in: Gadget | December 30, 2015 | by: Irham

Review Smartphone Android: Oppo R7s

Oppo terus melanjutkan seri smartphone flagshipnya di Indonesia dengan menghadirkan perangkat baru yaitu Oppo R7s. Dengan ukuran layar yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu Oppo R7, smartphone ini juga mengusung performa yang diklaim lebih baik dengan RAM lebih luas. Selain itu Oppo R7s juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar, mengakomodir kebutuhan pengguna modern seharian. Baik untuk aktifitas browsing, email, multimedia gaming hingga fotografi.

1

Membawa desain yang mewah, Oppo R7s  memberikan kesan trendy saat digenggam oleh sang pengguna.Tapi sebelum jauh menyimpulkan seperti apa Oppo R7s saat berada langsung di dalam genggaman, berikut ini kami berikan ulasan mengenai smartphone Oppo R7s yang telah hadir di meja kerja kami untuk dijajal. Simak reviewnya di bawah ini.

Desain

Kesan pertama saat menggenggam produk memang sudah tampak berkelas. Smartphone yang satu ini memiliki body yang tipis yaitu dengan ketebalan 6,95mm.

Material yang digunakan juga sangat kokoh, yaitu Magnesium Alloy. Material ini sama dengan yang digunakan pada kerangka sepeda balap atau pembentuk body pesawat. Jadi meskipun tipis, durabilitas dari perangkat tetap terjamin.

Secara dimensi, perangkat ini memiliki ukuran 151.85 x 75.45 x 6.95 mm. Desain unibody dengan warna metalic ini juga tampak terlihat begitu elegan dalam genggaman. Bagian depan display juga dilapisi dengan pelindung tempered glass pada permukaan layar. Layar dengan lengkung tepi berukuran 5,5 inci ini sendiri sebenarnya telah dilapisi dengan kaca Gorilla Glass 4. Namun perangkat ini masih tetap memiliki bezel layar setebal 2.2 mm disisi, dan pada bagian depan dan belakang terdapat logo Oppo.

Lapisan cat metalic yang menutupi perangkat juga cukup tebal dan tahan terhadap goresan. Selama beberapa hari pemakaian, saya sengaja meletakannya di dalam tas dengan benda keras lain (powerbank, charger, dll), tapi tidak ada bekas goresan pada body maupun layar smartphone.

4

Tampak depan

3

Tampak belakang

Beberapa garis tepi pada di bagian sisi perangkat membuat perangkat sedikit kurang nyaman saat tersentuh jari. Anda bisa menggunakan silicon cover yang tersedia pada paket penjualan untuk menambah kenyamanan dalam genggaman.

Untuk tombol, terletak pada sisi kanan dan kiri perangkat. Tombol power/lock screen terdapat di sebelah kanan, sedangkan tombol volume up/volume down terletak di kiri. Tombol ini juga menggunakan bahan yang sama dengan body perangkat, yaitu material metal.Tombol kapasitif berada di layar bagian bawah, dimana terdapat tiga perintah navigasi, yaitu menu, home screen, dan back.

Sisi kiri

8

Sisi kanan

Speaker terletak dibagian bawah perangkat. Terdapat dua buah speaker, berbentuk celah pipih sebagai sirkulasi suara. Uniknya tak terlihat lubang microphone yang biasanya juga diletakan di bagian bawah perangkat. Meski dengan ukuran speaker yang kecil, namun suara yang dihasilkan cukup powerful.

5 Loudspeaker dan slot MicroUSB

Oppo R7s dilengkapi dengan lubang sport MicroUSB untuk konektivitas dan pengisian daya yang ada dibagian bawah perangkat, serta slot jack berukuran 3,5 mm untuk earphone dibagian atas. Port MicroUSB juga mendukung fitur OTG, namun untuk mengaktifkannya harus mengaktifkannya melalui menu pengaturan.

6

Port Jack

Spesifikasi

Berikutnya kami akan membahas spesifikasi komponen yang dimiliki oleh Oppo R7s. Perangkat ini dibekali dengan SoC Snapdragon 615 octa-core dengan masing masing inti prosesor 4x ARM Cortex-A53 1.50 GHz dan 4x ARM Cortex-A53 1.21 GHz, serta GPU Adreno 405 550Mhz. Oppo R7s memiliki RAM 4GB serta internal memori 32 GB. Anda bisa menambahkan microSD untuk ekspansi media penyimpanan, namun slot yang tersedia pada smartphone yang satu ini bersifat hybrid dengan SIM card. Artinya jika anda ingin memasang microSD, anda tidak bisa menggunakan slot SIM-Card 2.

5 6 7 8

Oppo R7s memiliki ukuran layar lengkung tepi dengan panel AMOLED berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920×1080 pixels. Layar ini juga memiliki teknologi yang disebut 2.5D, yang mampu menampilkan gambar tampak lebih nyata untuk kedalamannya. Untuk kamera, Oppo R7s dibekali dengan kamera 13 MP untuk bagian belakang serta kamera 8 MP untuk bagian depan. Sistem operasi yang digunakan yaitu Android Lollipop 5.1.1. Kebutuhan daya, perangkat ini memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu Li-ion 3070mAh. Cukup mumpuni untuk kebutuhan layar besar yang dimilikinya.

9Hybrid slot SIM Card/MicroSD

Perangkat ini memiliki dukungan untuk dua slot SIM-Card hybrid, yaitu slot micro untuk SIM-Card 4G LTE dan slot Nano untuk SIM-Card 3G/GSM. Seperti yang telah dibahas diatas, untuk slot SIM kedua (3G/GSM) sayangnya hanya bisa digunakan bergantian dengan memori eksternal MicroSD. Adapun jaringan frekuensi yang didukung oleh Oppo R7s yaitu GSM 850/900/1800/1900MHz, WCDMA 850/900/1900/2100MHz, dan LTE Bands 1/3/5/7/8/20/TD-40.

Paket Penjualan

Pada paket penjualan, kelengkapan yang tersedia di box Oppo R7s diantaranya handset, adapter charger (VOOC), kabel USB, SIM-Card ejector tool, headset, buku panduan pengguna serta kartu garansi. Selain itu terdapat pula silicon cover sebagai protector tambahan untuk smartphone pengguna.

12Adaptor Charger (VOOC)11Kabel USB13Buku Panduan dan Kartu Garansi10Soft case Silicon

14

Headset

15

Sistem Operasi /Software UI

Oppo R7s berjalan masih menggunakan sistem operasi berbasis Android 5.1.1 dan menggunakan UI khas mereka yaitu Color OS 2.1, tanpa App Drawer. Jika anda menggeser ke bagian pojok kiri maka akan menampilkan menu aplikasi pemutar musik. Icon-icon aplikasi juga terlihat colorfull dan elegan, dengan berbagai widget yang bisa dikustomisasi.

3 4

1

9 2

Color OS juga mendukung perintah-perintah gesture pada layar untuk shortcut ke menu tertentu. Seperti ketuk layar untuk mengunci/membuka kunci.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES