in: News | November 28, 2015 | by: Dian Syarifuddin

Google Ingin Hadirkan Project Loon di Amerika Serikat?

project-loon-balloon

Google tampaknya masih berambisi untuk memperluas Project Loon ke berbagai negara. Setelah melakukan ujicoba di Srilanka dalam menghadirkan akses WiFi gratis dengan menerbangkan balon udara ke angkasa, Google dikabarkan tertarik untuk menghadirkannya di rumahnya sendiri, yakni Amerika Serikat.

Rencananya, Project Loon di Amerika Serikat akan dilakukan tahun depan. Saat ini, beberapa persiapan dikabarkan sudah selesai hanya tinggal menunggu keputusan perizinan dari lembaga FCC (Federal Communications Commission) Amerika Serikat.

Bila Google telah mendapatkan persetujuan dari pihak FCC, mereka akan melepaskan balon udaranya yang dilengkapi dengan radio eksperimennya untuk mentransmisikan koneksi WiFi di semua 50 negara bagian Amerika Serikat dan Puerto Rico.

Peluncuran Project Loon di Amerika Serikat tentunya akan dianggap cukup aneh oleh sebagian besar kalangan. Pasalnya, Project Loon yang merupakan mega proyek dari Google X Labs ini hanya ditujukan untuk negara-negara yang memiliki daerah terisolir yang kesulitan memperoleh akses internet.

Namun pihak Google beralasan bahwa peluncuran Project Loon akan memberikan keuntungan signifikan bagi perusahaan yang fokus dalam menyediakan layanan telekomunikasi. Selain di Sri Lanka, Project Loon juga akan turut hadir di Tanah Air dengan menggandeng salah satu perusahaan telekomunikasi Xl Axiata Tbk dan akan segera diluncurkan tahun depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES