in: Awards | January 31, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

JR Award 2015 untuk 2016: Notebook Gaming di Bawah 15 Juta

Dengan anggaran tidak lebih dari 15 juta rupiah, siapa menyangka jika sebuah produk notebook/laptop gaming sudah dapat diboyong pulang. Produk di rentang harga tersebut, memang sangat cocok untuk kalangan pengguna dengan keinginan memiliki perangkat notebook/laptop gaming, tetapi tidak ingin menggelontorkan dana terlampau besar. Menariknya, meskipun memiliki harga tidak terlampau tinggi, produk notebook/laptop gaming tersebut sudah dilengkapi dengan spesifikasi bawaan tergolong mumpuni. Sebut saja penggunaan prosesor Core i7 mobile quad core untuk komputasi harian dengan performa tinggi. Sedangkan untuk unit pengolah grafis, GeForce GTX 950M dengan kapasitas memori antara 2 GB atau 4 GB menjadi andalan utama notebook/laptop gaming di rentang harga tersebut.

Feat.-Gaming-Notebook-di-Bawah-Rp-15-Juta

Di tahun 2015, sejumlah produsen ternama meramainkan pasar notebook/laptop gaming di bawah 15 juta rupiah dengan produk andalan mereka. Kami menemukan pilihan cukup beragam untuk komponen prosesor, memori/RAM, storage, dan juga layar. Tidak ketinggalan sejumlah fitur gaming juga ikut dibenamkan untuk memastikan gamer mendapatkan pengalaman gaming terbaik, meskipun mungkin tidak semewah produk dengan kelas di atasnya. Dari sejumlah produk notebook/laptop gaming di bawah 15 juta rupiah pada tahun 2015, inilah pilihan terbaik kami untuk kategori tersebut.

Gold: MSI GP62 6QE Leopard Pro

MSI-GP62-6QE-LEOPARD-PRO

MSI GP62 6QE Leopard Pro memiliki ukuran bodi sebesar 38,3 x 26 x 2,7~2,9 cm dan bobot sekitar 2,3 kg. Di dalam bodi tersebut MSI membenamkan prosesor Intel Skylake quad core dengan pilihan model Core i7 6700HQ atau Core i5 6300HQ sehingga sanggup menghadapi aplikasi modern dengan kebutuhan performa hardware tinggi. Daya tarik notebook/laptop gaming ini ternyata terletak pada penggunaan GeForce GTX 950M dengan tipe memori GDDR5 sebesar 2048 MB. NVIDIA sendiri memang memiliki dua varian GeForce GTX 950M yaitu dengan tipe memori DDR3 dan GDDR5 yang memberikan performa gaming lebih tinggi. MSI memadukan prosesor dan graphics card tersebut dengan memori/RAM DDR4 dengan kapasitas 4 GB. Tersedia dua slot memori/RAM yang dapat di upgrade hingga kapasitas 32 GB. Sedangkan untuk komponen storage, MSI GP62 6QE Leopard Pro dilengkapi HDD 2,5 inci dengan kapasitas 1000 GB. Tentu saja upgrade komponen storage HDD ke SSD memungkinkan dengan tersedianya konektor SATA III 6Gbps dan M.2 NVMe. Untuk menjamin temperatur kerja komponen tetap terjaga pada batas normal, MSI mengandalkan sistem pendingin kreasi mereka sendiri, Cooler Boost.

Layar LCD LED 15,6 inci dengan resolusi gambar 1920 x 1080 piksel siap memanjakan mata gamer saat menikmati game kesayangan mereka. Notebook/laptop gaming ini juga mendukung penggunaan dua perangkat display tambahan dengan tersedianya konektor HDMI dan mini Display Port. Tidak ketinggalan empat speaker konfigurasi 2.0-channel dengan Nahimic Sound Technology dan Audio Boost siap memanjakan telinga pengguna notebook/laptop ini. Produsen perangkat input gaming SteelSeries tidak ketinggalan menanamkan teknologi mereka pada perangkat keyboard MSI GP62 6QE Leopard Pro yang dilengkapi lampu backlight.

Dengan kemampuan menghadirkan notebook/laptop gaming dengan spesifikasi dan fitur seperti itu dengan harga sekitar 14 jutaan rupiah, lengkap dengan sistem operasi Windows 10, MSI GP62 6QE Leopard Pro memang layak mendapatkan Gold Award untuk kategori ini.

Gold: ASUS ROG GL552VX

ASUS-ROG-GL552VX

ASUS menghadirkan ROG GL552VX sebagai produk notebook/laptop gaming kelas ekonomis dengan kisaran harga jual 13 jutaan rupiah. ASUS ROG GL552VX memiliki ukuran bodi sebesar 38,5 x 25,5 x 3,24 cm dan bobot sekitar 2,5 kg. ASUS membenamkan prosesor mobile quad core Intel Core i7 6700HQ berbasiskan arsitektur CPU Skylake sehingga sanggup menghadapi aplikasi modern dengan kebutuhan performa komputasi tinggi. Unit komputasi grafis tetap didukung oleh GeForce GTX 950M tetapi telah dilengkapi tipe memori GDDR5 dimana hal ini memberikan performa gaming lebih bertenaga dibandingkan graphics card serupa dengan memori DDR3. Kapasitas memori graphics card adalah sebesar 4 GB, sangat lega untuk menghadapi game modern yang semakin “rakus” memakan tempat di dalam memori. ASUS ROG GL552VX datang dengan kapasitas memori/RAM DDR4 sebesar 4 GB dan dapat ditingkatkan hingga 32 GB jika memang diperlukan. Sedangkan untuk komponen penyimpanan data, tersedia HDD dengan kapasitas 1000 GB. Menariknya, ASUS menyediakan sebuah slot M.2 pada notebook/laptop ini sehingga pengguna dapat menambahkan komponen SSD untuk membuat performa dan responsivitas sistem lebih optimal (SSD pada OS, data pada HDD).

ASUS melengkapi perangkat komputasi mobile ini dengan layar LCD LED 15,6 inci resolusi Full HD/1920 x 1080 piksel. Tersedia konektor display HDMI jika pengguna membutuhkan display tambahan atau kurang puas dengan kualitas tampilan layar bawaan notebook/laptop. ASUS tidak ketinggalan menanamkan komponen keyboard lengkap dengan tombol numeric pad dan lampu backlight yang menambah keren penampilan dan membantu melihat pada kondisi gelap. Setiap tombol pada keyboard tersebut juga dirancang memiliki jarak penekanan hanya sebesar 1,8 mm sehingga mampu memberikan responsivitas terbaik saat bermain game. Notebook/laptop ini juga datang dengan standar konektivitas terbaru pada platform Intel Sylake yaitu USB 3.1 dengan konektor Type-C.

Cukup disayangkan ASUS ROG GL552VX tidak langsung dilengkapi sistem operasi di dalamnya saat dijual. Akan tetapi penambahan sistem operasi Windows ternyata belum membuat anggaran pembelian membengkak di atas 15 juta rupiah.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES