in: Gadget | December 25, 2015 | by: Yossie Dwi P

Review Tablet Axioo Windroid 9G+

Axioo Windroid 9G+ (2)

Inovasi di ranah tablet berbasis Android bisa dibilang cenderung biasa-biasa saja. Tidak banyak produsen yang mencoba menghadirkan terobosan yang berbeda dan menarik. Meski popularitas tablet pun tidak setinggi beberapa tahun lalu, hal ini nampaknya tidak menghalangi niat perusahaan lokal, Axioo, untuk mencoba menawarkan produknya yang ‘unik’.

Lewat Axioo Windroid, mereka menyediakan tablet dengan tidak hanya satu sistem operasi, melainkan dua sekaligus. Ya, Android dan Windows. Alasannya? Axioo menganggap Windows masih lebih cocok untuk mendukung produktivitas pengguna, sementara Android lebih ditujukan untuk hiburan.

Axioo Windroid 9G+ (1)

Seri Windroid yang mampir ke meja pengujian JagatReview adalah yang terbaru, Windroid 9G+. Meluncur pada Oktober 2015 lalu, tablet dual-OS ini tetap mencoba menawarkan harga yang cukup kompetitif, namun masih mengedepankan spesifikasi yang tetap menarik di kelasnya.

Axioo Windroid 9G+ (6)

Sebelum berbicara lebih jauh terkait hardware, ada baiknya kita lihat dulu penampilan dari tablet ini. Dengan ukuran 8,9 inci, Windroid 9G+ nampak tidak terlalu besar. Cukup tipis ketika dilihat sebagai tablet-nya saja, dan ringan untuk dibawa kemanapun dengan berat 720 gram (dengan keyboard dock), atau 434 gram (tanpa keyboard).

Bagi Anda yang pernah menggunakan Windroid 9G seri ‘non-plus’, tentunya akan langsung menyadari bahwa tidak ada perbedaan dari segi desain. Di sisi kiri dan kanan pada back cover ada semacam pattern kotak-kotak yang membuatnya nampak beda. Perlu diketahui bahwa paket penjualan Windroid 9G+ sudah termasuk dengan docking keyboard yang mudah dibongkar-pasang dengan koneksi magnetic.

CPUZ Axioo Windroid 9G+

Kembali ke spesifikasi, Axioo membenamkan SoC Intel Atom Bay Trail Z3735 dengan prosesor Quad-Core berkecepatan 1.8Ghz dan GPU Intel HD Graphics. RAM yang tersedia kini sebesar 2GB yang artinya lebih tinggi dibanding Windroid 9G (tanpa plus). Sementara kapasitas memori internal 32GB lengkap dengan slot MicroSD. Layar 8,9 incinya menggunakan teknologi IPS dengan resolusi 1024×800.

Untuk urusan baterai, Axioo menyediakan kapasitas 4800mAh. Ada pula kamera belakang 2 megapixel dan kamera depan 0.3 megapixel. Tablet ini telah dilengkapi dukungan USB OTG, bluetooth, WiFi, dan juga koneksi 3G. Dock keyboardnya sendiri memiliki dua buah port USB di kiri dan kanannya untuk memudahkan mengakses data di flash disk atau menggunakan mouse.

Paket Penjualan

Axioo Windroid 9G+ (9)
Box dari Windroid 9G+
Charger dan kabel USB
Charger dan kabel USB
Keyboard dock
Keyboard dock

Sistem Operasi: Android 4.4 KitKat dan Windows 8.1

Screenshot_2015-12-10-15-56-03

Dalam review kali ini kami hanya akan membahas dari sisi Android-nya saja. Pembahasan soal Windroid 9G+ sebagai tablet Windows akan disajikan di artikel yang berbeda.

Screenshot_2015-12-10-15-55-04

Lebih lanjut soal OS Android yang dibenamkan, Axioo tidak memberikan user interface khusus. Tampilannya standar seperti 4.4 KitKat lainnya yang tidak banyak dijejali berbagai macam kosmetik tambahan. Semua fitur-fitur yang biasa ditemukan di KitKat tersedia di sini. Perlu diketahui bahwa meski Windroid 9G+ dibekali memori internal 32GB, yang tersedia dan free untuk digunakan hanya sekitar 12GB saja. Selain itu, untuk mode Android porsi storage internalnya lebih kecil, yakni hanya 4GB-an.

Screenshot_2015-12-10-15-55-40 Screenshot_2015-12-10-15-55-22 Screenshot_2015-12-10-15-56-32

Pilihan untuk mengganti sistem operasi mudah untuk dilakukan. Pengguna dapat memilihnya sewaktu menyalakan perangkat. Opsi tersebut akan tampil kurang dari 10 detik untuk memastikan OS mana yang ingin digunakan. Secara default, Windroid akan otomatis menuju ke Windows.

Keberadaan dua OS ini memang membuat Windroid 9G+ punya nilai ekstra. Seperti yang Axioo janjikan, Windows 8.1 yang bisa di-upgrade ke Windows 10 mendukung produktivitas. Sementara Android bisa difokuskan untuk hiburan dengan ketersediaan jutaan aplikasi/game yang bisa diunduh dari Google Play Store.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES