Cortana Resmi Hadir di Android dan iOS

Reading time:
December 13, 2015

Cortana, Siapa yang tak kenal virtual asisten yang satu ini! Muncul sejak tahun lalu di dalam OS Windows 8.1, sejak saat itu nama Cortana kerap menjadi buah bibir banyak kalangan. Microsoft sebagai sang pemiliknya, kerap memperbaiki dan menambah kemampuan kepandaian aplikasi asisten virtual ini dari waktu ke waktu, khususnya yang hadir pada sistem operasi terbaru mereka, Windows 10. Akan tetapi mulai hari ini, Cortana tidak hanya muncul di ponsel atau PC berbasis Windows saja, Cortana sudah dapat digunakan untuk sistem operasi mobile Android dan iOS.

aNROID CORTANA

Menurut pihak Microsoft, Cortana sudah bisa diunduh melalui Playstore dan App Store untuk beberapa perangkat yang kompatibel. Diberitahukan juga bahwa aplikasi virtual asisten milik Microsoft itu sudah tersedia untuk China dan Amerika Utara, untuk perangkat Android mulai dari versi 4.1.2, sementara perangkat iPhone sendiri mulai dari iOS 8 ke atas.

Sementara itu tersiar kabar lainnya, bagi pengguna perangkat OnePlus One yang masih setia mengunakan Cyanogen OS, update terbaru Cortana kabarnya akan hadir dalam bulan ini melalui OTA (Over The Air). Seperti kita ketahui bersama pihak OnePlus sudah beberapa waktu lalu tidak lagi bekerjasama dengan pihak Cyanogen. Karena ketidaksepahaman antar kedua belah pihak, pabrikan OnePlus akhirnya bertekad membangun sistem operasi sendiri (Oxygen OS). Namun tidak sedikit juga pengguna OnePlus One yang memilih bertahan menggunakan sistem operasi Cyanogen dikarenakan interface-nya yang lebih bersahabat dan mudah dimodifikasi. Meskipun kerjasama sudah tidak dilanjutkan lagi, Cyanogen tetap memberikan update khusus OTA untuk pengguna perangkat OnePlus One berbasis Cyanogen OS sampai sekarang.

cYANOGEN MODE 2

Uniknya bagi pengguna perangkat berbasis Cyanogen boleh berbangga hati karena Cortana akan tampil berbeda dibandingkan perangkat Android non Cyanogen lainnya, seperti bisa menggunakan fitur perintah suara “Hey Cortana..” di screen manapun tanpa harus kembali ke home screen. “ Karena kedekatan kami dengan pihak Cyanogen, kami membuat Cortana sedikit lebih berbeda dan lebih terintegrasi dalam sistem Cyanogen…”, Ujar Marcus Ash, yang menjabat sebagai Group program Manager untuk aplikasi Cortana.

Fitur eksklusif lainnya yang akan hadir di Cyanogen OS adalah kemampuan memerintah Cortana untuk mematikan perangkat dengan suara, mengubah mode jaringan selular dan mengaktifkan quiet mode. Belum lama ini, Cyanogen dan Microsoft memang menjalin kesepakatan. Hal tersebut juga ditandai dengan update 12.1 dari Cyanogen yang mengubah tampilan dan UI mereka yang memiliki sentuhan ala Windows phone.

Winphodroid
Fitur fitur diatas memang tidak akan didapatkan pada perangkat Android yang tidak menggunakan sistem operasi Cyanogen. Pihak Microsoft menambahkan bahwa fitur Cortana di Cyanogen adalah tahap permulaan, akan ada banyak fitur lain yang nantinya akan ditambahkan juga ke semua perangkat Android.

Namun untuk sementara ini tentunya fitur lain yang ada tak kalah menarik dan masih bisa didapatkan pengguna Android non Cyanogen seperti missed call alert yang akan terhubung dengan PC yang berbasis Windows 10 sementara Cortana akan otomatis mengirim pesan singkat kepada si penelepon dan tentunya tak kalah menarik yaitu fitur perintah “Hey Cortana…” di home screen. “Semua fitur menarik ini bisa dilakukan tanpa anda harus meninggalkan PC anda “ begitu tambah marcus Ash.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…