Direct Release: AMD dan Mitra Industri Utama Menyambut AMD Opteron™ A1100 SoC ke Ranah Pusat Data ARM 64-bit

Reading time:
January 21, 2016

Peluncurannya Menandai Dimulainya Era Inovasi, Kinerja Sever yang Skalabel dan Terdapat Pilihan, Jaringan yang Tertanam, dan Berbagai Aplikasi untuk Penyimpan Data

Sunnyvale, California – 21 Januari 2016AMD (NASDAQ: AMD) menandai langkah besar untuk memberikan pilihan dan inovasi di pusat data dengan peluncuran AMD Opteron ™ A1100 System-on-Chip (SoC), sebelumnya dikenal dengan kode “Seattle “. Bersama dengan perangkat lunak dan perangkat keras mitranya, AMD tengah mempercepat waktu dalam penyebaran sistem berbasis ARM ®  dan mengendalikan laju dukungan ekosistem ARM untuk pusat data.

“Ekosistem untuk ARM di pusat data mendekati titik perubahan dan sebagai pelengkap prosesor berkinerja tinggi AMD merupakan langkah maju yang tegas bagi pelanggan yang mencari solusi pusat data kelas ARM,” ujar Scott Aylor, corporate vice president and general manager, Enterprise Solutions, AMD. “Tren konvergensi makro antara jaringan, penyimpanan dan server merupakan katalis penting dalam evolusi ini. Pelanggan sekarang memiliki akses ke prosesor ARM 64-bit dari satu-satunya penyedia silikon yang juga memiliki puluhan tahun pengalaman dalam memberikan layanan untuk perusahaan enterprise dan produk tertanam. ”

AMD Opteron A1100 SoC merepresentasikankunci tonggak bersejarah dalam penggunaan ARM di pusat data. “Prosesor AMD Opteron A1100 membawa pilihan baru dalam skalabilitas di seluruh infrastruktur jaringan dan pusat data,” kata Lakshmi Mandyam, director of server systems and ecosystems, ARM. “AMD mengusung keahlian yang diakui dalam pasar server dan perangkat tertanam, menjadikan mereka mitra yang ideal untuk menghadirkan prosesor ARM 64-bit dengan keseimbangan antara kinerja yang mengagumkan serta daya yang efisien dalam mengatasi rangkaian beban kerja yang semakin beragam.”

AMD Opteron  A1100 Series SoC adalah platform 64-bit pertama berbasis ARM Cortex-A57 dari AMD. Memanfaatkan prosesor ARM Cortex-A57 dengan jaringan dan konektivitas penyimpanan berkecepatan tinggi serta efisiensi energi yang luar biasa, AMD Opteron A1100 Series SoC memberikan total biaya kepemilikan yang seimbang untuk penyimpanan, web dan beban kerja jaringan.

Spesifikasi AMD Opteron A1100Series SoC :

  • Memiliki hingga 8 core ARM Cortex-A57 denganjumlah Cache Level 2 4MB dan Cache Level 3 8MB
  • Mendukung 2x 64-bit DDR3/DDR4 channelshingga 1866 MHz dengan ECC
  • Konektifitas jaringan Ethernet 2x 10Gb
  • 8-lanePCI-Express® Gen 3
  • 14 SATA-3 ports

AMD Opteron A1100 SoC memperkuat sistem kelas enterprise dari SoftIron dengan sistem Overdrive 3000-nya untuk para pengembang, sebagaimana jajaran dari solusi Software Defined Storage mendatang yang memanfaatkan fitur melimpah yang dimiliki prosesor ini.

“Rahasia menarik  dari AMD Opteron A1100 SoC adalah bukan hanya core, namun segala sesuatu di sekitar inti,” kata Norman Fraser, CEO of SoftIron. “Jika Anda memiliki aplikasi di mana Anda perlu untuk memindahkan data dalam jumlah besar dengan cepat, maka Anda akan menyukainya.”

AMD juga berkolaborasi dengan Silver Lining Solutions (SLS) untuk mengintegrasikan teknologi fabrikasi SLS (komputasi modular) dalam desain Server solid yang inovatif yang menampilkan Opteron A1100 Series, ditargetkan pada kebutuhan streaming, web, dan beban kerja storage untuk cloud dan pusat data hyperscale. SLS Fabric Interconnect menggabungkan latensi rendah, transfer data 60Gbps yang hemat energi, dan tersedia sebagai PCI Express® expansion card atau modul ASICstandalone untuk aplikasi server kustom.

“Kami sangat gembira bekerja dengan AMD untuk membawa komputasi berbasis fabricdengan daya yang efisien ini ke pasar,” kata Dr Ping-Kang Hsiung, Managing Director of Silver Lining Systems. “Menggabungkan kemampuan prosesor AMD Opteron A1100 yang efisien dengan teknologi fabrikasi kami yang unik akan membantu menurunkan biaya serta kebutuhan daya dari komputasi dan penyimpanan hyper scale.”

Selain inovasi silikon, AMD telah berperan dalam mendukung ekosistem software ARM 64-bit, sebuah komponen penting untuk setiap prosesor baru, dan telah bekerja sama dengan para pemimpin Enterpise Linux ® Red Hat dan SUSE pada sistem operasi dan dukungan pada aplikasi.

“Red Hat dan AMD berbagi visi dalam membangun sebuah platform terbuka, yang merupakan ekosistem standar perangkat lunak yang memiliki desain terpusat berbasis arsitektur ARM 64-bit. Sebagai salah satu peserta pertama dalam Red Hat’s ARM Partner Early Access Program, AMD telah berperan dalam pengujian dan adaptasi software dari platform Enterprise Linux terkemuka di dunia ke dalam arsitektur ARM 64-bit”, kata Ranga Rangachari, vice president and general manager, Storage, Red Hat. “kedatangan AMD Opteron A1100 SoC merupakan tonggak bersejarah untuk ekosistem yang memiliki infrastruktur terpusat(CI) untuk penyimpanan, jaringan, dan komputasi.”

AMD Opteron A1100 SoC telah berada dalam pengembangan yang maju bersama mitra teknologi dan pelanggan untuk beberapa kuartal dan saat ini telah tersedia untuk produksi massal.

Sumber-sumber Pendukung

Follow AMD on Twitter @AMD

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

April 16, 2024 - 0

Review Zyrex Maveric Ultra X: Laptop Indonesia Terkencang!

Merk lokal yang satu ini akhirnya mengeluarkan lini Laptop Gaming…
April 15, 2024 - 0

Review Lenovo IdeaPad Slim 5i Ultra: Laptop Core Ultra Terbaru dengan Harganya Terjangkau!

Kalian lagi cari laptop dengan prosesor Intel Core Ultra yang…
April 15, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406: Laptop Dua Layar Kencang untuk Kerja Lebih Produktif

Laptop ini bisa bikin kerja dengan dua layar lebih mudah…
April 4, 2024 - 0

Review Axioo Pongo 725: Laptop Gaming Murah yang Kencang

Ngomongin brand laptop lokal memang ga ada habisnya, selalu saja…

Gaming

April 16, 2024 - 0

Film Seri Sukses, Jumlah Pemain Fallout Kembali Meroket di Steam!

Menggembirakan tentu saja melihat tren beragam film adaptasi video game…
April 16, 2024 - 0

Mantan Bos Blizzard Ingin Ada Opsi “Kasih Uang Tips” ke Dev.

Memberikan uang tips sebagai ucapan terima kasih atas layanan yang…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Sebuah keputusan yang cukup absurd, ini adalah kalimat yang tidak…
April 11, 2024 - 0

Leaker Sebut Warna Tema Utama Persona 6 Adalah Hijau

Seperti padang pasir super kering dengan aura panas yang tidak…