in: Power Supply | January 22, 2016 | by: Hendra Wijaya

Hands-On PSU Enermax Revolution XT II 750 W

Nama Enermax selama ini sudah dikenal baik di pasar PC rakitan sebagai salah satu produsen power supply yang berkualitas bagi kalangan gamer, enthusiast, dan overclocker, baik untuk segmen entry-level hingga high-end. Beberapa waktu yang lalu, kami juga mendapatkan kesempatan untuk melihat-lihat salah satu produk PSU Fanless dari Enermax, Enermax Digifanless 550 Watt, yang didesain khusus untuk kalangan enthuasist yang ingin membangun PC rakitan berkonsep Silent PC.

Tidak lama berselang, kami kembali menyambut kedatangan sebuah produk PSU terbaru dari Enermax yang sebentar lagi akan masuk ke pasar Indonesia, Enermax Revolution XT II 750 Watt. PSU ini tentunya akan menggantikan PSU Revolution XT versi pertama yang sudah cukup lama beredar di pasar Indonesia.

Enermax Revolution XT II 1

Masih sama dengan seri pendahulunya, PSU Enermax Revolution XT II ini mengantongi sertifikasi 80+ Gold. Hal yang membedakan PSU ini dengan versi sebelumnya adalah varian kapasitas daya, di mana varian daya di versi sebelumnya dimulai dari 430 W, 530 W, 630 W, dan 730 W, sementara di versi kedua ini menjadi 450 W, 550 W, 650 W, dan 750 W. Hal ini tentunya juga diikuti dengan perubahan desain dan komponen di dalam PSU.

Untuk desain kabel, PSU Enermax Revolution XT II ini masih menggunakan konsep kabel semi-modular yang juga sudah diadopsi oleh seri pendahulunya. Hanya saja, terdapat sedikit perubahan pada susunan kabel modular PSU ini yang akan kami bahas pada artikel ini. Berikut artikel hands-on untuk PSU Enermax Revolution XT II 750 Watt ini.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari Enermax Revolution XT II dari varian 450 Watt hingga 750 Watt yang tertera pada kemasan:

Enermax Revolution XT Spec 1Enermax Revolution XT Spec 2

Paket Penjualan

Enermax Revolution XT II 1
Kemasan Enermax Revolution XT II 750 Watt

PSU Enermax Revolution XT II 750 Watt ini tampil dengan desain kemasan baru yang berbeda cukup jauh dengan seri pendahulunya.

Enermax Revolution XT II 2
Isi dari paket penjualan Enermax Revolution XT II 750 watt
Enermax Revolution XT II 10
Kelengkapan dan Aksesoris Enermax Revolution XT II 750 watt

Paket penjulan Enermax Revolution XT II 750 Watt ini hadir dengan mengusung aksesoris dan perlengkapan yang tergolong lengkap. Dalam paket penjualan PSU ini terdapat unit PSU, kabel modular, kantong kabel modular, cable strap, kabel AC, baut pengunci PSU, stiker Enermax, cord-guard dan buku manual.

Enermax Revolution XT II 7
Enermax Revolution XT II 750 Watt

Enermax Revolution XT II 8

PSU Enermax Revolution XT II 750 watt ini dilengkapi dengan fan pendingin berukuran 140 mm yang menurut pihak Enermax mampu bekerja dengan sunyi dan memiliki lifetime yang mencapai 100.000 jam.

Enermax Revolution XT II 9
Bagian Belakang Enermax Revolution XT II 750 Watt
Enermax Revolution XT II 12
Bagian samping Enermax Revolution XT II 750 Watt

 

PSU Enermax ini dilengkapi dengan casing yang cukup kokoh. Seluruh fisik casing PSU ini hadir dengan tekstur kasar graphite.

Enermax Revolution XT II 13

Menurut spesifikasi yang terterapa pada kemasan, dan yang tertera pada casing PSU, Enermax Revolution XT II 750 Watt ini menggunakan konfigurasi desain single-rail 12V+ yang mampu menyuplai arus listrik sebesar 62 Ampere untuk daya sebesar 744 Watt.

Enermax Revolution XT II 14
Konektor kabel modular Enermax Revolution XT II 750 Watt
Enermax Revolution XT II 15
Kabel non-modular power ATX 20+4 pin dan CPU power 4+4 pin

 

PSU Enermax Revolution XT II 750 Watt ini menggunakan desain kabel semi-modular. Pada seri ini, Enermax melengkapi PSU ini dengan kabel non modular untuk konektor ATX 20+4 pin dan CPU Power 4+4 pin saja. Kedua kabel ini memiliki bentuk fisik yang tipis dan fleksibel, sehingga nyaman digunakan dan dirapikan di dalam casing PC.

Berbeda dengan seri pendahulunya yang dilengkapi dengan kabel non-modular untuk 2 konektor PCIe Power 6+2 pin, di Enermax Revolution XT II 750 Watt, kedua konektor non-modular PCIe 6+2 pin ini telah diubah sepenuhnya menjadi modular.

Berikut kabel-kabel modular dan konektor yang tersedia pada PSU Enermax Revolution XT II 750 Watt ini:

Enermax Revolution XT II 16Revolution XT II 750 Watt ini dilengkapi dengan 2 kabel modular PCIe power yang masing-masing memiliki 2 konektor 6+2 pin.
Enermax Revolution XT II 17
Terdapat juga 2 kabel modular power SATA yang masing-masing memiliki 4 konektor power SATA.

Enermax Revolution XT II 18Terakhir, terdapat sebuah kabel modular power 4-pin molex yang memiliki 4 konektor power 4-pin molex dan 1 konektor power 4-pin floppy.

Enermax Digifanless 11
Unit Kabel AC

 

Enermax Revolution XT II 6
Cord-Guard

Enermax Revolution XT II 11

PSU Enermax Revolution XT II 750 watt ini dilengkapi dengan aksesori Cord-Guad yang akan melindungi kabel AC PSU ini dari insiden terlepasnya kabel secara tidak sengaja.

Enermax Revolution XT II 4
Baut pengunci power-supply
Enermax Revolution XT II 3
Cable-strap
Enermax Revolution XT II 5
Stiker Enermax
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES