in: News | November 20, 2015 | by: Yufianto Gunawan

SSD Super Kencang Intel Akan Hadir Dulu di Desktop Kelas Enthusiast

Sejak beberapa bulan lalu, Intel telah memperkenalkan teknologi memori terbaru yang disebut sebagai 3D XPoint. 3D XPoint ini sendiri akan hadir dalam produk RAM dan SSD untuk berbagai segmen, baik untuk kelas server, data center, dan workstation hingga untuk komputer pribadi. Dalam perkembangan terbarunya, Intel menyebutkan bahwa SSD Optane ternyata akan hadir terlebih dahulu di PC desktop kelas enthusiast!

Intel-Optane

Adalah Kirk Skaugen, salah satu petinggi Intel, yang mengumumkan kabar menarik ini. Berdasarkan apa yang disampaikan Skaugen, SSD Optane, bersama dengan DIMM berbasis teknologi yang sama, akan hadir di PC kelas enthusiast dan server di tahun 2016 nanti. Setelah itu, teknologi ini baru ini akan menuju PC desktop mainstream dan perangkat mobile.

Segmen PC kelas enthusiast tampaknya dipilih oleh Intel sebagai jalan masuk Optane ke dunia PC karena konsumen di segmen ini, seperti gamer dan performance tuner, tampak sangat menyukai hal-hal baru yang membawa perubahan signifikan di PC mereka. SSD Optane sendiri akan membawa kecepatan yang lebih tinggi yang ditawarkan SSD saat ini, dan pastinya memiliki imbas yang besar untuk berbagai hal. Tentunya, Intel sangat berharap pengalaman baru yang didapatkan oleh konsumen di segmen ini akan mempengaruhi segmen pengguna lain sehingga mendorong adopsi SSD Optane.

Intel sendiri telah mendemokan SSD Optane, bersama modul DIMM dengan teknologi serupa, sejak beberapa waktu lalu. Namun, Intel masih belum bisa menyebutkan secara pasti kapan produk-produk tersebut akan hadir di pasar. Bisa jadi, Intel masih membutuhkan sedikit waktu lagi untuk mematangkan teknologi ini sebelum menjangkau pasar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES