in: Gadget | December 30, 2015 | by: Irham

Review Smartphone Android: Oppo R7s

Benchmark

Secara performa, Oppo R7s  bisa dikatakan baik. Suhu perangkat selama penggunaan juga stabil, tanpa ada masalah overheating. Tapi tampaknya ada kendala saat membuka aplikasi yang membutuhkan aktivitas multi touch. Aplikasi berjalan kurang responsif sehingga bisa dibilang sensitivitas layar sedikit tersendat. Saya mencoba dengan menjalankan aplikasi Real Drum, dan respon suara dengan sentuhan sering kali menjadi tidak sinkron. Terasa ada delay suara setelah sentuhan. Bisa jadi ini karena pelindung layar tambahan pada layar yang menyebabkan sensitifitas layar menjadi kurang. Namun untuk bermain game berat seperti ‘Batman: Arkham Origins’, smartphone ini cukup mengakomodir kebutuhan tersebut. Grafis yang ditampilkan juga terlihat sempurna.

Untuk lebih lengkapnya, kami akan menampilkan hasil Benchmark dari smartphone Oppo R7s berikut ini.

GeekBench 3

geekbench 3

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

AnTuTu Benchmark

Antutu 5

Antutu Benchmark Score

Antutu BenchMark Detail

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

Mobile XPRT

http://www.jagatreview.com/wp-content/uploads/2014/11/MobileXPRT.jpg

Mobile XPRT

MobileXPRT merupakan sebuah aplikasi benchmarking yang menggunakan beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk editing foto dan video. Selain itu, aplikasi ini juga melakukan pengujian terhadap baik tidaknya antar muka Android terhadap spesifikasi yang dimiliki.

GFX Bench T-REX

Benchmarking GFXBench TREX

GFXBench T-Rex

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari GPU pada sebuah smarpthone Android. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan OpenGL ES yang banyak dipakai di game Android.

PCMark Android

PCMark Android

PC Mark Android

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

 

Manajemen Daya/ Performa Baterai

Oppo R7s dibekali dengan baterai berkapasitas 3070 mAh. Kapasitas ini tampaknya cukup optimal dengan ukuran perangkat yang besar dengan layar 5,5 inci tersebut.

Manajemen daya tentu menjadi keunggulan milik Oppo. Terutama karena Oppo memiliki fitur Rapid Charge “VOOC”. Kami melakukan pengujian untuk pengisian cepat pada perangkat dengan charger yang tersedia, yang telah mendukung fitur tersebut. Dari keadaan baterai 14 % hingga 100% dibutuhkan waktu selama kurang lebih 1 jam untuk mengisi daya baterai berkapasitas 3070mAh tersebut. Sementara dalam keadaan non aktif, pengisian bisa dilakukan lebih cepat yaitu dari baterai kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

Kami menguji kemampuan baterai pada perangkat dengan menjalankan video beresolusi tinggi secara loop, dan hasilnya baterai mampu bertahan hingga sekitar 8 jam.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES