in: Notebook / Laptop | November 7, 2015 | by: Bimanto

Preview Intel Core i7-6700 pada Asus G11

Beberapa waktu lalu, saat menghadiri acara Asus untuk perkenalan beberapa perangkat Republic of Gaming terbaru mereka, kami menjumpai salah satu desktop ROG, Asus G11, yang telah menggunakan prosesor terbaru dari Intel, Core i generasi ke-6 Skylake. Pertama kali kami melihat penampakan desktop ROG ini adalah ketika kami menghadiri perhelaan akbar Computex 2015 lalu. Tidak banyak yang dapat kami korek dari desktop ini ketika kami pertama kali melihatnya, pihak Asus lebih memilih diam karena Intel Skylake pada saat itu masih belum diluncurkan. Nah, baru di acara ROG beberapa waktu lalu, kami bisa mendapatkan lebih banyak info dari produk yang satu ini.

Jpeg

Asus G11

Asus G11 sendiri ditujukan untuk pasar gamer yang memerlukan sebuah PC desktop branded dengan kemampuan cukup mumpuni untuk bermain game 3D terkini dengan baik. Dimensi dari Asus G11 cukup ringkas, tidak terlalu besar, sehingga tidak akan menghabiskan tempat. Casing yang digunakan juga memiliki desain menawan dengan lampu LED di bagian depannya yang dapat Anda atur warnanya. Asus G11 telah menggunakan prosesor Intel Skylake dengan dukungan memori DDR4 16GB dan masih dapat Anda tingkatkan bila Anda merasa masih kurang. Untuk sistem storage, Asus menanamkan hard disk 2 TB dengan graphics NVIDIA GeForce GTX 960.

Kami tidak akan membahas terlalu jauh untuk spesifikasi yang tertanam di dalamnya, tetapi kami akan memperlihatkan kinerja dari Intel Core i7 6700 yang tertanam di dalamnya. Ya, kami sempat melakukan tes pada saat acara berlangsung! Kami hanya dapat melakukan tes dengan menggunakan Cinebench 11.5 dan Cinebench R15 pada saat itu. Namun, kami rasa ini cukup dapat mewakili kinerja dari CPU dari PC tersebut.

CPU-Z

cpuz CPU

 

cpuz memory

Seperti terlihat di atas, Intel Core i7 6700 memiliki cache 8MB dan menggunakan fabrikasi 14nm dengan TDP 65 Watt. Prosesor ini mempunyai kecepatan 3.4 GHz dan berkat adanya Turbo Boost kecepatannya dapat meningkat menjadi 4GHz bilamana menjalankan aplikasi yang meminta kinerja tinggi. Selain itu, prosesor ini mempunyai 4 core dan dilengkapi dengan Hyper Threading sehingga mempunyai total 8 thread dengan graphics on prosesor Intel HD Graphics 530. Pada bagian memori, ASus G11 ini telah menggunakan memory DDR4 dual channel untuk dapat memberikan bandwith memory yang tinggi yang untuk mengimbangi kinerja dari prosesor Intel Skylake.

Hasil Uji on The Spot

Cinebench R15 dan Cinebench R11.5

CINEBENCH_11.529 CINEBENCH_R15

Kesimpulan Sementara

Dari hasil yang kami dapat dari benchmark dengan menggunakan Cinebench R11.5 dan R15 terlihat bahwa kinerja dari Intel core i7 6700 sangat dekat sekali dengan benchmark yang kami dapatkan dari tes sebelumnya untuk prosesor Intel Core i7 6700K yang mendapatkan score 9.73 pada Cinebench R11.5 dan score 887 pada cinebench R15. Perbedaan angka ini dikarenakan clock atau kecepatan prosesor yang berbeda, Prosesor Intel i7 6700K menggunakan clock 4 GHz.

Kinerja yang ditampilkan pada Asus G11 adalah kurang lebih menunjukkan kinerja sebenarnya dari desktop ini. Namun. versi yang diperlihatkan pada kami adalah versi demo, sehingga kami rasa Asus masih dapat meningkatkan kinerja dari desktop gamingnya lebih baik dengan melakukan tunning pada BIOS dan memperbaiki driver, sehingga kinerja yang diberikan akan lebih baik mulai dijual nanti. Hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi Asus untuk menyempurnakan desktop gamingnya sebelum siap dilempar ke pasaran sehingga dapat menjadi sebuah mesih gaming yang mempunyai tenaga yang mumpuni untuk menjalankan game 3D terkini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES