in: Networking | January 26, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router D-Link DIR-890L

Sejak beberapa bulan lalu, router WiFi AC yang menawarkan dua band 5 GHZ, ditambah satu band 2.4 GHz, atau yang umum disebut sebagai tri-band, mulai bermunculan. D-Link, salah satu nama yang pastinya sudah tidak asing lagi di dunia networking, turut meramaikan kelas router tersebut dengan menghadirkan produk mereka, DIR-890L. Di beberapa minggu terakhir ini, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk router tri-band tersebut. Penasaran dengan kemampuannya? Kami akan coba mengulasnya dalam artikel ini!

D-Link DIR-890L - 01

Paket Penjualan

D-Link DIR-890L - 09

Kemasan dari paket penjualan DIR-890L yang kami terima ini berukuran cukup besar. Ukuran besar ini tentu saja disebabkan karena ukuran perangkat DIR-890L ini sendiri yang memang cukup besar. Hal ini wajar, mengingat kebanyakan router tri-band yang ada saat ini memang memliki bodi besar, demikian pula router D-Link yang satu ini. Di kemasan tersebut, selain tentunya unit router DIR-890L, D-Link juga menyertakan perlengkapan sebagai berikut:

  • Adapter daya & kabel listrik
    D-Link DIR-890L - 02
  • Quick Installation Guide
    D-Link DIR-890L - 04
  • WiFi Configuration Card
  • Mounting kit untuk pemasangan router di tembok
    D-Link DIR-890L - 03

Paket penjualan dari router ini terkesan sangat sederhana, tetapi memang hanya itulah yang dibutuhkan pengguna untuk mulai menggunakan router yang satu ini.

D-Link DIR-890L

D-Link DIR-890L - 05

Router DIR-890L ini memiliki desain yang unik nan menarik, dengan bentuk dasar menyerupai kapal luar angkasa di beberapa film sci-fi. Beberapa orang juga menyebut bentuk dari router ini menyerupai sebuah drone. Kesan mirip dengan drone ini juga diperkuat dengan posisi antena yang ada di sekujur bodi dari router ini, yang seakan-akan terlihat sebagai baling-baling drone.

D-Link DIR-890L - 06

Sebanyak enam buah antena diusung oleh router D-Link yang satu ini. Keenam router tersebut digunakan untuk mendukung tri-band yang digunakan oleh DIR-890L ini. Penggunaan 2 band 5 GHz dan 1 band 2.4 GHz memungkinkan router ini memberikan total data rate hingga 3200 Mbps (2x 1300 Mbps di 2 band 5 GHz + 1x 600 Mbps di band 2.4 GHz). Keenam antena tersebut terpasang permanen ke bodi router.

D-Link DIR-890L - 07
Ukuran dari DIR-890L bila dibandingkan telapak tangan orang dewasa.

Kemampuan tinggi yang ditawarkan tentu membuat router ini harus menggunakan banyak komponen di dalamnya, sehingga berimbas pada dimensinya. Berdasarkan informasi dari D-Link, dimensi router ini adalah 15.23 x 9.73 x 4.7 inci, atau sekitar 38.6 x 24.7 x 11.9 cm, dalam kondisi antena tidak dibentangkan. Ukuran besar tersebut mungkin akan sedikit menghambat penempatan dari router ini, terutama bila pengguna ingin meletakkannya di tempat yang agak sempit.

D-Link mendesain router DIR-890L ini untuk ditempatkan di meja atau dipasang ke dinding. Untuk pemasangan ke dinding, terdapat 2 lubang baut yang dapat mempermudah pemasangan perangkat. D-Link juga menyertakan mounting kit untuk pemasangan router ini ke dinding dalam paket penjualan.

D-Link DIR-890L - 08

Untuk berbagai konektor dan tombol pendukung operasional perangkat, D-Link meletakkan seluruhnya di bagian belakang perangkat router yang satu ini. Konektor yang disediakan oleh D-Link adalah:

  • 1x Gigabit Ethernet untuk WAN
  • 4x Gigabit Ethernet untuk LAN
  • 1x USB 2.0
  • 1x USB 3.0
  • 1x DC In

Sementara untuk tombol, terdapat tombol untuk:

  • Power
  • WPS
  • Reset
D-Link DIR-890L - 10
Ukuran bodi bagian atas dari router yang besar membuat port dan tombol di bagian belakang sulit dijangkau.

Cukup disayangkan, D-Link meletakkan tombol-tombol tersebut, beserta 2 port USB, di bagian belakang router. Bodi router ini yang berukuran besar membuat pengguna akan kesulitan menjangkau tombol dan port yang ada di bagian belakang. Terlebih lagi, D-Link tidak memberikan penanda apapun untuk memberitahu pengguna letak tombol dan port yang ada di belakang router.

D-Link DIR-890L - 11

Sederet lampu indikator diposisikan di bagian atas perangkat, di tengah dua bidang miring di bagian depan. Terdapat lampu indikator untuk Power, Internet, WiFi 2.4 GHz, WiFi 5 GHz, USB 2.0, dan USB 3.0. Walaupun masing-masing indikator hanya berukuran kecil, desain dari D-Link tetap membuat semua lampu indikator tersebut tetap mudah dilihat.

D-Link DIR-890L - 12
Antena terpasang permanen ke bodi.

Router DIR-890L ini memiliki enam buah antena eksternal untuk mendukung kapabilitas tri-band. Dua antena diposisikan di bagian belakang, dua antena di bagian samping, dan dua antena di bagian depan. Keenam antena tersebut terpasang permanen ke bodi router.

D-Link DIR-890L - 15

Bahan plastik yang digunakan D-Link untuk bodi router DIR-890L ini membuatnya rentan terhadap bekas minyak dari tangan penggunanya. Untungnya, bahan tersebut mudah dibersihkan. Pengguna tidak akan kesulitan menghilangkan bekas jari tangan yang menempel.

Ketika digunakan dalam waktu lama, router ini cenderung menghasilkan panas dengan suhu yang cukup tinggi. Suhu tinggi tersebut bisa dirasakan ketika pengguna memegang bagian bawah perangkat. Namun, untuk bagian atas, desain DIR-890L yang menggunakan bodi atas yang besar, membuatnya jauh dari sumber panas, sehingga suhunya tidak terlalu tinggi ketika dipegang.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: