in: News | January 25, 2016 | by: Irham

4G LTE Smartfren Telah Tersedia di 85 Kota

2

Smartfren kembali mengumumkan perkembangan jaringan LTE Advance, kali ini bersama dengan dua mitra teknologi jaringannya yaitu Nokia dan ZTE. Sampai akhir tahun 2015, disebutkan bahwa layanan 4G LTE Advance penetrasi sampai di 85 kota yang tersebar di pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. (Cek coverage Smartfren)

“Smartfren menjadi operator telekomunikasi di peringkat 32 secara global, juga menjadi operator dengan coverage terluas se-Indonesia sebanyak 78%,”  ujar Merza Fachys selaku Direktur Smartfren. Bersama dengan ZTE dan Nokia sebagai mitranya, pembangunan infrastukur pun dibangun dengan cepat sehingga mampu mengcover jaringan secara luas dengan cepat.

Sejak layanan 4G LTE Advance diluncurkan oleh Smartfren di bulan Oktober lalu, pertumbuhan penggunanya sangat cepat. Hingga saat ini pertumbuhan pengguna 4G LTE Smartfren telah mencapai 83%. Jauh lebih cepat dibanding dengan saat migrasi dari 2G ke 3G. Bersama ZTE, Smartfren juga sudah mempersiapkan infrastuktur jaringan yang mendukung Carrier Agregation  di band 2300MHz.Namun saat ini masih dalam tahap uji coba.  

1

Salah satu inovasi teknologi yang diterapkan oleh Smartfren bersama dengan Nokia yaitu penggunaan Small Cells. Small Cells menjadi solusi dari dua masalah utama yang sering dialami oleh provider telekomunikasi, yaitu Indoor Coverage dan Rural Coverage. Dengan memanfaatkan Small Cells, koneksi akan tetap stabil sehingga pengalaman terbaik tetap dirasakan oleh pengguna. Berbeda dengan Repeater, Small Cells adalah sebagai access point yang terhubung secara langsung dengan pusat jaringan. Smartfren juga menjadi provider pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi Small Cells tersebut.

Rencana Smartfren untuk meluncurkan layanan VoLTE juga akan segera rampung. Saat ini persiapan VoLTE Smartrfren telah mencapai 90%. Rencana lain yang dilakukan smartfren yaitu menggandeng lebih banyak vendor smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE smartfren (FDD 850 MHz dan TDD 2300MHz), dengan paket bundling kartu perdana 4G LTE Smartfren. Saat ini vendor yang telah bekerja sama dengan smartfren antara lain Hisense, Samsung dan Lenovo.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES