in: Awards | January 22, 2016 | by: Yufianto Gunawan

JR Award 2015 untuk 2016: Router High-End

Feat.-Image-Wireless-Router-High-End

Tahun 2015 lalu, kita banyak melihat hadirnya router-router high-end, dengan kemampuan dan fitur yang luar biasa, dari berbagai produsen. Router-router high-end yang hadir di tahun 2015 umumnya dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat tinggi dengan dukungan untuk WiFi AC yang lebih baik, entah itu WiFi AC dual-band 5 GHz atau WiFi AC dengan MU-MIMO. Untuk kategori router high-end ini, kami akan memilih produk yang menawarkan lebih dari sekedar WiFi AC “biasa” dengan kemampuan dan fitur yang menarik, yang memang sesuai dengan kebutuhan yang ada, serta mengusung harga yang tidak di luar batas kewajaran.

Ketiga router yang mendapatkan penghargaan di kategori high-end ini menawarkan kemampuan yang sangat baik, bahkan masih bisa dikategorikan sebagai pilihan terbaik untuk yang mencari router dengan kemampuan tinggi di tahun 2016 ini. Lalu, router mana saja yang berhak mendapatkan penghargaan Jagat Review Award 2015?

Gold: Asus RT-AC3200

Asus-RT-AC3200

Salah satu senjata andalan dari Asus ini hadir dengan menawarkan tri-band, 2 band 5 GHz dan 1 band 2.4 GHz, dengan data rate maksimal 3200 Mbps. Seperti saudara-saudaranya yang dikenal memiliki fitur lengkap, router RT-AC3200 ini juga mengusung berbagai fitur yang memberikan keleluasaan bagi penggunanya, seperti fitur Download Master serta WAN melalui USB 3G/4G Dongle. Berbagai keunggulan tersebut membuat kami yakin router yang satu ini layak mendapatkan gelar Jagat Review Award 2015 – Gold.

Silver: Linksys EA8500

Linksys-EA8500

Router dari Linksys ini merupakan salah satu produk perdana yang mengusung dukungan untuk WiFi AC dengan MU-MIMO, dengan implementasi yang bisa dikatakan baik. Walaupun “hanya” mengusung data rate maksimal 2600 Mbps, kemampuan dari EA8500 tetap patut diperhitungkan karena adanya fukungan untuk MU-MIMO tersebut, beserta dengan fitur-fitur pendukung lain yang disertakan oleh Linksys, seperti Linksys Smart Wi-Fi dan tersedianya port eSATA untuk koneksi ke storage eksternal kencang. Kelebihan dari router ini membuatnya layak mendapatkan Jagat Review Award 2015 – Silver.

Honorable Mention: D-Link DIR-890L

D-Link-DIR-890L

Bicara mengenai router dengan performa tinggi, tentu produk dari D-Link yang satu ini tidak bisa ditinggalkan. DIR-890L menawarkan kemampuan tinggi, tri-band dengan data rate mencapai 3200 Mbps, dalam balutan desain unik. User interface baru yang digunakan oleh router ini, yang menawarkan kemudahan pengaturan, juga menjadi salah satu daya tarik dari router ini. Sayangnya, untuk fitur, router ini bisa dikatakan menawarkan fitur yang cukup “standar” untuk router di kelasnya. Terlepas dari hal itu, router ini tetap layak mendapatkan Honorable Mention di Jagat Review Award 2015 ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES