in: Gadget | December 29, 2015 | by: Irham

Hands-on Review : Lenovo A2010

Tahun 2016 mendatang sepertinya telah benar-benar memasuki era smartphone 4G khususnya untuk pengguna internet di tanah air. Terlebih setelah pemerintah melalui Kemenkominfo telah meresmikan komersialisasi jaringan 4G LTE secara nasional diakhir tahun 2016. Masyarakat tentunya kian beralih ke dari jaringan 3G ke jaringan 4G. Tapi tidak serta merta mudah dilakukan, karena selain tersedianya jaringan, pengguna pastinya harus beralih dari ke perangkat smartphone yang telah mendukung konektivitas 4G.

9

Kendala lain yang dihadapi yaitu ketersediaan perangkat 4G saat ini masih terbatas pada handset-handset kelas premium. Belum lagi peraturan TKDN yang juga memaksa harga perangkat menjadi sedikit lebih mahal, sehingga bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah akan lebih sulit mencari smartphone 4G yang terjangkau.

Namun rupanya ada pula vendor-vendor yang tetap menawarkan harga terjangkau untuk kebutuhan pengguna di segmen tersebut. Salah satunya adalah Lenovo yang menawarkan produk smartphone 4G dengan harga yang cukup terjangkau. Lenovo A2010 bisa menjadi salah satu pilihan pengguna yang ingin mencari produk smartphone 4G.

Perangkat ini juga menjadi salah satu produk yang telah dirakit oleh Lenovo di Indonesia, untuk memenuhi peraturan TKDN yang telah menjadi regulasi yang harus dipatuhi pemain pasar smartphone di tanah air. Lenovo sendiri telah mendirikan pabrikan perakitan di Indonesia tepatnya di Serang, Banten. A2010 dan A6010, keduanya telah diluncurkan Lenovo dengan sebagai smartphone 4G dengan harga yang lebih terjangkau.

Kami mendapat kesempatan untuk mereview salah satu produk tersebut yaitu Lenovo A2010. A2010 menjadi perangkat 4G dengan harga paling murah dari Lenovo, yaitu sekitar 1 jutaan. Untuk anda yang sedang ingin bermigrasi dari smartphone 3G ke smartphone 4G, smartphone yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Desain

Secara desain, A2010 memang terlihat cukup minimalis. Perangkat ini memiliki ukuran dimensi 131.5 x 66.5 x 9.9 mm dengan materialn body berbahan plastik. Smartphone ini juga memiliki bobot yang ringan namun cukup nyaman dalam genggaman. Meski harganya terjangkau, namun dari desain yang dihadirkan smartphone ini tidak tampak seperti smartphone murahan.

8

Tampak depan

10

Tampak belakang

Lenovo A2010 memiliki tombol fisik power dan volume yang terletak di sisi sebelah kanan. Slot MicroUSB  dan port Jack 3,5 mm untuk headphone ada di sisi bagian atas.

6

Lubang Jack & slot MicroUSB

Pada paket penjualannya, Lenovo A2010 juga dilengkapi dengan buku petunjuk, kartu garansi, Adaptor Charger dan kabel USB serta satu uni headset.

7

Paket penjualan

Spesifikasi

Lenovo membenamkan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk perangkat sekelasnya, diantaranya layar berukuran 4,5 inci FWVGA dengan resolusi 854x480p,prosesor Mediatek 64bit  Quad-core 1.0 Ghz, serta RAM berukuran 1GB. Internal memori juga tersedia sebesar 8GB dengan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan tambahan.

1

Spesifikasi 

A2010 juga dilengkapi dengan fitur kamera 5MP dibagian belakang, dan kamera 2MP di bagian depan. Perangkat ini  ditenagai dengan baterai berukuran 2000mAh(replacable) dan berjalan menggunakan sistem operasi Android 5.1 dengan UI bawaan dari Lenovo.

5

Tampilan UI

Konektivitas

Untuk konektivitas, perangkat ini memiliki dual sot Micro SIM, dengan salah satunya mendukung teknologi 4G. Perangkat ini mendukung jaringan 4G LTE di frekuensi FDD LTE dari berbagai operator di tanah air (Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL). Kami menguji salah satunya yaitu menggunakan SIM Card XL, dan hasilnya bisa anda lihat seperti dibawah ini.

2

(Sinyal kuat)

3

(Sinyal lemah)

Teknologi 4G dari XL dengan menggunakan handset Lenovo A2010 rupanya memberikan kecepatan data yang sangat cepat. Namun di beberapa lokasi tertentu, koneksi selular memang kadang kurang stabil tegantung dari provider service yang kita gunakan. Tapi dengan koneksi data paling lemah pun, tetap saja jaringan 4G dapat mentransfer data lebih baik dari pada 3G. Melihat hasil tersebut tentunya menjadi alasan sudah waktunya kita beralih ke teknologi jaringan 4G LTE.

Fitur Kamera  

Lenovo A2010 memiliki fitur kamera 5MP dibagian belakang serta kamera 2MP di bagian depan. Kualitas gambar yang dihasilkan memang terbilang sederhana. Namun anda tetap dapat mengabadikan momen tertentu jika dibutuhkan. Berikut adalah hasil gambar dari kamera yang tersedia pada perangkat

  • Hasil gambar kamera belakang

IMG_20151229_054457

(Non HDR)

IMG_20151229_054344

(HDR)

  • Hasil Gambar Kamera Depan

IMG_20151229_054931

Benchmark

Kami melakukan benchmarking produk dengan menggunakan AnTuTu Benchmark. Hasilnya bisa anda lihat dibawah ini, Lenovo A2010 mencetak skor sebesar 23778.

4

Hasil Benchmark

 

Kesimpulan

Lenovo tampaknya memang telah cukup siap dengan persaingan handset 4G di tahun mendatang, dengan menyiapkan handset yang mendukung jaringan 4GLTE dari semua segmen pasar. A2010 merupakan handset 4G dengan harga paling terjangkau yang dihadirkan oleh Lenovo. Handset ini cukup untuk mengakomodir kebutuhan akan internet tercepat di era migrasi jaringan 3G ke 4G.

11

A2010 memiliki desain yang cukup nyaman dibawa kemana-mana, dengan dukungan 4G di frekuensi FDD. Dengan dual slot SIM card, pengguna juga bisa mengaktifkan kartu SIM lama di jaringan GSM sehingga bisa aktif bersamaan dengan kartu 4G.

Smartphone yang satu ini juga paling terjangkau bagi anda yang mencari smartphone 4G murah diluar tanpa harus terikat dengan provider tertentu (bundling). Anda bisa mencari pilihan provider favorit yang cocok untuk anda, selama menggunakan frekuensi FDD yang mendukung. (Telkomsel, Indosat Ooredoo, & XL).

Lenovo A2010 dibanderol dengan kisaran harga Rp 1,2 juta, tersedia baik di toko fisik maupun Online. Handset ini juga tersedia dengan dua varian warna yaitu hitam dan putih.

Key Spec:

Produk Lenovo A2010
Layar 4,5 Inci (480×854)
Processor MediaTek MT6735 Quad-Core 1 GHz
GPU Mali T720
Memory RAM 1 GB, ROM 8 GB (support MicroSD)
Batterai 2000mAh
Konektivitas Dual Micro SIM 4G LTE (FDD), 3G, 2G, Bluetooth 4.1, Wi-fi 801,11b/g/n/ac
Kamera Belakang 5 MP, Depan 2MP
Sistem Operasi Android Lollipop, 5.1
Varian Warna Black,White
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES