in: News | January 20, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Lubang di Kernel Linux Bahayakan Jutaan Perangkat Android!

Sebuah lubang keamanan berusia beberapa tahun yang ada di kernel Linux baru saja diidentifikasi dapat membahayakan banyak sekali perangkat dengan sistem operasi berbasis Linux. Lubang keamanan tersebut memungkinkan pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses ke perangkat-perangkat tersebut, termasuk berbagai perangkat Android. Bahkan, lubang keamanan ini bisa digunakan untuk mengambil alih kontrol perangkat.

hacking

Lubang keamanan ini ditemukan di Linux Kernel 3.8, yang digunakan oleh sistem operasi Android 4.4 ke atas. Hal ini membuat jutaan smartphone, tablet, dan berbagai jenis perangkat lain dengan sistem operasi Android 4.4 ke atas rentan terhadap serangan. Untungnya, para pengembang Linux telah menyatakan bahwa mereka siap menutup lubang di Linux Kernel 3.8 ini.

Selain untuk perangkat Android, bahaya dari lubang keamanan ini juga berpotensi menyerang berbagai perangkat lain yang menggunakan sistem operasi berbasis Linux, termasuk PC, server, dan berbagai embedded device. Untungnya, berbagai sistem keamanan yang ada saat ini bisa mengurangi resiko dimanfaatkannya lubang keamanan ini. Walaupun begitu, bila celah inii tidak ditutup, potensi bahaya tidak akan benar-benar hilang.

Untungnya, hingga saat ini belum ditemukan serangan yang memanfaatkan celah ini. Perception Point, pihak yang menemukan lubang keamanan ini belum mendeteksi serangan ke lubang keamanan ini walaupun lubang ini telah ada sejak 3 tahun lalu, saat rilis Linux Kernel 3.8. Dengan adanya patch untuk menutup lubang ini dalam waktu dekat, tampaknya peluang untuk memanfaatkan lubang keamanan ini tidaklah begitu besar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES