in: Casing | December 2, 2015 | by: Hendra Wijaya

Review Casing PC Desktop PowerLogic Azzura GT5

Nama PowerLogic tentunya sudah cukup dikenal dengan baik di pasar PC rakitan Indonesia. Hampir rata-rata produknya selalu menyasar pada pasar casing PC kelas entry-level. Bahkan tidak sedikit toko-toko komputer di Indonesia yang menjual PC rakitan yang mereka dengan menyertakan casing PC PowerLogic dalam racikannya. Beberapa waktu yang lalu, kami sempat melakukan review pada salah satu produk casing PC milik PowerLogic yaitu Review PowerLogic Futura Neo XV100: Casing Murah Dibawah Rp. 200.000″.

Kali ini, kami kembali disuguhkan oleh sebuah casing terbaru milik PowerLogic yang diberi nama Azzura GT5. Casing ini merupakan casing mid-tower yang dirancang khusus kelas Entry-Level. Dalam paket penjualannya, PowerLogic Assura GT5 dilengkapi dengan power-supply (PSU) bawaan PowerLogic, Magnum Max yang memiliki spesifikasi 600 watt (non-pure) dan di-klaim dapat bekerja pada tegangan 170V~240V. Sedangkan mengenai harganya, PowerLogic membanderol casing Azzura GT5 ini sekitar di bawah Rp 400.000,00. Tidak perlu menunggu lama lagi, simak ulasan lengkap casing PowerLogic Azzura GT5 yang kami suguhkan ini.

Spesifikasi
Spesifikasi casing PowerLogic Azzura GT5 yang tertera pada kemasan casing ini :

PowerLogic Azzura GT5 2PowerLogic Azzura GT5 3_DSC9870Galery

PowerLogic Azzura GT5 1
Kemasan PowerLogic Azzura GT5

PowerLogic Azzura GT5 hadir dengan boks sederhana dengan warna dasar kebiruan untuk menekan ongkos produksi.

PowerLogic Azzura GT5 4
PowerLogic Azzura GT5
Bagian depan PowerLogic Azzura GT5
Bagian depan PowerLogic Azzura GT5

 

Bagian depan casing PowerLogic Azzura GT5 ini dilengkapi dengan bezel berbahan plastik glossy.

PowerLogic Azzura GT5 7

Pada bagian front-panel, casing ini terdapat satu buah port USB 2.0, USB 3.0 dan I/O audio. Selain itu juga terdapat sebuah 3,5″ drive bay, yang biasanya dapat digunakan untuk memasukan perangkat tambahan seperti memory card reader, USB 3.0 front-panel extender dan aksesoris lainnya.PowerLogic Azzura GT5 9

Tombol On/Off dan reset juga turut diletakkan pada bagian depan beserta lampu power LED dan HDD LED pada bagian atas. Selain itu casing ini dilengkapi dengan 2 unit 5,25″ Drive-Bay eksternal yang siap digunakan untuk perangkat optical-drive ataupun perangkat aksesoris komputer lainnya. Tersedia penutup drive-bay 5,25″ yang dirancang khusus untuk perangkat optical-drive.

PowerLogic Azzura GT5 6Pada bagian sisi depan bawah bezel, casing ini dilengkapi dengan sela-sela ventilasi udara.

PowerLogic Azzura GT5 10
Side-panel kiri PowerLogic Azzura GT5

 

Side-panel bagian kiri casing ini dilengkapi dengan ventilasi udara yang masih bisa ditambahkan dengan 2 unit fan pendingin berukuran 120 mm.

PowerLogic Azzura GT5 11
Bagian belakang Azzura GT5

 

Pada bagian belakangnya, PowerLogic Azzura GT5 memiliki sebuah ventilasi udara yang dilengkapi dengan sebuah fan berukuran 80 mm. Selain itu, Anda dapat menemukan 7 buah slot ekspansi pada casing ini serta sudah satu buah unit power-supply (PSU) bawaan.

PowerLogic Azzura GT5 15PSU bawaan dari casing ini menggunakan listrik AC 220V dan dilengkapi dengan fan pendingin berdiameter 80mm.

PowerLogic Azzura GT5 12PowerLogic Azzura GT5 memiliki 7 slot ekspansi yang dilengkapi dengan pengunci ekstra.

PowerLogic Azzura GT5 13
Side-panel kanan PowerLogic Azzura GT5

Terdapat logo PowerLogic pada sidel-panel kanan PowerLogic Azzura GT5 ini.

Bagian atas PowerLogic Azzura GT5
Bagian atas PowerLogic Azzura GT5

Bagian atas casing PowerLogic Azzura GT5 ini juga tampil dengan desain polos.

Bagian dalam PowerLogic Azzura GT5
Bagian dalam PowerLogic Azzura GT5

Terlihat sebuah unit Power-supply PowerLogic Magnum MAX 600W yang sudah terpasang dengan rapi di bagian dalam casing PowerLogic Azzura GT5.

PowerLogic Azzura GT5 28Ventilasi udara bagian belakang pada casing PowerLogic Azzura GT5 ini dilengkapi dengan sebuah fan pendingin berukuran 80 mm.

PowerLogic Azzura GT5 29

Casing ini dilengkapi dengan 7 slot ekspansi, dimana untuk slot ekspansi pertama (teratas) dilengkapi dengan penutup slot ekspansi non-permanen yang bisa dilepas dan dipasang kembali. Sedangkan 6 slot ekspansi lainnya menggunakan penutup yang dapat dilepas secara permanen dan tidak dapat dipasang kembali.

PowerLogic Azzura GT5 26
Drive-Bay 5,25″

Di dalam casing ini terdapat 4 unit ruangan drive-bay 5,25″, namun hanya tersedia 2 unit drive-bay 5,25″ yang dapat digunakan untuk optical-drive.

PowerLogic Azzura GT5 27

Ruangan storage casing ini mampu menampung 5 unit hard disk 3,5″ dan 1 unit SSD/Harddisk 2,5″ .

PowerLogic Azzura GT5 21Bagi Anda yang ingin menggunakan casing PowerLogic Azzura GT5 ini, Anda dapat melakukan penambahan sebuah fan pendingin berukuran 120 mm pada bagian depan.

PowerLogic Azzura GT5 17

Casing yang dirancang sebagai PC Desktop Mid-Tower, minim dengan fitur cable-management. Hal tersebut tentunya cukup dimaklumi karena casing ini memang ditujukan untuk pangsa pasar entry-level.

PowerLogic Azzura GT5 33
Konektor front-panel PowerLogic Azzura GT5

PowerLogic Azzura GT5 32

Jika motherboard yang digunakan tidak memilik pin front-panel USB 3.0, maka pengguna masih bisa menggunakan front-panel USB 3.0 dengan menggunakan konektor USB 2.0 pada motherboard.

PowerLogic Azzura GT5 100

Dalam paket penjualannya, casing PowerLogic Azzura GT5 telah dilengkapi satu buah unit power-supply bawaan “PowerLogic Magnum MAX” berkapasitas daya 600 watt (Non-Pure) yang diklaim memiliki kualitas legendaris dari PowerLogic. (Sesuai yang tertera pada kemasan casing PowerLogic Azzura GT5 di bagian spesifikasi)

PowerLogic Azzura GT5 20PSU bawaan “PowerLogic Magnum MAX 600 Watt” menggunakan kabel non-modular. Hal tersebut cukup menjelaskan bahwa PSU ini menyediakan 1 unit kabel 24-pin ATX , 1 unit kabel 4-pin ATX 12V+ CPU dan 2 kabel yang terdiri 2 konektor SATA & 1 konektor moleks 4-pin.

_DSC9728
Spesifikasi power-supply ( PSU ) PowerLogic Magnum MAX 600 W

 

PSU PowerLogic Magnum MAX ini memiliki spesifikasi daya maksimum (non-pure)/Peak power yang mencapai 600 watt. Hanya saja menurut tren pasar power-supply saat ini, perhitungan spesifikasi daya sebenarnya/real-power, hanya menghitung spesifikasi rail 12V+ yang dimiliki oleh setiap power-supply. Hal ini dikarenakan secara mayoritas penggunaan daya listrik pada sistem PC saat ini, menggunakan tegangan rail 12V+, baik untuk prosesor, VGA, motherboard dan komponen lainnya.

Oleh karena power-supply Magnum MAX 600W ini memiliki spesifikasi single-rail 12V+ dengan kapasitas arus listrik mencapai 14 ampere, maka PSU ini bisa dibilang hanya memiliki spesifikasi daya sebenarnya/pure-power yang hanya mencapai 168 watt saja.

Dengan spesifikasi rail 12V+ yang hanya mampu menyuplai daya 168 watt, PSU ini sepertinya masih cukup digunakan untuk sebuah sistem PC yang menggunakan prosesor dan VGA ter-integrasi/built-in GPU (IGP) yang memiliki spesifikasi konsumsi daya maksimal/TDP rendah. Akan tetapi, PSU ini tidak kami rekomendasikan untuk digunakan pada sistem PC yang menggunakan VGA Card Add-on/ tambahan, dikarenakan keterbatasan spesifikasi suplai daya arus listrik rail 12V+.

PowerLogic Azzura GT5 16
Kelengkapan dari paket penjualan casing PowerLogic Azzura GT5

 

Konten paket penjualan casing PowerLogic Azzura GT5 ini tergolong minim, yang hanya tersedia sebuah kabel power-AC untuk power supply, speaker buzzer dan kelengkapan baut saja.

PENGUJIAN

Pada pengujian kali ini, kami menggunakan beberapa hardware berikut yang akan dirakit ke dalam casing PowerLogic Azzura GT5. Berikut jajaran hardware yang kami gunakan untuk menguji casing tersebut.

  • Motherboard : MSI A68HM-A33 , ASUS ROG CrossBlade Ranger ( Keperluan ilustrasi )
  • Prosesor : AMD A8-7650K
  • Memori : Kingston HyperX 2133 Mhz CL9 8GB kit
  • VGA : GALAX Nvidia Geforce GTX 950 ( Keperluan ilustrasi )
  • Cooling : AMD Stock Cooling,  ID-Cooling SE-204K
  • Storage : HDD WD Black 500 GB, SSD Kingston 90GB
PowerLogic Azzura GT5 35
Memasang SSD pada bagian terbawah ruangan storage
Memasang dan mengunci SSD
Mengunci SSD dengan baut pada bagian dasar casing.
Memasang dan mengunci harddisk 3,5 inch
Memasang dan mengunci harddisk 3,5 inch

PowerLogic Azzura GT5 24Jika pengguna casing ini ingin memasang optical-drive dengan menggunakan penutup khusus drive-bay optical drive casing ini, maka anda harus melepaskan terlebih dahulu bezel depan casing ini sebelum memasukan optical-drive ke dalam casing ini.

PowerLogic Azzura GT5 22Pengguna casing ini bisa saja melepaskan penutup drive-bay khusus optical-drive dan memasukan perangkat optical-drive tanpa harus melepaskan bezel depan casing ini. Cara ini lebih praktis dan mudah, hanya saja metode ini membuat penutup drive-bay khusus optical-drive ini tidak dapat dipasang ke casing.

PowerLogic Azzura GT5 23
Memasang dan mengunci Optical Drive
PowerLogic Azzura GT5 25
Optical Drive yang sudah dirakit dengan baik

Pemasangan hard disk, SSD, dan optical drive pada casing ini dapat dilakukan dengan mudah, walaupun tanpa adanya sistem screwless dan buku manual.

PowerLogic Azzura GT5 38
Sistem pengujian telah berhasil dirakit ke dalam casing PowerLogic Azzura GT5 ini

PowerLogic Azzura GT5 37Kami mengalami kesulitan dalam merapikan kabel-kabel yang ada di dalam casing PowerLogic Azzura GT5 ini. Hal ini memang cukup disayangkan, karena sistem cable-management yang dimiliki casing ini memang lebih minim dibandingkan dengan casing PowerLogic Futura Neo XV100 yang sudah pernah kami review sebelumnya. Hal ini memang cukup membuat kami kecewa, secara Casing Futura Neo XV100 sendiri mampu memiliki sistem cable-management yang lebih baik dengan harga jual yang lebih murah.

PowerLogic Azzura GT5 39Sebelum memasang VGA Card ataupun aksesoris lainnya yang akan menggunakan slot ekspansi, pengguna nantinya harus melepaskan pengunci slot ekspansi ini terlebih dahulu.

PowerLogic Azzura GT5 40

Penutup slot ekspansi pertama casing ini bersifat non-permanen. Sehingga pengguna casing ini bisa melepas dan menutupnya kembali atau dapat digunakan untuk menutup slot ekspansi lainnya.

PowerLogic Azzura GT5 41
Penutup slot PCIe slot ke-2 hingga ke-7 menggunakan penutup permanen

 

Penutup PCIe slot ke-2 hingga ke-7 casing ini menggunakan penutup permanen, sehingga harus dipatahkan pada saat menggunakan slot PCIe ini. Sekali dipatahkan, maka penutup ini sudah tidak dapat dipasang kembali. Bahan yang digunakan pada bagian slot ekspansi tergolong lunak, sehingga kami mendapatkan sebuah penyangga slot ekspansi yang bengkok, ketika kami melepaskan sebuah penutup slot ekspansi permanen.

PowerLogic Azzura GT5 42Penyangga slot ekspansi bengkok pada saat melepaskan penutup slot ekspansi permanen. Tidak perlu khawatir, karena penyangga slot ekspansi yang bengkok masih dapat dengan mudah diluruskan kembali.

PowerLogic Azzura GT5 43Memasang dan mengunci VGA card ke dalam casing PowerLogic Azzura GT5

PowerLogic Azzura GT5 44Setelah berhasil memasang VGA Card, kami kembali memasang pengunci slot ekspansi.

PowerLogic Azzura GT5 45
Memasang VGA card GALAX GeForce GTX 950 EXOC

 

Pada pengujian kali ini, kami pun berhasil memasang VGA card GALAX GeForce GTX 950 EXOC yang memiliki panjang “254 mm” ke dalam casing ini. Tentunya dengan pemasangan VGA card ini menyebabkan 2 slot teratas tempat penyimpanan hard disk 3,5″ tidak dapat digunakan. (NB: Perlu diketahui penggunaan VGA card GTX 950 pada pengujian ini digunakan untuk menguji fungsi ruangan di dalam casing ini, kami tidak merekomendasikan penggunaan PSU bawaan casing ini untuk menghidupi sistem PC yang menggunakan VGA Card Nvidia Geforce GTX 950).

PowerLogic Azzura GT5 47

Setelah menguji kemampuan casing ini dalam menampung VGA card add-on, kami langsung menguji kemampuannya dalam menampung sebuah sistem PC yang menggunakan HSF pendingin prosesor berdesain tower. Pada pengujian kali ini kami menggunakan HSF ID-Cooling SE-204K yang sengaja tidak kami mounting. Sehingga kami dapat mengetahui dengan mudah, apakah heatsink ini akan mengalami benturan pada saat side-panel kiri dipasang atau tidak? (Jika berbenturan sedikit saja dengan side-panel pada saat casing ini ditutup, secara otomatis HSF ID-Cooling SE-204K ini akan jatuh dengan mudah karena tidak di-mounting )

PowerLogic Azzura GT5 46

Sebelum ditutup, Anda dapat melihat tinggi heatpipe HSF ID-Cooling SE-204K yang telah melebihi lebar casing ini.

PowerLogic Azzura GT5 48Walaupun tinggi heatpipe HSF ID-Cooling SE-204K yang telah melebihi lebar casing PowerLogic Azzura GT5 ini, Side-panel kiri casing ini masih dapat ditutup dengan mudah tanpa menyentuh HSF. Hal ini dikarenakan, desain side-panel kiri casing ini memberikan sedikit ruangan tambahan yang mampu membuat casing ini menampung HSF berdesain tower seperti ID-Cooling SE-204K.

PowerLogic Azzura GT5 49

Terlihat Heatpipe HSF SE-204K yang hampir bersentuhan dengan side-panel kiri casing ini. Jarak keduanya sudah kurang dari 1 cm.

PowerLogic Azzura GT5 50

Tidak hanya menggunakan motherboard berukuran Micro-ATX. Kami juga menyempatkan diri untuk menguji casing ini dengan menggunakan motherboard berukuran Full-ATX, dimana kami berhasil memasang motherboard ASUS CrossBlade Range ke dalam casing PowerLogic Azzura GT5 ini. (NB: Motherboard ASUS CrossBlade Ranger ini hanya digunakan untuk menguji kemampuan tata ruang di dalam casing ini).

PowerLogic Azzura GT5 30

Sela-sela dan pinggiran casing PowerLogic Azzura GT5 ini tergolong cukup tajam, sehingga pengguna casing ini harus ekstra hati-hati dalam merakit komponen-komponen PC ke dalam casing ini agar tangan Anda tidak mengalami lecet atau luka tersayat.

KESIMPULAN

Casing PowerLogic Azzura GT5 ini masih dapat dilirik oleh para pengguna PC rakitan yang membutuhkan ruangan penyimpanan storage data yang mampu menampung 5 unit harddisk 3,5″ dan 1 unit SSD / HDD 2,5″. Selain memiliki ruangan penyimpanan data yang cukup baik, casing ini mampu menampung sebuah HSF pendingin prosesor ber-desain tower yang menggunakan fan pendingin ber-diameter 120mm, seperti: HSF ID-Cooling SE-204K. Tidak hanya itu saja, Casing PowerLogic Azzura GT5 juga telah dilengkapi dengan sebuah port front-panel USB 3.0.

Terlepas dari kelebihan yang ada, casing PowerLogic Azzura GT5 ini masih memiliki berbagai kekurangan, seperti kelengkapan paket penjualan yang minim, sistem cable-management yang minim, sela-sela dan sisi casing yang tajam, sehingga dapat dengan mudah melukai tangan perakit PC. Selain itu, kualitas power-supply bawaan yang memiliki spesifikasi rail 12V+ tergolong cukup rendah. Akan tetapi, seluruh kekurangan yang dimiliki oleh casing PowerLogic Azzura GT5 ini masih dapat dimaklumi, karena casing ini diproduksi sebagai casing PC kelas entry-level dan dijual dengan harga cukup terjangkau.

Secara keseluruhan, pengalaman merakit PC pada casing PowerLogic Azzura GT5 ini tidak sebaik dengan apa yang diberikan oleh casing PowerLogic Futura Neo XV100, dimana Futura Neo XV100 menawarkan sistem cable-management yang lebih baik, desain efisiensi ruangan yang lebih efektif dan tentunya harga yang lebih murah pula.

Casing PowerLogic Azzura GT5 ini hanya dapat dilirik jika pengguna benar-benar membutuhkan casing PC yang mampu menampung banyak hard disk, mampu menampung HSF berdesain tower dan memiliki Front-panel USB 3.0. Jika pengguna hanya berencana menggunakan sistem PC dengan 2 hard disk dengan pendingin prosesor berukuran kecil, kami lebih menyarankan untuk menggunakan casing PowerLogic Futura Neo XV100 yang memiliki harga yang lebih murah dengan fitur yang lebih baik untuk merk yang sama.

KELEBIHAN:

  • Storage data yang mampu menampung 5 unit Harddisk 3,5″ dan 1 unit SSD / HDD 2,5″
  • Mampu menampung HSF berdesain tower sekelas HSF ID-Cooling SE-204K.
  • Dilengkapi dengan front-panel USB 3.0

KEKURANGAN:

  • Kelengkapan paket penjualan yang minim
  • Sistem Cable-management yang minim
  • Spesifikasi power-supply bawaan yang minim
  • Sela-sela dan sisi casing yang tajam, sehingga dapat dengan mudah melukai tangan perakit PC
  • Harga yang cukup tinggi untuk di-kelasnya

HARGA: +- RP380.000,00

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES