in: News | December 3, 2015 | by: Yufianto Gunawan

QNAP Hadirkan NAS Android

Sistem operasi besutan Google, Android, tampaknya berhasil menjangkau lebih banyak perangkat di luar smartphone dan tablet. QNAP, salah satu produsen Network Attached Storage (NAS) ternama, baru saja mengumumkan hadirnya NAS mereka yang menggunakan sistem operasi Android. Terdapat dua NAS yang masuk dalam keluarga perangkat yang dilengkapi dengan Android ini, yaitu TAS-168 dan TAS-268.

QNAP Android NAS

Android bukanlah satu-satunya sistem operasi yang ada di dalam kedua NAS ini. QNAP masih menyertakan sistem operasi andalan mereka, QTS, di dalam kedua NAS tersebut. Hanya saja, mereka menambahkan Android ke dalam NAS tersebut untuk membuatnya lebih mudah digunakan oleh pengguna yang menginginkan pusat hiburan lengkap yang mudah digunakan di rumah mereka.

Berdasarkan penjelasan dari QNAP, pengguna akan bisa mengakses QTS melalui web browser seperti NAS QNAP pada umumnya. Sementara untuk Android, sistem operasi tersebut bisa diakses dari port HDMI yang ada. Pengguna bisa menghubungkan TAS-168 dan TAS-268 ke TV, beserta mouse dan keyboard, dan menjadikan kedua NAS tersebut sebagai pusat hiburan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada di PlayStore.

Satu hal yang menarik, kedua sistem operasi, QTS dan Android, menggunakan storage yang sama, sehingga keduanya memiliki akses yang sama ke file-file dalam storage yang terpasang. TAS-168 merupakan varian single drive bay, sementara TAS-268 hadir dengan dual drive bay. Kedua NAS ini dilengkapi dengan prosesor dual core ARM v7 berkecepatan 1.1 GHz, RAM DDR3 2 GB, serta dilengkapi dengan 1 port Gigabit Ethernet, 1 port USB 3.0, dan 4 port USB 2.0.

NAS ini sendiri disebut tetap memiliki fitur serupa dengan NAS QNAP kelas Home dan SOHO yang lain. Sayangnya, belum disebutkan versi dari sistem operasi Android yang digunakan oleh kedua NAS ini. QNAP sendiri juga masih belum mengumumkan harga resmi dari TAS-168 dan TAS-268.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES