in: News | December 9, 2015 | by: Friska Suryawinata

Mozilla Hentikan Layanan Firefox OS

firefox-ios

Walau mungkin tidak terlalu populer di kalangan masyarakat lokal kita, tetapi Mozilla sempat bergelut juga di pasar ponsel dengan meluncurkan produk smartphone berbasis sistem operasi Firefox. Produk yang diluncurkan pertama kali di tahun 2013 lalu itu, kini tidak lagi diproduksi maupun dikembangkan, karena pihak Mozilla berencana untuk menghentikan pengembangan produk Firefox OS.

Dalam ajang developer Mozilla, “Mozlando”, beserta beberapa orang melakukan tweet di media sosial masing-masing mengenai Mozlando tersebut, mengatakan bahwa Mozilla resmi menghentikan layanan Firefox OS tersebut untuk smartphone. Namun demikian, ini bukan berarti Firefox OS akan sungguh-sungguh “mati”. Ari Jaaksi, Senior Vice President of Connected Devices dari Mozilla menyatakan bahwa ini akan menjadi sebuah awal, bukan akhir. Pada tweet-nya, Jaaksi juga mengatakan bahwa Firefox OS akan kembali lagi sebagai platform dari Internet of Things.

jaaksi

Firefox OS pertama kali rilis di 2013 ini awalnya ditargetkan untuk bisa dikembangkan sebagai OS smartphone yang rendah biaya. Beda dengan Android atau iOS, Firefox OS ini lebih terfokus pada platform web-first, tanpa native dan hanya aplikasi web saja. Walau sayangnya, hasil penjualan Firefox OS ini memang tidak bisa menarik perhatian para masyarakat modern, bahkan bisa dikatakan sebagai “gagal”.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES