in: News | November 23, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Google Ingin Hadirkan Play Store Khusus untuk China

play store

China memang cukup dikenal sangat ketat dalam membatasi masuknya beberapa website dari luar. Bahkan raksasa jejaring sosial Facebook sempat merasakan kesulitan untuk masuk ke negara yang memiliki populasi penduduk paling tinggi di dunia itu.

Namun pada akhirnya pemerintah China mulai mengizinkan Facebook sejak dua tahun lalu. Lalu bagaimana dengan Google? Raksasa internet tersebut tampaknya hingga saat ini masih sangat kesulitan untuk menembus lembaga sensor China yang super ketat untuk menyajikan beragam layanannya seperti Gmail, YouTube, Google Play Store, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, Google dikabarkan siap untuk mencoba peruntungannya untuk menyajikan salah satu layanannya, yaitu Google Play Store mulai tahun depan. Google saat ini tengah menyiapkan Play Store dalam versi khusus dan berbeda yang telah disesuaikan dengan persyaratan sensor dan ketentuan berlaku di negeri tirai bambu itu.

Jika nantinya Play Store khusus tersebut telah disetujui oleh pemerintah China, tentunya hal tersebut akan menjadi yang pertama kalinya bagi Google setelah layanan tersebut tidak bisa hadir di China sejak 5 tahun lalu. Namun jika gagal, Google telah menyiapkan strategi lainnya.

Seperti kita ketahui saat ini, beberapa ponsel ternama asal China seperti Xiaomi, Huawei dan Lenovo memiliki peranan yang cukup baik di pasar smartphone. Namun ponsel-ponsel Android yang selama ini beredar di pasar China memiliki rancangan yang berbeda karena telah diubah agar tidak tergantung dengan layanan Google.

Sumber: Slashgear

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES