in: News | December 12, 2015 | by: Yufianto Gunawan

AMD Akan Hadirkan Soket AM4 di Q1 2016?

AMD sempat disebut akan menghadirkan prosesor baru, dengan teknologi baru, arsitektur Zen, di akhir tahun 2016 mendatang. Namun, bisa jadi beberapa hal baru yang akan mendukung prosesor baru tersebut akan hadir lebih awal. Berdasarkan kabar angin yang beredar di Internet, AMD disebut akan memperkenalkan soket baru, AM4, di kuartal perdana tahun 2016, lebih cepat dari yang semula disebutkan.

AMD APU

Kabar angin tersebut muncul setelah adanya laporan bahwa produsen motherboard telah menyiapkan produk baru mereka dengan soket AM4 untuk awal tahun 2016. Melihat pada umumnya produsen motherboard akan merilis produk di waktu berdekatan dengan rilis prosesor baru, bisa jadi hal ini juga menandakan AMD akan merilis prosesor AM4 pertama di awal tahun 2016 mendatang. Walaupun begitu, prosesor tersebut bisa jadi bukan prosesor dengan arsitektur Zen.

Prosesor AM4 yang dirilis tersebut kemungkinan besar adalah APU 7th Generation untuk desktop, yang serupa dengan APU Carrizo untuk perangkat mobile saat ini. APU dengan kode Bristol Ridge tersebut akan menggunakan DDR4, sehingga membutuhkan platform baru yang mendukung memori tersebut. Untuk itulah, AM4 diperkenalkan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya.

AM4 sendiri tentunya akan membawa perubahan besar di platform AMD. Salah satunya tentu hadir dalam bentuk dukungan untuk memori DDR4. Soket AM4 ini sendiri disebut akan kompatibel dengan prosesor desktop standar (FX) maupun APU terbaru dengan basis arsitektur baru AMD.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES