in: Gadget - News | November 13, 2015 | by: Irham

Hands-On Smartfren Andromax Q

Kali ini kami kedatangan produk terbaru dari smartfren yaitu Andromax Q. Ini merupakan perangkat smartphone kelas entry-level yang ditawarkan smartfren untuk menjangkau para pengguna baru layanan 4G LTE. Produk ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu 1,299 juta rupiah.

1

Dibawah ini kami akan memberikan review singkat tentang produk tersebut.  Kami akan menguji kemampuan perangkat terutama untuk konektivtas LTE yang menjadi unggulan dari produk ini.

Desain & Paket Penjualan

Andromax Q merupakan perangkat yang diproduksi oleh Haier. Soal desain, Andromax Q terbilang sangat simpel. Memiliki body dengan materail plastik dengan ukuran dimensi keseluruhan yaitu 35*66.5*10.2mm. Beratnya sekitar 165g, cukup kokoh dalam genggaman, tidak ringan yang biasanya diidentikan dengan kesan murahan.

5 6

Tombol power terletak disebelah kanan dan tombol volume di sebelah kiri. Slot microUSB terletak di bagian bawah perangkat, sedangkan slot jack earphone berukuran 3,5mm terletak di bagian atas. Speaker handsfree berada di bagian belakang perangkat.

Dalam paket penjualannya, Andromax Q disertakan dengan Charger Adapter, kabel USB, earphone, serta buku petunjuk dan kartu garansi.

Spesifikasi

Andromax Q memiliki spesifikasi yang bisa dibilang cukup sesuai dengan kelasnya. Diantaranya menggunakan chipset Snapdragon 410 Quad-Core 1,2 GHz, RAM 1GB, dan memori internal 8 GB.  Andromax Q menggunakan layar berukuran 4.5 inci FWVGA disertai fitur kamera diantaranya 5MP +lampu flash untuk kamera belakang dan 2 MP untuk kamera depan. Andromax Q berjalan menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Cyanogen Mod.

10

Untuk konektivitas, Andromax Q dibekali dengan dual sim-card , salah satunya 4G LTE dan satu lagi GSM.Untuk slot 4G menggunakan sim-card Micro, sedangkan GSM menggunakan sim-card standar.  Andromax Q mendukung frekuensi band diantaranya CDMA 20001x EVDO Rev A 800 MHz, GSM 900 & 1800 & 1900 MHz, LTE TDD 2300MHz, LTE FDD 800 & 850 & 1800 & 2600MHz. Urusan baterai, Andromax Q menggunakan baterai dengan kapasitas 2000mAh.

Kamera

Berikut ini adalah hasil jepretan gambar dari kamera belakang dengan sensor 5 MP dari Andromax Q. Kualitas gambarnya terbilang standar, terutama untuk warna terlihat kurang kaya. Tapi proses pengambilan gambar cukup cepat.

8

Sedangkan ini adalah hasil jepretan gambar menggunakan kamera depan. Bagusnya, kamera depan memiliki angle yang cukup luas sehingga nyaman saat digunakan untuk selfie. Untuk kualitasnya juga memang tak mewah.

9

Konektivitas

Ini adalah keunggulan utama dari perangkat Andromax Q, yaitu konektivitas menggunakan teknologi jaringan 4G LTE. Kami melakukan uji kecepatan dari jaringan 4G LTE saat berada di dalam kantor Jagatreview. Hasilnya pun bisa anda lihat dengan rata-rata kecepatan seperti dibawah ini.

7
Hasil speedtest di ruangan (kantor Jagatreview)

Kami juga melakukan pengujian di tempat lain dan rupanya hasilnya menunjukan rata-rata kecepatan yang berbeda.

Screenshot_2015-11-12-18-22-15
Speedtest AreaSenayan
Screenshot_2015-11-11-16-04-25
Speedtest Area Bogor

Dari hasil rata-rata kecepatan yang diambil, memperlihatkan bahwa jaringan smartfren 4G LTE memiliki variasi tergantung lokasi pengguna. Namun tetap dapat optimal digunakan terutama untuk kebutuhan smartphone, dengan kecepatan minimal 2Mbps pun  kita sudah bisa melakukan banyak aktivitas seperti browsing, streaming hingga download. Dan yang paling utama adalah memiliki cakupan yang luas.

Benchmark

Screenshot_2015-11-13-14-57-06 Screenshot_2015-11-13-14-57-12

Disini kami menggunakan AnTuTu Benchmark untuk menguji RAM, CPU, GPU, dan Storage yang ada, termasuk SD Card bawaan. Dan hasil akhirnya bisa anda lihat seperti yang ditampilkan dibawah, Andromax berhasil menyentuh angka 22477. Angka yang cukup besar untuk jika dilihat dari harga yang tawarkan.

Kesimpulan

4

Perangkat ini memiliki desain kokoh dengan fitur yang juga cukup lengkap apalagi untuk pengguna internet savvy. Perangkat ini cukup mumpuni untuk menjawab kebutuhan pengguna akan teknologi smartphone dengan jaringan 4GLTE.

Namun sepertinya pengguna perlu membawa perangkat powerbank untuk berjaga-jaga jika daya pada perangkat kehabisan dijalan. Dengan jaringan 4G LTE, sepertinya baterai dengan kapasitas 2000mAh masih kurang cukup untuk penggunaan smartphone seharian. Smartfren juga menawarkan Andromax Q secara bundling dengan paket True Unlimited dengan harga perbulan 75ribu. Paket unlimited tidak terbatas kuota, sehingga pengguna tak perlu khawatir kuota cepat habis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES