Review XOX ES102: Online Singing Device

Author
Irham
Reading time:
November 11, 2015


 3

Di era yang serba praktis seperti saat ini, hampir semua konten hiburan bisa kita nikmati secara online. Tak terkecuali hiburan musik seperti berkaraoke.  Konten-konten musik bisa tersedia secara bebas di Youtube dan berbagai platform lainnya. Bahkan tak cuma sekedar penikmat konten, semua orang kini bisa menjadi kreator dari konten-konten hiburan online itu sendiri.

Shenzen XOX Electronics Co. ,ltd merupakan brand manufaktur asal tiongkok yang menawarkan device audio untuk kebutuhan online singing dan juga online broadcasting. Kali ini kami kedatangan beberapa produk dari  XOX, salah satunya yang akan kami bahas dibawah ini yaitu XOX ES102. Ini adalah soundcard audio yang didesain untuk kebutuhan hobi bernyanyi dengan fitur-fitur karaoke paling praktis. Dengan perangkat ini, kita bisa melakukan aktivitas  karaoke tanpa mesti pergi ke tempat khusus karaoke. Dirumah pun, anda bisa melakukan karaoke sesuka hati, hanya dengan menggunakan laptop/PC anda.  Untuk lebih jelasnya simak review ES102 berikut ini.

Desain dan paket penjualan

XOX ES102 adalah USB soundcard yang diperuntukan sebagai perangkat kebutuhan hobi bernyanyi atau pun sebagai perangkat online broadcasting. XOX ES102 memiliki desain bentuk terbilang sangat simple. Ukurannya sekitar 5 inci, memiliki material body yang terbuat dari plastik untuk seluruh perangkat. Ini membuatnya sangat ringan dan bisa dibawa kemana-mana.

4

Pada perangkat ini terdapat berbagai panel slot diantaranya dua lubang jack mic dengan ukuran 3,5 mm dan 6,35 dan juga input mobile. Selain itu terdapat pula ground terminal (untuk mengatasi noise apabila terjadi pada jalur koneksi ke PC), slot USB, dan output yang terbagi menjadi tiga yaitu line out, earphone dan headphone.

Berbeda dengan perangkat perangkat soundcard profesional lain, XOX ES102 tidak membutuhkan power supply tambahan. Semua hanya diperlukan koneksi USB yang terhubung dengan komputer. Di bagian atas terdapat lampu indikator dengan bentuk logo XOX, dimana lampu juga menyala apabila perangkat terhubung dengan komputer.

5

Di dalam paket penjualannya, XOX ES 102 menyertakan pula dengan buku petunjuk, kartu garansi, kabel USB am serta kabel jack 3,5 mm untuk penghubung ke perangkat smartphone, komputer maupun tablet.

2

 

Using Experience

Penggunaan ES102 sangat praktis. Perangkat yang diperlukan tentu saja PC/laptop, serta perlengkapan audio lain seperti mic dan speaker.

Terlebih dahulu anda perlu menginstal aplikasi driver yang tersedia di xoxchina.com. Setelah berhasil diunduh, instal driver tersebut pada pc anda. Cara menginstallnya juga sangat simpel, Anda cukup mengikuti petunjuk yang muncul saat mulai menginstal driver seperti lokasi penginstalan dan lain-lain.

Pada aplikasi yang diinstal ini, tak hanya sebagai driver penguhubung perangkat ke PC karena disana terdapat semua fitur penting untuk perangkat. Seperti pengaturan volume musik, efek suara dan lain sebagainya.

6

Setelah terinstal, maka shortcut aplikasi akan muncul pada tampilan desktop. Anda tinggal membuka aplikasi untuk bisa langsung menggunakan perangkat ini. Colok jack mic dan speaker pada slot yang tersedia, secara otomatis mic akan langsung mengeluarkan suara.  Berbeda dengan soundcard kebanyakan yang harus terhubung menggunakan

Fitur yang terdapat pada aplikasi driver XOX ES102 yaitu pengaturan volume input untuk microphone dan juga volume output. Baik putput melalui lineout(speaker), maupun earphone. Namun secara keseluruhan aplikasi ini lebih banyak menawarkan jenis effect vokal yang berbeda untuk kepuasan pengguna saat menyanyi.

Terdapat effect vocal diantaranya untuk mode standar (Primary Mode)  yaitu KTV reverb, Studio Reverb, Hall Reverb, R&B, MC-Ver1, MC-Ver-2, Monster, Micro Electronic, dan Robot. Semua bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan. Untuk tambahan effect vokal lain, pengguna bisa mengunduhnya pada mode Advance.

9

Aplikasi driver XOX ES 102 juga terhubung dengan ASIO driver. Sehingga untuk pengaturan sample rate, buffer size, dan latency juga melalui ASIO.

Yang perlu dicermati dari Aplikasi driver XOX ES 102, bahwa aplikasi ini berjalan background. Artinya apabila anda membuka jendela aplikasi lain, seperti browser, media player atau explorer, aplikasi tetap berjalan. Sehingga anda bisa mencari konten melalui youtube lewat browser, atau file media yang tersimpan di PC , dan aplikasi driver tetap berjalan.

Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada video berikut:

Selain itu kami juga menjajal kemampuan produk untuk kebutuhan online broadcasting. Kami mencoba melakukan online broadcast melalui YouTube Live Streaming. Pertama-tama kami melakukan setup live streaming menggunakan aplikasi Xsplit Braodcaster. Setelah terhubung dengan akun channel YouTube, selanjutnya adalah pengaturan pada aplikasi Xsplit Broadcaster, dimana input dan outbut suara, semuanya diubah ke pilihan device ‘XOX ES102 plus ASIO’. Untuk langkah-langakah setup Live Streaming YouTube bisa anda buka di sini.

7

Kemudian kami memulai live streaming YouTube. Kami mencoba memutar musik dan serta menyanyikan lagu menggunakan microphone. Untuk suara, live streaming berjalan lancar dan kualitas suaranya juga terdengar jelas. Sayangnya untuk gambar mengalami delay hingga sekitar 5 detik. Tapi ini bukan terjadi karena masalah pada perangkat, melainkan koneksi internet yang tidak stabil.

Sedangkan untuk mode perekaman, baik device dan aplikasi ES 102 masih terbilang tidak begitu optimal. Kami mencoba mode perekaman, namun suara input yang masuk dalam file perekaman hanyalah input dari microphone saja. Sementara input suara musik dari media player tidak ikut terekam. Sehingga bagi pengguna yang ingin melakukan rekaman musik menggunakan device XOX ES102 harus membuka aplikasi DAW lain seperti nuendo atau cubase. Tapi ini cukup dimaklumi, karena ES102 bisa sebagai kategori  soundcard praktis untuk karaoke. Karena XOX juga menawarkan beberapa produk lain seperti XOX KS105 yang lebih optimal untuk kebutuhan lain seperti yang kami sebutkan diatas.

Kesimpulan:

1

Perangkat ini sangat praktis digunakan untuk kebutuhan hiburan. Tidak membutuhkan banyak pengaturan koneksi seperti soundcard profesional kebanyakan, XOX ES102 juga memiliki diriver serta aplikasi yang mudah dioperasikan.

8

Selain untuk kebutuhan hiburan musik, soundcard ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Contohnya untuk memutar film atau bahkan sebagai keperluan sound system saat sedang meeting dan gathering. Anda tak perlu lagi repot-repot memasang amplifier dan perangkat audio lain. Cukup dengan laptop, microphone dan speaker. Apalagi jika melakukan gathering di area outdoor, membawa perangkat speaker akan jadi merepotkan. Harga perangkat ini berkisar 500 ribuan.

Spec Key:

  • Channels:2 inputs (3,5mm & 6,35mm), 3 outputs
  • Playback: 24bit/48kHz, 103dB peak SNR (Signal-to-noise)
  • Record: 24bit/48kHz, 95dB peak SNR
  • Power Consumption: 1.5W
  • THD (Total Harmonic Distortion, at 0dBFS), Music: 0.005, Record: 0.1
  • Dimensions: 130mmx86mmx28mm
  • Net weight: 140g
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…