in: Audio | November 11, 2015 | by: Irham

Review XOX ES102: Online Singing Device


 3

Di era yang serba praktis seperti saat ini, hampir semua konten hiburan bisa kita nikmati secara online. Tak terkecuali hiburan musik seperti berkaraoke.  Konten-konten musik bisa tersedia secara bebas di Youtube dan berbagai platform lainnya. Bahkan tak cuma sekedar penikmat konten, semua orang kini bisa menjadi kreator dari konten-konten hiburan online itu sendiri.

Shenzen XOX Electronics Co. ,ltd merupakan brand manufaktur asal tiongkok yang menawarkan device audio untuk kebutuhan online singing dan juga online broadcasting. Kali ini kami kedatangan beberapa produk dari  XOX, salah satunya yang akan kami bahas dibawah ini yaitu XOX ES102. Ini adalah soundcard audio yang didesain untuk kebutuhan hobi bernyanyi dengan fitur-fitur karaoke paling praktis. Dengan perangkat ini, kita bisa melakukan aktivitas  karaoke tanpa mesti pergi ke tempat khusus karaoke. Dirumah pun, anda bisa melakukan karaoke sesuka hati, hanya dengan menggunakan laptop/PC anda.  Untuk lebih jelasnya simak review ES102 berikut ini.

Desain dan paket penjualan

XOX ES102 adalah USB soundcard yang diperuntukan sebagai perangkat kebutuhan hobi bernyanyi atau pun sebagai perangkat online broadcasting. XOX ES102 memiliki desain bentuk terbilang sangat simple. Ukurannya sekitar 5 inci, memiliki material body yang terbuat dari plastik untuk seluruh perangkat. Ini membuatnya sangat ringan dan bisa dibawa kemana-mana.

4

Pada perangkat ini terdapat berbagai panel slot diantaranya dua lubang jack mic dengan ukuran 3,5 mm dan 6,35 dan juga input mobile. Selain itu terdapat pula ground terminal (untuk mengatasi noise apabila terjadi pada jalur koneksi ke PC), slot USB, dan output yang terbagi menjadi tiga yaitu line out, earphone dan headphone.

Berbeda dengan perangkat perangkat soundcard profesional lain, XOX ES102 tidak membutuhkan power supply tambahan. Semua hanya diperlukan koneksi USB yang terhubung dengan komputer. Di bagian atas terdapat lampu indikator dengan bentuk logo XOX, dimana lampu juga menyala apabila perangkat terhubung dengan komputer.

5

Di dalam paket penjualannya, XOX ES 102 menyertakan pula dengan buku petunjuk, kartu garansi, kabel USB am serta kabel jack 3,5 mm untuk penghubung ke perangkat smartphone, komputer maupun tablet.

2

 

Using Experience

Penggunaan ES102 sangat praktis. Perangkat yang diperlukan tentu saja PC/laptop, serta perlengkapan audio lain seperti mic dan speaker.

Terlebih dahulu anda perlu menginstal aplikasi driver yang tersedia di xoxchina.com. Setelah berhasil diunduh, instal driver tersebut pada pc anda. Cara menginstallnya juga sangat simpel, Anda cukup mengikuti petunjuk yang muncul saat mulai menginstal driver seperti lokasi penginstalan dan lain-lain.

Pada aplikasi yang diinstal ini, tak hanya sebagai driver penguhubung perangkat ke PC karena disana terdapat semua fitur penting untuk perangkat. Seperti pengaturan volume musik, efek suara dan lain sebagainya.

6

Setelah terinstal, maka shortcut aplikasi akan muncul pada tampilan desktop. Anda tinggal membuka aplikasi untuk bisa langsung menggunakan perangkat ini. Colok jack mic dan speaker pada slot yang tersedia, secara otomatis mic akan langsung mengeluarkan suara.  Berbeda dengan soundcard kebanyakan yang harus terhubung menggunakan

Fitur yang terdapat pada aplikasi driver XOX ES102 yaitu pengaturan volume input untuk microphone dan juga volume output. Baik putput melalui lineout(speaker), maupun earphone. Namun secara keseluruhan aplikasi ini lebih banyak menawarkan jenis effect vokal yang berbeda untuk kepuasan pengguna saat menyanyi.

Terdapat effect vocal diantaranya untuk mode standar (Primary Mode)  yaitu KTV reverb, Studio Reverb, Hall Reverb, R&B, MC-Ver1, MC-Ver-2, Monster, Micro Electronic, dan Robot. Semua bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Untuk tambahan effect vokal lain, pengguna bisa mengunduhnya pada mode Advance.

9

Aplikasi driver XOX ES 102 juga terhubung dengan ASIO driver. Sehingga untuk pengaturan sample rate, buffer size, dan latency juga melalui ASIO.

Yang perlu dicermati dari Aplikasi driver XOX ES 102, bahwa aplikasi ini berjalan background. Artinya apabila anda membuka jendela aplikasi lain, seperti browser, media player atau explorer, aplikasi tetap berjalan. Sehingga anda bisa mencari konten melalui youtube lewat browser, atau file media yang tersimpan di PC , dan aplikasi driver tetap berjalan.

Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada video berikut:

Selain itu kami juga menjajal kemampuan produk untuk kebutuhan online broadcasting. Kami mencoba melakukan online broadcast melalui YouTube Live Streaming. Pertama-tama kami melakukan setup live streaming menggunakan aplikasi Xsplit Braodcaster. Setelah terhubung dengan akun channel YouTube, selanjutnya adalah pengaturan pada aplikasi Xsplit Broadcaster, dimana input dan outbut suara, semuanya diubah ke pilihan device ‘XOX ES102 plus ASIO’. Untuk langkah-langakah setup Live Streaming YouTube bisa anda buka di sini.

7

Kemudian kami memulai live streaming YouTube. Kami mencoba memutar musik dan serta menyanyikan lagu menggunakan microphone. Untuk suara, live streaming berjalan lancar dan kualitas suaranya juga terdengar jelas. Sayangnya untuk gambar mengalami delay hingga sekitar 5 detik. Tapi ini bukan terjadi karena masalah pada perangkat, melainkan koneksi internet yang tidak stabil.

Sedangkan untuk mode perekaman, baik device dan aplikasi ES 102 masih terbilang tidak begitu optimal. Kami mencoba mode perekaman, namun suara input yang masuk dalam file perekaman hanyalah input dari microphone saja. Sementara input suara musik dari media player tidak ikut terekam. Sehingga bagi pengguna yang ingin melakukan rekaman musik menggunakan device XOX ES102 harus membuka aplikasi DAW lain seperti nuendo atau cubase. Tapi ini cukup dimaklumi, karena ES102 bisa sebagai kategori  soundcard praktis untuk karaoke. Karena XOX juga menawarkan beberapa produk lain seperti XOX KS105 yang lebih optimal untuk kebutuhan lain seperti yang kami sebutkan diatas.

Kesimpulan:

1

Perangkat ini sangat praktis digunakan untuk kebutuhan hiburan. Tidak membutuhkan banyak pengaturan koneksi seperti soundcard profesional kebanyakan, XOX ES102 juga memiliki diriver serta aplikasi yang mudah dioperasikan.

8

Selain untuk kebutuhan hiburan musik, soundcard ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Contohnya untuk memutar film atau bahkan sebagai keperluan sound system saat sedang meeting dan gathering. Anda tak perlu lagi repot-repot memasang amplifier dan perangkat audio lain. Cukup dengan laptop, microphone dan speaker. Apalagi jika melakukan gathering di area outdoor, membawa perangkat speaker akan jadi merepotkan. Harga perangkat ini berkisar 500 ribuan.

Spec Key:

  • Channels:2 inputs (3,5mm & 6,35mm), 3 outputs
  • Playback: 24bit/48kHz, 103dB peak SNR (Signal-to-noise)
  • Record: 24bit/48kHz, 95dB peak SNR
  • Power Consumption: 1.5W
  • THD (Total Harmonic Distortion, at 0dBFS), Music: 0.005, Record: 0.1
  • Dimensions: 130mmx86mmx28mm
  • Net weight: 140g
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES