email Service (CEES) dari Datacomm

Cloudciti Enterprise Email Service (CEES) adalah layanan email berbasis cloud yang dikelola oleh Datacomm Cloud Business. Dengan jaminan availability 99,9%, adanya credit service dan didukung oleh Zimbra, produk dari Synacor.

Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business mengatakan, “Layanan Cloudciti Enterprise Email Service kami bukan sekedar layanan email biasa tapi memiliki pembeda sebagai keunikan dari filosofi bisnis kami yaitu: Enterprise, dirancang untuk memiliki ketangguhan dan skalabilitas. Secure, produk yang dibuat selalu mengutamakan security untuk menjamin keamanannya terhadap ancaman dari luar dan kebocoran data. Local, berada di infrastruktur data center milik sendiri yang lokasinya berada di Indonesia.”

Manfaat CEES
  • Memiliki alat untuk kolaborasi terintegrasi (email, kalendar, berbagi file dan aktivitas, jaringan sosial dan banyak lagi);
  • Mengganti CaPex dengan Opex;
  • Pay-as-you-grow;
  • Jaminan availability 99,9%;
  • Berada di Pusat Data Enterprise tier-3;
  • 24 x 7 x 365 Support;
  • Dilengkapi dengan antivirus dan antispam
  • Jaminan security untuk data, physical and logically, dengan sertifikasi ISO 27001;
  • 24 x 7 x 365 Security Operation Center.
  • Memiliki kualitas internasional dengan standar ISO 9001 dan ISO 20000
CEES akan mengincar semua industri, terutama organisasi yang membutukan solusi email level-bisnis, ingin mengganti solusi on-premise atau ingin mengurangi biaya pembelian perangkat keras dan mengelola biaya overhead yang berhubungan dengan perangkat keras, ingin menyederhanakan administrasi email, ingin berbagi calendar, kontak dan informasi tugas dengan pengguna yang lain, dan sedang mempertimbangkan strategi adopsi cloud.

Zimbra

Zimba adalah produk dari Synacor yang mendukung kolaborasi di era mobile, menghubungkan manusia dan informasi dengan solusi luas yang menggabungkan teknologi komunikasi era tradisional dan modern. Platform terbuka Zimbra menerapkan fitur security serta integrasi dengan aplikasi security pihak ketiga yang populer. Zimba memiliki pilihan penggunaan yang memiliki skalabilitas dan menjamin kerahasiaan yang penuh untuk organisasi mulai dari UKM hingga ke enterprise besar yang sarat dengan regulasi di industri layanan keuangan. Dibangun di arsitektur terbuka dengan memiliki merek dagang sepenuhnya, Zimbra memberikan integrasi secara lancar dan luas dengan infrastruktur dan solusi yang sudah ada di lingkungan pelanggan serta sejumlah integrasi yang dibangun oleh partner yang sudah ada.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…