Review Jabra Evolve 40ms Stereo

Author
Irham
Reading time:
November 30, 2015

Kali ini tim Jagat Review kembali kehadiran produk headphone dari Jabra, yaitu Jabra Evolve 40ms Stereo. Produsen headphone yang satu ini memang terkenal menghadirkan produk-produk headset untuk kebutuhan komunikasi. Dan seri Evolve merupakan seri headphone ‘Bussiness’ yang dimiliki oleh Jabra.

2

Namun untuk yang satu ini, Jabra memberikan desain communication headphone yang cocok untuk digunakan disegala device maupun kebutuhan.  Sehingga headphone ini bisa anda kenakan di sela kesibukan pengguna, tak melulu berkutat di ruang kerja. Tapi seperti apa kemampuan headphone yang satu ini, berikut ulasannya.

Desain

5 4

Produk headphone on-ear milik Jabra yang satu ini terbilang hybrid karena penggunaanya bisa untuk kebutuhan komunikasi, bisa juga untuk kebutuhan audio kasual untuk menemani  pengguna dalam segala aktivitas dimana pun berada.

Desainnya simpel namun juga terlihat modern dengan paduan warna merah dan hitam. Juga memiliki bantalan headphone yang tebal sehingga begitu nyaman digunakan. Housing headphone berbentuk bulat dan berdesain putar (Setengah lingkaran) yang ditujukan untuk memudahkan posisinya saat berada ditelinga pengguna maupun saat tidak digunakan(disimpan).

Headband pada headphone ini berbahan plastik, dengan bagian bawahnya berlapis karet tipis. Headband ini menyangga perangkat headphone untuk posisi yang optimal dikepala pengguna, tidak begitu mencengkram dengan kuat sehingga tidak melelahkan saat dikenakan, karena tidak menekan telinga secara berlebihan. Namun ini membuatnya sedikit goyah  saat dikenakan.

8

Pada headphone ini tidak diberi tanda untuk kita bisa mengentahui mana driver sebelah kanan dan mana sebelah kiri. Sehingga saya perlu membandingkannya dengan earphone lain untuk bisa mengetahuinya, hasilnya bahwa driver sebelah kanan adalah yang memiliki komponen microphone, sedangka driver bagian kiri ada di posisi yang lain. Saya telah menguji setidaknya tiga headphone Jabra, dan sepertinya telah menjadi ciri khas dari Jabra untuk meletakan microphone di sebelah kanan.

Microphone bisa diputar hingga 300 derajat. Karena perangkat headphone ini memiliki bentuk housing yang bulat dan simetris, jadi pengguna bisa mengenakan microphone sesuai keinginan mereka. Anda bisa mengenakan headphone dengan posisi microphone di sebelah  kanan maupun kiri. Selain itu bridge microphone juga bisa ditekuk, karena bahannya berlapis karet dengan kawat elastis di dalamnya.

7

Pada bagian headband juga terdapat slot magnet untuk merekatkan microphone saat tidak digunakan. Jadinya terasa lebih rapih. Selain itu, tentunya headband juga bisa diatur panjangnya menyesuaikan bentuk kepala pengguna.

Kabel sepanjang kurang lebih 1,5 meter berbentuk silinder dan berwarna merah sepertinya juga telah menjadi ciri khas Jabra untuk produk seri Evolve mereka. Bentuk kabel silinder (bulat) sendiri dipilih agar getaran kabel tidak merambat ke microphone ataupun ke telinga pengguna yang tentunya akan menggangu kenyamanan pengguna. Tapi bentuk kabel silinder (bulat) biasanya lebih mudah kusut jika dibandingkan dengan kabel pipih.

6

 

1

Using Experience

Untuk kualitas suara, Jabra Evolve 40ms memiliki karakter yang cukup khas dari Jabra, yaitu dengan pressure yang terasa kuat di frekuensi tinggi, dan kesan bass yang punchy namun tak terlalu mendalam. Terutama karena desain Evolve 40ms dengan model on-ear,  suara yang dihasilkan lebih menekan ke dalam telinga pengguna.

Namun disamping itu soundstagingnya menjadi lebih minim jika dibandingkan dengan Evolve 80 yang notabene adalah headphone dengan desain over-ear. Meski demikian, headphone ini cukup asik untuk mendengarkan musik jenis apapun. Namun sepertinya headphone yang satu ini memang tidak memberikan prioritas khusus bagi pengguna Audiophile, sehingga tingkat kejernihan suaranya juga masih terbatas.
9

Perangkat ini juga dilengkapi terminal adapter ’Jabra Evolve Link’ (intuitive-control unit), yang dijual terpisah untuk fungsi khusus sebagai headphone komunikasi. Yaitu untuk mengaktifkan komponen microhone pada perangkat dan menghubungkan dengan komputer. Tanpa menggunakan alat ini, headphone yang berfungsi untuk mendengarkan suara saja. Namun saat menggunakan adapter tambahan ini, suaranya pun jadi jauh lebih powerful. Terutama untuk frekuensi tinggi, menjadi lebih kaya jika dibandingkan saat penggunaan tanpa menggunakan adapter komunikasi.

Kami menguji fitur komunikasi ini dengan melakukan panggilan suara menggunakan platform pesan chat seperti Facebook dan juga Skype. Fitur lain yang dimiliki oleh Jabra Evolve 40ms, perangkat ini juga dilengkapi teknologi Noise Cancelation, yaitu fitur yang membantu untuk memblokir suara noise yang muncul dari latar belakang, terutama saat digunakan untuk berkomunikasi. Dengan Noise Cancelation, secara otomatis, suara bising dari luar akan menjadi senyap saat menggunakan headset tersebut. Sehingga saat berkomunikasi, pengguna bisa lebih fokus mendengarakan percakapan.

10

Fitur Noise Cancelation yang dimiliki Jabra Evolve 40ms  adalah jenis pasif. Teknologi Noise Cancelation seperti ini tidak membutuhkan tenaga tambahan melalui baterai. Berbeda dengan jenis Active Noise Cancelation, yang membutuhkan tenaga tambahan, jadi headphone biasanya memiliki baterai dan perlu untuk dicharge. Noise Cancelation  pada perangkat headphone ini berfungsi dengan cukup baik, namun untuk pemblokiran suara bising dari luar, teknologi Noise Cancelation yang pasif memang tidak sesempuna jika dibandingkan dengan Active Noise Cancelation seperti pada Jabra Evolve 80. Kelebihannya sendiri yaitu pengguna tak perlu repot-repot mengisi daya perangkat headphone.

Secara keseluruhan perangkat headphone ini memang lebih optimal digunakan untuk perangkat PC, tetapi untuk kebutuhan headphone pada smartphone maupun gadget lain, Jabra Evolve juga tetap praktis digunakan.

Kesimpulan

3

Jabra Evolve 40ms menawarkan headphone dengan model on-ear yang simpel untuk semua kebutuhan, namun tetap fokus pada prioritas sebagai headphone komunikasi. Untuk optimalisasi penggunaan dalam kebutuhan komunikasi, tentunya pengguna perlu perangkat tambahan yaitu Jabra Evolve Link.

Desainnya yang lebih compact, membuat perangkat ini lebih mudah dibawa kemana-mana  dibanding seri lain dari Jabra Evolve. Namun untuk kualitas suara, Jabra Evolve 40ms memang belum mengakomodir kebutuhan para audiophile. Tapi secara keseluruhan, kualitas Jabra Evolve termasuk mumpuni untuk kelas communication-headphone.

Jabra Evolve 40 telah tersedia di tanah air dengan kisaran harga 139 USD.

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…