in: Awards - News | January 30, 2016 | by: Irham

Jagat Review Awards 2015: Best Smartphone Rp 6 – 8 Juta

Tak terasa tahun 2015 telah berakhir. Dalam satu tahun tersebut, ada banyak smartphone yang meluncur ke pasaran termasuk di kelas smartphone flagship. Setelah merangkumkan smartphone-smartphone terbaik dengan rentang harga 8 jutaan keatas, berikutnya kami merangkumkan smartphone flagship terbaik untuk kelas 6 juta- 8 juta rupiah.

Feat.-Image-Smartphone-6---8-Juta

Tidak semua orang mau menghabiskan dana di atas 8 juta rupiah untuk sebuah smartphone. Akan tetapi, banyak orang yang menginginkan smartphone kelas premium. Rentang harga 6-8 juta ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati fitur, kualitas, serta kenyamanan smartphone kelas atas, tanpa mengeluarkan dana terlampau banyak.

Sebagai kelas premium dengan rentang harga yang paling banyak dipilih konsumen, smartphone-smartphone ini tentunya wajib memenuhi beberapa kriteria sebagai smartphone kelas mewah. Mulai dari penggunaan SoC (System on Chip) kelas premium, kamera terbaik, hingga fitur-fitur unik unggulan yang hanya dimiliki oleh kelas premium.

Dan dari kriteria tersebut, kami memilih beberapa brand seperti yang kami urutkan dibawah ini. Dengan standar, harga yang digunakan adalah harga update terbaru di pasaran.

Samsung-Galaxy-S6

Samsung Galaxy S6 (7,6-7,9 juta)

Samsung Galaxy S6 memiliki segudang keunggulan untuk smartphone di kelas harga ini. Mulai dari layar Super AMOLED 5 inci (1440 x 2560p) dengan 16 juta warna yang memberikan detail serta warna terbaik.

Soal performa, tak perlu diragukan lagi Galaxy S6 merupakan smartphone dengan performa yang paling terbaik di kelasnya, hanya bersaing dengan Meizu Pro 5 yang sama-sama menggunakan SoC Exynos 7420 (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57, GPU Mali-T760MP8). Hanya saja Meizu Pro 5 tidak masuk secara resmi ke Indonesia.

Galaxy S6 memiliki RAM 3GB. Fitur kameranya, Samsung Galaxy S6 memilki sensor 16 MP f/1.9-28 dengan OIS dan lampu flash dibagian belakang dan serta sensor 5MP dibagian depan. Telah terbukti hasil gambar dan video dari Galaxy S6 terbilang sangat memuaskan untuk fitur kamera smartphone.

Fitur unggulannya antara lain seperti NFC, Infrared remote untuk kontrol jarak jauh ke berbagai perangkat eletronik, Sensor fingerprint lengkap dengan heartbeat sensor, serta Wireless Charging dan Ultrafast Charging. Pengisian cepat Samsung Galaxy S6 mampu mengisi baterai berkapasitas 2550mAh selama 10 menit untuk dapat dipakai selama 4 jam.

Sedikit kekurangan dari perangkat ini yaitu tidak memiliki slot MicroSD dan juga desain unibody sehingga baterai yang digunakan yaitu non-removable baterai. Saat ini harga Samsung Galaxy S6 dipasaran berkisar antara 7,6-7,9 juta rupiah untuk varian 32 GB. Kami mengganjar Samsung Galaxy S6 untuk menyandang GOLD dikategori Best Smartphone 2015 di harga 6 – 8 juta rupiah.

Keunggulan

  • Display Super AMOLED yang sudah di-tune dengan baik
  • Salah satu kamera terbaik pada smartphone
  • SoC Premium, terkencang di tahun 2015, Exynos 7420
  • Premium Features: NFC, Wireless & Fast Charging,Fingerprint Sensor, Infrared Remote, Support Gear VR.

LG-G4

LG G4 (6,5 juta)

Sebagai salah satu pemain kelas premium, jika dipertimbangkan antara harga dengan fitur yang dimilikinya, LG G4 termasuk salah satu yang terbaik.

LG G4 memiliki layar IPS 5,5 inci dengan resolusi 1440 x 2560 berlapis Corning Gorilla Glass 3. Namun LG G4 hanya SoC bukan kelas premium, yaitu Snapdragon 808 hexa-core (Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57GPU Adreno 418), yang menjadikan satu kekurangan. LG G4 dilengkapi RAM 3GB serta internal memori 32GB.

Pilihan Back-case dengan material Leather menjadi salah satu alasan mengapa orang ingin memiliki perangkat yang satu ini. Diantara pesaingnya, hanya LG G4 yang menawarkan desain khusus tersebut. LG G4 sepertinya cukup mementingkan nilai estetika lain disamping performa dan fitur yang tersedia.

Fitur kameranya, LG menyematkan sensor 16 MP dengan aperture paling besar diantara smartphone sekelas yaitu F/1,8-28mm. Dilengkapi pula dengan OIS (optical-image-stabilization) serta LED flash. Bagi anda yang suka mengambil gambar DOF, kamera LG G4 sangat optmal untuk anda gunakan. Untuk kamera depan LG G4 memiliki sensor berukuran  8 MP. Bukan hanya gambar, hasil video LG G4 juga memiliki kualitas yang tak kalah hebat dengan Galaxy S6. LG G4 juga memiliki slot MicroSD.

Keunggulan lain LG G4 yaitu baterai yang removable sehingga memudahkan pengguna untuk mengganti baterai berkapasitas 3000mAh. Anda bahkan dapat membeli baterai cadangannya. LG G4 juga mendukung fitur Quick-Charge, namun saja pada paket penjualan tidak disertai dengan adapter khusus fitur tersebut.

Keunggulan:

  • Kamera kualitas terbaik
  • Kamera selfie yang amat baik
  • Dual SIM & Slot MicroSD
  • Premium Features: NFC, Infrared Remote, support Quick Charge
  • Harga sesuai

Sony Xperia Z5 Compact – 7-7.5 Juta

Sony-Xperia-Z5-Compact

Sony meluncurkan dua seri Xperia Z di tahun 2015, yaitu seri Xperia Z3+ dan juga Xperia Z5. Sayangnya, Z3+ disinyalir mengalami masalah overheating. Pada produk berikutnya yaitu Sony Xperia Z5, Sony menambahkan sistem pendingin lewat dual-pipe cooler yang terpasang. Perbaikan yang dilakukan oleh Sony ini pun sukses tanpa mengurangi performa dari SoC yang sama yaitu Snapdragon 810. Dari jajaran seri Z5 yang diluncurkan di penghujung 2015 ini, Z5 Compact adalah yang paling terjangkau.

Salah satu alasan perangkat ini masuk sebagai salah satu smartphone flagship terbaikdi kelas 6 -8 juta adalah karena proteksi terhadap air dan debu dengan rating IP69. Selain itu, Z5 Compact merupakan perangkat yang menjawab kebutuhan orang-orang yang memilih handset premium dengan ukuran dibawah 5 inci. Seperti kita ketahui, tidak semua orang menyukai smartphone bertubuh besar. Akan tetapi, banyak orang menginginkan performa dan fitur premium.

Z5 Compact memiliki layar IPS 4,7 inci dengan resolusi 720×1280, SoC Snapdragon 810 (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57) dengan GPU Adreno 430 dan RAM 2GB. Perangkat ini ditenagai dengan baterai non-removable berkapasitas 2700mAh. Slot MicroSD pun tetap tersedia untuk penyimpanan tambahan.

Kamera Sony Xperia Z5 memiliki sensor 23 MP pada bagian belakang serta kamera 5 MP di bagian depan, sama dengan “kakaknya” Z5 dan Z5 Premium. Jadi, hasil fotonya pun tak akan berbeda jauh dari seri Z5 yang lebih tinggi, sama-sama memiliki kualitas tertinggi saat ini.

Fitur premium lainnya yang dimiliki oleh Sony Xperia Z5 Compact yaitu Fingeprint sensor, Quick Charge 2.0,  dan juga NFC. Smartphone dari Sony juga memiliki ciri khas yaitu bulid-quality paling baik dibandingkan smartphone premium lainnya.

Keunggulan

  • SoC Premium
  • Kamera kualitas terbaik
  • Waterproof IP68
  • Slot MicroSD
  • Build Quality terbaik
  • Premium Features: Fingerprint Sensor, Quick Charge

 

Baca juga: 

JR Award 2015 untuk 2016: Best Smartphone di Bawah 1,5 Juta

JR Awards 2015: Best Smartphone Rp 1,5 – 2 Juta

JR Award 2015: Best Smartphone  2 – 3 juta

JR Award 2015 untuk 2016: Smartphone di Atas Rp 8 Juta

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES