in: Awards | January 22, 2016 | by: Friska Suryawinata

JR Award 2015 untuk 2016: Smartphone di Atas Rp 8 Juta

Feat.-Image-Smartphone-di-Atas-Rp-8-Juta

Tahun 2015 merupakan tahun di mana terdapat begitu banyak smartphone yang meluncur ke publik, termasuk di antaranya beberapa smartphone premium di atas 8 juta rupiah.Kelas ini adalah kelas yang seharusnya menampilkan yang terbaik dari yang terbaik. Dalam rentang harga tertinggi ini, sebuah smartphone harus memiliki keunggulan mutlak di atas fitur-fitur premium mereka yang berlimpah. Smartphone di kelas ini sudah dibenami dengan beragam hardware unggulan di pasarnya, dan memiliki berbagai fitur unik yang hanya bisa ditemukan di smartphone premium tersebut. Lupakan lag, desain murahan, fitur sederhana, dan kompromi lainnya. Smartphone yang kami hadirkan dalam JR Award yang satu ini akan menjadi smartphone yang mampu menjawab berbagai kebutuhan mobile Anda, dan bahkan bisa melampaui ekspektasi. Besar kemungkinan, eksplorasi semua fiturnya saja akan memakan waktu berbulan-bulan bagi pengguna biasa.

Dari berbagai jenis smartphone super-premium yang hadir tahun kemarin, mana saja yang memang pantas diberikan gelar “jawara”? Berikut kami sajikan berbagai smartphone super-premium keluaran tahun 2015 yang dibanderol dengan harga lebih tinggi dari Rp 8 juta dan menurut kami pantas untuk mendapatkan penghargaan Jagat Review Annual Awards, terlepas dari apa sistem operasi yang diusungnya.

 

Gold: Samsung Galaxy Note 5

Samsung-Galaxy-Note-5

Galaxy Note 5 ini merupakan suksesor keempat dari seri phablet keluaran Samsung, dan merupakan seri Note yang tangguh. Galaxy Note 5 mengusung prosesor Exynos 7420 dengan RAM 4GB LDDR4, storage internal 32 GB (opsi 64-128GB sebenarnya ada, tapi belum terlihat di pasaran lokal), serta tidak lupa dilengkapi kamera 16 megapixel berkemampuan tangkap video 4K dan kamera depan 5 megapixel.  Fitur lain yang juga terdapat di dalamnya antara lain Fingerprint, sensor detak jantung, serta kemampuan wired dan Wireless Quick Charging. S-Pen yang didesain dan diperbaharui, serta dengan besar layar 5.7″ depan dan belakang dilapisi menggunakan Gorilla Glass 4. Selain itu, aksesoris tambahan untuk phablet ini pun sangat banyak. Selain karena Samsung adalah brand smartphone Android paling populer di dunia, Samsung pun menyediakan banyak aksesoris untuk gadget-nya. Salah satu yang paling menghebohkan adalah GearVR yang cukup terjangkau, aksesoris yang membuat Anda bisa menikmati dunia Virtual Reality hanya dengan smartphone Samsung. Segudang fitur, performa tingi dan aksesoris berlimpah membuat kami tidak ragu untuk memberikan Jagat Review Awards 2015 – Gold Award kepada Samsung Galaxy Note 5.

  • S-Pen dengan fitur-fitur barunya
  • Kamera yang sangat baik
  • Layar terbaik
  • Segudang fitur Samsung kelas premium
  • SoC terkencang di tahun 2015
  • Opsi aksesoris yang luas

 

Gold: Sony Xperia Z5 Premium

Sony-Xperia-Z5-Premium

Tahun lalu, salah satu vendor yang mengeluarkan beragam jenis ponsel sekaligus adalah Sony. Dikenal belakangan ini sebagai smartphone-nya yang memiliki sertifikasi rating anti debu dan anti air yang tinggi, Sony tidak tanggung-tanggung dengan memakai perlindungan bersertifikasi IP68 terhadap Sony Xperia Z5 Premium ini. Dilengkapi dengan prosesor terkencang Qualcomm di tahun 2015, Snapdragon 810, RAM 3GB, storage internal 32GB (masih menyediakan SD card slot), dan layar 5.5″ Ultra HD (4K), smartphone premium yang satu ini juga memiliki image sensor kamera terbaik di kelasnya (23 Megapixel). Terdapat juga pilihan Sony Xperia Z5 Premium Dual, di mana terdapat fitur dual SIM card yang keduanya sama-sama mendukung 4G LTE. Berkapasitas baterai besar dengan fitur Fingerprint, rasanya tak perlu dipungkiri lagi bahwa Sony Xperia Z5 Premium/Premium Dual harus masuk dalam daftar kami sebagai jawara untuk Jagat Review Awards 2015 – Gold Award.

  • Perlindungan anti air dan debu IP68
  • Layar 4K pertama untuk smartphone
  • Kamera terbaik di tahun 2015
  • Dual sim card
  • Masih menyediakan SD card slot

 

Silver: Apple iPhone 6s dan 6s Plus

Apple-iPhone-6s-&-iPhone-6s-Plus

Hadir dengan dua varian layar, Apple mencoba kembali keberuntungannya di pasar smartphone premium tahun lalu dengan iPhone 6s/iPhone 6s Plus. Dan nampaknya kali ini, Apple berhasil melakukan upgrade di dalam kedua smartphonenya tersebut yang tentunya lebih powerful. Hadir dengan layar paling kecil 4.7″ yang umumnya tidak terlalu lazim untuk sebuah smartphone premium, serta pilihan layar 5.5″, Apple iPhone 6s/6s Plus memiliki SoC yang jauh lebih bertenaga dengan resolusi kamera kini lebih tinggi. Menghadirkan fitur Fingerprint dan teknologi 3D Touch serta engine Taptic terbaru, membuat kedua perangkat baru Apple tersebut terlihat lebih apik, responsif dan interaktif. Mengesampingkan OS dan merk apapun, Apple iPhone 6s/6s Plus ini memang patut dilirik sebagai alternatif smartphone premium, sehingga kami pun menganugerahinya Jagat Review Awards 2015 – Silver Award.

  • Performa tinggi khas Apple
  • Opsi aksesoris berlimpah
  • iPhone pertama dengan sensor kamera selfie 5 megapixel
  • 3D touch
  • Beragam fitur baru

 

Silver: Samsung Galaxy S6 Edge+

Samsung-Galaxy-S6-Edge+

Samsung Galaxy S6 Edge+, sesuai dengan namanya, merupakan varian dari S6 Edge yang sama-sama memiliki desain layar unik. Yang membedakannya dengan S6 Edge biasa adalah ukuran layarnya yang memang lebih besar, 5.7″. Secara umum, spesifikasi dari Galaxy S6 Edge+ ini tidaklah jauh berbeda dengan Samsung Galaxy Note 5 yang telah kami bahas di atas. Keduanya sama-sama mengusung prosesor Exynos 7420 dengan RAM 4GB LDDR4 dan kamera utama beresolusi 16 MP serta kamera depan 5 MP. Hanya saja Galaxy S6 Edge+ ini tidak memiliki pen stylus dan (anehnya) saat ini berharga sedikit lebih mahal ketimbang Galaxy Note 5. Akan tetapi, jika Anda menyukai fitur-fitur andalan Samsung kelas premium, tidak merasa membutuhkan stylus, suka layar ekstra lebar dan ingin tampil beda (dengan desain layar melengkungnya), Galaxy 6 Edge+ adalah pilihan terbaiknya. Oleh karena itu, kami pun memberikan Jagat Review Awards 2015 – Silver Award kepada Samsung Galaxy S6 Edge+.

  • Kamera yang sangat baik
  • Layar terbaik dengan desain melengkung
  • Segudang fitur khas Samsung kelas premium
  • SoC terkencang di tahun 2015
  • Opsi aksesoris yang luas

 

Honorable Mention: Microsoft Lumia 950

Microsoft-Lumia-950

Vendor yang satu ini mungkin memang kalah peminatnya dibandingkan dengan smartphone OS lainnya, tetapi jika dilihat secara spesifikasi, tidak mengherankan Microsoft Lumia 950 ini merupakan produk premium. Mengusung prosesor Snapdragon 808, RAM 3GB serta layar 5.7″ QHD AMOLED, Microsoft Lumia 950 memang tidak kalah hebat performanya untuk kelas premium. Hal lain yang membuatnya patut dilirik adalah sudah menggunakan OS Windows 10 Mobile dengan dukungan Continuum, Windows Hello user recognition dengan Iris Scanner, dukungan 4G LTE serta dilengkapi kamera utama 20 MP dan kamera depan 5 MP membuat Microsoft Lumia 950 terlihat semakin worth it untuk dimiliki. Jika Anda merasa bahwa SoC yang digunakan cenderung bukan yang terbaik, perhitungkan lagi bahwa gadget ini menggunakan OS Windows Mobile yang sangat ringan. Bahkan dengan Snapdragon 400 dan RAM 1 GB saja, Windows Mobile sudah terasa nyaman. Saat ini, memang Windows Mobile menjadi keunggulan sekaligus “kelemahan” Lumia 950. Disebut kelemahan karena dukungan aplikasi 3rd party yang belum luas saja, bukan berarti tidak berkembang. Jadi, bosan dengan iOS dan Android? Ingin mencoba sensasi berbeda di kelas premium? Microsoft Lumia 950 ini adalah jawabannya.

  • SoC terkencang untuk OS Windows Mobile
  • Kamera yang sangat baik
  • Continuum membuatnya bisa menjadi desktop Anda
  • Windows Hello dengan iris scanner

Baca juga: 

JR Award 2015 untuk 2016: Best Smartphone di Bawah 1,5 Juta

JR Awards 2015: Best Smartphone Rp 1,5 – 2 Juta

JR Award 2015: Best Smartphone  2 – 3 juta

JR Awards 2015: Best Smartphone Rp 6 – 8 Juta

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES