in: News | January 31, 2016 | by: Irham

Fatal, Nikon Menangkan Foto ‘Editan’ di Ajang Kompetisi

nikonNikon, brand yang cukup populer di dunia fotografi, baru-baru ini mendapat coreng di muka yang sungguh memalukan. Pasalnya dalam ajang kompetisi yang baru-baru ini digelarnya telah melakukan kesalahan fatal dalam memberikan penghargaan. Pengharagaan jatuh kepada seorang fotografer bernama Yu Wei asal China, yang rupanya memberikan sebuah foto palsu atau hasil proses aplikasi edit foto.

Adapun foto tersebut memperlihatkan gambar dari bawah tangga yang berhasil merekam  gambar sebuah pesawat terbang yang melintas di udara. Foto tersebut diklaim diambil dengan menggunakan kamera nikon Nikon D90 dengan aperture f/2.8 dan shutter speed 1/1600s. Tentu butuh skill yang amat tinggi dan kesabaran ekstra untuk mengabadikan gambar sebuah pesawat  terbang melintas, seperti yang terlihat dalam gambar.

Sementara Yu Wei mengatakan bahwa foto tersebut juga tidak disengaja diambilnya bersama rekan dia. Tapi setelah dicermati secara seksama, jika gambar diperbesar maka terlihat bahwa object pesawat dalam foto bukanlah object tangkapan gambar asli. Melainkan ‘tempelan’ gambar yang di edit menggunakan aplikasi software. Seperti yang dilaporkan dari PetaPixel.com, bahkan dengan mengubah level pada gambar foto semua orang bisa melihat  dengan jelas bahwa gambar tersebut adalah palsu.

1

Kejadian tersebut pun menjadi ramai di media massa. Tak ayal banyak parodi yang bermunculan dan menjadikan kejadian tersebut sebagai lelucon. Beberapa orang mengganti pesawat dengan objek gambar lain seperti darth vader, wanita, meja, hingga dinosaurus.

2

3

Sementara pihak Nikon tidak memberi komentar apapun, justru Yu Wei telah lebih dahulu memberikan komentar tentang kejadian tersebut melalui petapixel.com. Yu Wei mengatakan bahwa sebenarnya foto tersebut hanya sebagai lelucon yang ia bagian lewat instagram dan tak berharap akan memenangkan kontes. Tapi ternyata Nikon memilihnya sebagai pemenang. Secara terbuka Yu Wei pun telah meminta maaf kepada Nikon dan juga kepada semua orang atas kejadian tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES