in: News | November 4, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Microsoft Tidak Lagi Berikan Kapasitas Tak Terbatas di OneDrive

Microsoft baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memberikan batas kapasitas 1 TB untuk OneDrive pengguna Office 365. Batas baru ini tentu saja langsung membatalkan apa yang dijanjikan Microsoft beberapa waktu lalu terkait kapasitas tak terbatas di OneDrive yang bisa didapatkan oleh pengguna Office 365. Microsoft sendiri menyebutkan mereka terpaksa melakukan pembatasan kapasitas ini.

onedrive

Berdasarkan post resmi dari tim OneDrive, pembatasan ini dilakukan karena ada pengguna yang mendapatkan akses gratis penyimpanan tidak terbatas yang memanfaatkan layanan tersebut secara semena-mena. Disebutkan, ada pengguna yang bahkan menyimpan file hingga 75 TB di layanan Microsoft tersebut. Angka tersebut merepresentasikan 14 ribu kali lipat kapasitas yang digunakan oleh pengguna normal.

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk semua pengguna layanan OneDrive, Microsoft terpaksa mengeluarkan kebijakan yang menghambat penggunaan secara semena-mena tersebut. Kini, untuk pelanggan Office 365 Home, Personal, atau University yang biasa mendapatkan OneDrive “tidak terbatas” harus siap menerima bonus hanya 1 TB saja selama paket mereka aktif. Microsoft menegaskan bahwa OneDrive sendiri lebih ditujukan untuk kepentingan produktivitas, bukan untuk backup semua jenis data milik pengguna.

Kebijakan ini sendiri disebut akan mulai dijalankan di awal tahun 2016 mendatang. Selain pembatasan penyimpanan gratis dari Office 365 ke hanya 1 TB, Microsoft juga menghapus paket 100 GB dan 200 GB yang ditawarkan, dan menggantinya dengan 50 GB dengan biaya $1.99 per bulan. Storage gratis untuk pengguna OneDrive juga diperkecil hingga 5 GB, dari semula 15 GB.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES