in: News | November 4, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

NASA Rilis Video Aktifitas Matahari di Resolusi 4K

Baru-baru ini badan Antariksa Nasional Amerika Serikat atau yang lebih dikenal dengan nama NASA, merilis video yang cukup mengagumkan dari aktivitas Matahari. Video yang dirilis dengan durasi 30 menit ini diambil dengan Solar Observator NASA yang diluncurkan pada 2010 lalu.

Isun
“Observator kami mengambil gambar dari 10 sudut berbeda. Setiap sudut juga memperlihatkan temperature yang berbeda dari Matahari” , begitu ujar perwakilan NASA yang menerangkan dalam videonya. Video yang diambil pada resolusi tinggi 4K ini memberikan penjelasan detail secara langsung bagaimana Matahari yang kenyataannya memang berupa bola gas sangat panas. Setap detik terjadi ledakan dan letupan dari bola gas raksasa ini, sementara panas pada permukaannya sendiri bisa melebihi radiasi nuklir. Yang tidak bisa dipungkiri adalah bola gas panas ini sangat berpengaruh besar pada kehidupan bumi dan manusia.

Isun 3
Video ini ternyata banyak mendapat perhatian banyak kalangan dan banyak yang terpesona melihatnya. Hasil video ini diketahui dikerjakan dengan melibatkan 10 media yang biasa berkecimpung dalam science dan teknologi yang mana di dalam video ini setiap menitnya dikerjakan dalam waktu 10 jam. Jadi tidak heran bila total pembuatan video ini memakan waktu hingga 300 jam dan menghasilkan sebuah video science yang sangat memukau mata.

Penelitian ini dimaksudkan agar di era teknologi seperti sekarang ini, proses pengambilan gambar yang semakin maju, peneliti diharapkan dapat mengkaji ulang sifat dari matahari yang tentunya dapat membantu kehidupan di Bumi lebih baik lagi. Lembaga antariksa asal negeri Paman Sam ini juga berhasil mengambil gambar dari planet Pluto. Gambar yang dihasilkan dengan teknologi tinggi tersebut juga berhasil membuat para peneliti lebih memahami Pluto dari sebelumnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES