in: Gadget | December 17, 2015 | by: Irham

Review Smartphone Android: Hisense PureShot+

Era Smartphone 4G sudah memasuki tanah air. Terlebih setelah pemerintah secara resmi menstandarisasi jaringan layanan 4G dari operator-operator di Indonesia. Berbagai perangkat smartphone pun sebenarnya telah banyak yang lebih dahulu diluncurkan untuk menunjang kebutuhan mobile internet yang cepat ini.

1

Hisense menjadi salah satu produsen yang mengandalkan konektivitas 4G LTE sebagai fitur utamanya. Dibundling dengan layanan 4G LTE dari Smartfren, perangkat yang satu ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan akan smartphone 4G tanpa mengesampingkan performa dan fitur-fitur lainnya.

Seperti apakah kemampuan yang dimiliki oleh smartphone yang termasuk kelas premium dari Hisense ini, berikut ulasannya.

Desain

Dilihat dari desain yang ditampilkan, Hisense PureShots+ tidak terlalu menonjol untuk memperlihatkan tampilan yang menawan seperti smartphone kelas premium. Dengan frame metal yang tebal dengan balutan warna metalic yang berkilau, Hisense PureShot+ terlihat kokoh. Cover bagian belakang nampak seolah memiliki lapisan kaca, namun ini hanyalah plastik transparan yang tipis dan elastis. Selain itu material yang digunakan pada bagian belakang ini tidak anti gores, sehingga pengguna perlu menggunakannya secara hati-hati.

19

Body Smartphone tampak depan

20

Body tampak belakang

Smartphone yang satu ini memiliki layar yang cukup besar dengan ukuran 5,5 inci juga dengan bezel yang terbilang cukup lebar. Bobotnya cukup berat tapi tetap nyaman digenggam.

Untuk tombol, semua tombol fisik terletak dibagian kanan perangkat. Layaknya smartphone kebanyakan tombol yang tersedia yaitu tombol volume-up/volume down, dan juga tombol power/lock screen. Di bawah layar, ada softkey yang berfungsi seperti layaknya pada smartphone Android kebanyakan.

2

Tombol power dan Volume
4

Navigasi menu

Speaker terletak dibagian bawah perangkat. Meskipun terdapat dua buah lubang yang membuat kesan seolah menggunakan dua buah speaker stereo, sayangnya perangkat ini hanya menggunakan satu buah speaker yang diletakan di sebelah kiri bawah.

Untuk slot, Hisense Pureshot+ memiliki port MicroUSB untuk konektivitas dan pengisian daya yang ada dibagian bawah perangkat, serta slot jack berukuran 3,5 mm untuk earphone.

17

Slot MicroUSB dan Lubang Speaker

16

Lubang Jack Headset

 

Spesifikasi

Berikutnya adalah spesifikasi komponen yang digunakan oleh Hisense Pureshot+. Hisense membekali Pureshot+ dengan komponen yang terbilang cukup mumpuni. Diantarnya menggunakan SoC Snapdragon 415 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari 4x ARM Cortex-A53 1,36 GHz dan 4x ARM Cortex-A53  998 MHz dengan GPU Adreno 405.

Namun yang terbaca pada pada CPU-Z menyebutkan jika perangkat ini menggunakan Snapdragon 615. Tampaknya ada ketidakakuratan pada pembacaan. Tapi jika dilihat dari clock speed yang ditampilkan, cukup jelas jika perangkat ini memang menggunakan SoC Snapdragon 415. Pureshot+ memiliki RAM 2GB serta internal memori 16 GB yang bisa anda ekspansi dengan microSD hingga 128GB.

4  3

6  7

Ukuran layar yang digunakan yaitu 5,5 inci dengan resolusi HD 720x1280p. Hisense Pureshot+ dibekali dengan kamera 13 MP untuk bagian belakang serta kamera 5 MP untuk bagian depan. Sistem operasi yang digunakan yaitu Android Lollipop 5.0.2. Untuk dukungan daya, Hisense Pureshot+ hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2500mAh.

5

 Bagian dalam perangkat

Salah satu keunggulan utama dari Hisense Pureshot+ yaitu konektivitas 4G pada dua slot SIM yang tersedia. Perangkat ini juga telah mendukung semua frekuensi band yang ada di tanah air. Seperti yang tertera pada box kemasan, konektivitas yang digunakan mampu mendukung 4G: (FDD B2, B3, B5, B8, B26, TDD B40), 3G: (WCDMA 2100Mhz & CDMA EVDO 800 MHz) dan 2G : GSM 900/1800 Mhz.

Paket Penjualan

14

Beralih pada paket penjualan, kelengkapan yang tersedia pada box Hisense Pureshot+ diantaranya perangkat smartphone, adaptor charger, kabel USB, headset buku panduan pengguna serta kartu garansi. Karena perangkat ini dijual secara bundling dengan operator Smartfren, pada paket penjualannya juga tersedia kartu perdana 4G dari Smartfren.


13

Adaptor Charger 5 V 1A

12Headset

 

11

Buku Panduan

10

Kartu Garansi

15

Adapter SIM Card

Sistem Operasi /Software UI

Sistem operasi yang dibenamkan pada Hisense Pureshot+ berbasis Android Lollipop 5.0.2. Sampai saat ini belum ada update software baru yang tersedia.

5

 OS Android 5.0.2

User Interface yang digunakan adalah Vision UI yang merupakan UI khas milik Hisense. Menu aplikasi terlihat simpel tanpa keberadaan App Drawer.

Vision UI memiliki beberapa fitur shortcut, seperti dengan membuka layar cukup dengan dua tap atau dengan gestrue menggambar O, serta membuka aplikasi dengan gesture yang bisa disesuaikan.

2 1

User Interface

Pada info storage yang tersedia, sistem memori sendiri telah menghabiskan kapasitas memori hingga 4,67 GB. Ada pula beberapa aplikasi bloatware yang mungkin tidak akan anda butuhkan. Tapi jangan khawatir kehabisan memori untuk menyimpan file dokumen foto dan video karena Pureshot+ memiliki slot microSD.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES